CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cuaca Panas Ekstrem di Indonesia akan Mencapai 45 Derajat Celcius?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db6d6e968cc957b9451b990/cuaca-panas-ekstrem-di-indonesia-akan-mencapai-45-derajat-celcius

Cuaca Panas Ekstrem di Indonesia akan Mencapai 45 Derajat Celcius?

Cuaca Panas Ekstrem di Indonesia akan Mencapai 45 Derajat Celcius?
Ilustrasi suhu panas esktrem
(Credit: Tribunnews)


Belakangan ini beredar sebuah narasi yang tersebar melalui pesan berantai yang menyebut perkiraan cuaca panas ekstrem di Indonesia akan mencapai 45 derajat Celcius. Tingginya suhu ekstrem tersebut dikabarkan akan dialami oleh beberapa wilayah, seperti Solo, Bali, Riau, dan Pekanbaru.

Dalam pesan berantai yang beredar, disebutkan beberapa daerah dengan prediksi temperatur panas yang ekstrem. Disebutkan bahwa suhu panas Jakarta terdeteksi 38 derajat Celcius, Solo 45 derajat Celcius, Madura 42 derajat Celcius, Makassar 43 derajat Celcius, hingga Purworejo 40 derajat Celcius.

Cuaca Panas Ekstrem di Indonesia akan Mencapai 45 Derajat Celcius?


Narasi tersebut diklaim berasal dari pantauan mitigasi klimatologi Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA. Berdasarkan pesan tersebut, masyarakat juga diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Melihat narasi yang belakangan ini sedang viral tersebut, lantas bagaimana kebenaran informasinya?


PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Tempo.co, Hansip Hoax mendapatkan keterangan bahwa Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa pesan berantai tentang prediksi cuaca panas ekstrem tersebut adalah keliru dan tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Djatmiko, mengatakan bahwa narasi tersebut kurang tepat dan tidak benar adanya bahwa cuaca panas ekstrem di Indonesia akan mencapai 45 derajat Celcius.

Dalam siaran pers BMKG pada 23 Oktober kemarin, berdasarkan pengamatan Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, suhu udara maksimum pada 22-23 Oktober 2019 adalah 32 derajat Celcius. Sementara suhu maksimum selama lima hari terakhir antara 31-36 derajat Celcius. Suhu 36 derajat Celcius terjadi pada 21-23 Oktober 2019. Namun, tren suhu semakin menunjukkan penurunan.

Dalam menghadapi masa pancaroba, BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi, seperti angin kencang atau puting beliung serta hujan berintensitas sedang-lebat yang bersifat lokal. Selain itu, masyarakat juga mesti mewaspadai kondisi cuaca yang berfluktuasi yang berpengaruh terhadap kesehatan.


KESIMPULAN
Berdasarkan klarifikasi dari BMKG tersebut, dapat disimpulkan bahwa prediksi cuaca panas ekstrem di Indonesia yang disebut akan mencapai 45 derajat Celcius adalah informasi yang keliru alias hoaks.

Sebarkan ya informasi klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoaks yang menyesatkan.

SUMBER
Tempo.co
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monkeydfarly dan 22 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 12
darimana datangnya hoax..

monggo diisi....

emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 5 lainnya memberi reputasi
33-34 aja udah panas emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jancoksss12 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kadal gurun dan onta gurun alias
kadrun dan ontrun laknat yang hatinya panas melihat keharmonisan Wiwi dan Wowo.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 7 lainnya memberi reputasi
suhu segitu cocok buat sobat gurun. yg ketipu hoak jg paling org2 goblok yg gak pernah baca buku.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 12 lainnya memberi reputasi
termometer ente dijemur dlu biar taw brp celcius
Aspal meleleh tuh kejadian yg biasa klo org hidup di jalanan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Cuaca pun ikutan jadi ekstrimisemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 6 lainnya memberi reputasi
buset papua capai 50°C
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Diubah oleh MrJeffBezos
Lihat 1 balasan
Siap Siap tabah gan nya
profile-picture
profile-picture
sukandarcr7glut dan rizaradri memberi reputasi
aseek, kehidupan berfadang-fasir kaum al qodrun makin berasa.emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chuendil dan 2 lainnya memberi reputasi
mantaapp gan emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
chuendil dan rizaradri memberi reputasi
kemaren gw difwd ama temen gw via WA, langsung gw tunjukin accuweather.com..
cape bener anak-anak sekarang males crosscheck dulu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Alam pun dihoaxin emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan chuendil memberi reputasi
Hoax lah jelas itu emoticon-DP
profile-picture
chuendil memberi reputasi
Sekarang di ane lagi hujan gede banget emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan chuendil memberi reputasi
ini lagi musimnya rejeki buat tukang es... nikmati yang ada. dan tetap hati hati. orang indonesia pasti bisa menemukan kesempatan di setiap kesulitan.
profile-picture
profile-picture
daimond25 dan jembloengjava memberi reputasi
Waduh, untung hoaks, yah, sdh siap2 taruh penggorengan diluar utk masak, lumayan irit. emoticon-Hammer2
profile-picture
chuendil memberi reputasi
hoax ataupun tidak ini peluang buat ngurusin badan, bakar kalori, perbanyak keringetan emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 2 lainnya memberi reputasi
yang penting otak harus dingin wakawaka
mudah²an DKI ga sampe 45 emoticon-Frown
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
Quote:


.. gerah banget pengen buka baju truss dan minum cendol dawet
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 12


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di