KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / Buat Latihan Posting /
Keuntungan Menggunakan Mesin Laser Cutting
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db6acf948c38d4ba3277cbd/keuntungan-menggunakan-mesin-laser-cutting

Tiga Jenis Utama dari Mesin Laser untuk Memotong

 Laser cutting sudah ada sejak tahun 60-an dan hingga saat ini penggunaannya terus tumbuh dalam proses industri. Teknologi laser ini sendiri melayani sejumlah besar fungsi termasuk memotong, mengebor, hingga mengukir tergantung pada kekuatan laser, bahan komponen utama yang digunakannya untuk menghasilkan sinar laser, dan bahan yang digunakannya. Proses non-kontak ini menggunakan sinar cahaya konstan untuk menciptakan panas dan tekanan yang kemudian membentuk kembali/mendistorsi berbagai bahan dengan presisi saat kepala mesin laser bergerak di atas permukaan material. Namun untuk menciptakan hasil akhir yang sempurna, setiap mesin laser menawarkan panjang gelombang yang berkelanjutan dan dapat melayani berbagai tujuan. Berikut ini adalah 3 jenis utama mesin laser yang masing-masing menggunakan bahan dasar yang berbeda untuk merangsang mesin laser, baik secara elektrik dengan campuran gas atau melewati dioda fisik.

 

Mesin Laser CO2

Mesin laser CO2 mengalirkan listrik melalui tabung berisi campuran gas, sehingga menghasilkan sinar. Tabung ini sendiri berisi cermin di setiap ujungnya. Salah satu cermin sepenuhnya reflektif dan yang lainnya hanya sebagian. Dengan demikian, itu membiarkan sebagian cahaya masuk. Sedangkan, campuran gas yang berada di dalam tabung tersebut biasanya adalah karbon dioksida, nitrogen, hydrogen, dan helium. Dengan ini, mesin laser CO2 akan menghasilkan cahaya tak terlihat, dalam jangkauan inframerah jauh dari spektrum cahaya. Adapun daya tertinggi yang dihasilkan oleh mesin laser CO2, yaitu berkisar hingga beberapa Kilowatt untuk mesin industri. Sedangkan, mesin laser CO2 permesinan umumnya berkekuatan 25 hingga 100 Watt dengan panjang gelombang 10.6 mikrometer. Jenis laser ini paling umum digunakan untuk bekerja dengan kayu atau kertas (dan turunannya), polymethylmethacrylate, dan plastik akrilik lainnya. Ini juga dapat bekerja pada kulit, kain, wallpaper, dan produk sejenis. Ini juga telah diterapkan pada pengolahan makanan, seperti keju, chestnut, dan berbagai tanaman. Meskipun demikian, mesin laser CO2 umumnya terbaik untuk digunakan pada bahan non-logam, walaupun ada logam tertentu yang bisa diproses dengan menggunakan mesin laser CO2 ini. Contoh, memotong lembaran aluminium tipis dan logam non-ferrouslainnya.

 

Mesin Laser Fiber

Mesin laser ini adalah bagian dari kelompok laser solid-statedan menggunakan seed laser. Mereka memperkuat balok menggunakan serat kaca yang dirancang khusus untuk memperoleh energi dari dioda pompa. Panjang gelombang umum mereka adalah 1,064 mikrometer, menghasilkan diameter fokus yang sangat kecil. Mereka juga biasanya yang paling mahal dari berbagai perangkat mesin laser lainnya. Laser fiber umumnya bebas perawatan dan memiliki masa pakai panjang minimal 25.000 jam laser. Dengan demikian, laser fiber memiliki siklus hidup yang jauh lebih lama daripada dua jenis lainnya dan mereka dapat menghasilkan balok yang kuat dan stabil. Mereka dapat mengelola intensitas 100 kali lebih tinggi dari laser CO2 dengan jumlah daya rata-rata yang sama. Laser fiber ini secara optimal cocok untuk penandaan logam dengan cara anil, pengukiran logam, dan penandaan termoplastik. Ia bekerja dengan logam, paduan, dan non-logam, bahkan termasuk kaca, kayu, dan plastik. Laser fiber, tergantung pada daya, bisa sangat fleksibel dan berurusan dengan banyak bahan yang berbeda. Saat bekerja dengan bahan tipis, laser fiber adalah solusi ideal.

 

Mesin Laser Nd:YAG/Nd:YVO

Proses laser cutting kristal dapat dilakukan dalam nd:YAG (neodymium-doped yttrium aluminium garnet), tetapi lebih umum mereka cenderung menggunakan kristal nd:YVO (yodrium yang diolah dengan neodymium-doped orto-vanadate, YVO4). Perangkat ini memungkinkan daya pemotongan yang sangat tinggi. Adapun mesin laser ini menawarkan panjang gelombang 1,064 mikrometer dan berguna untuk sejumlah besar aplikasi. Mulai dari medis dan kedokteran gigi hingga militer dan manufaktur. Ketika membandingkan antara mesin laser Nd:YAG dengan Nd:YVO, mesin laser Nd: YVO menunjukkan penyerapan dan penguatan pompa yang lebih tinggi, bandwidth yang lebih luas, rentang panjang gelombang yang lebih luas untuk pemompaan, masa pakai keadaan atas yang lebih pendek, indeks bias yang lebih tinggi, dan konduktivitas termal yang lebih rendah. Sementara itu, ketika datang ke operasi kontinu, Nd: YVO memiliki tingkat kinerja yang sama secara keseluruhan dengan Nd: YAG dalam kasus daya sedang atau tinggi. Namun, Nd: YVO tidak memungkinkan untuk energi pulsa setinggi Nd: YAG dan masa pakai laser berlangsung untuk periode yang lebih singkat. Meskipun demikian, kedua mesin laser ini dapat digunakan pada logam (dilapisi dan tidak berlapis) dan non-logam, termasuk plastik. Dalam keadaan tertentu, mesin Laser Nd:YAG/Nd:YVO bahkan dapat memproses beberapa keramik. Kristal Nd: YVO4 telah digabungkan dengan kristal koefisien NLO (LBO, BBO, atau KTP) yang tinggi untuk mengubah frekuensi output dari inframerah dekat menjadi hijau, biru, atau bahkan UV yang memberikan satu ton fungsi yang bervariasi. Karena ukuran yang sama, ion yttrium, gadolinium atau lutetium dapat diganti dengan ion tanah yang aktif dengan laser tanpa mempengaruhi struktur kisi yang diperlukan untuk menghasilkan balok. Ini menjaga konduktivitas termal yang tinggi dari bahan yang diolah.


Sumber : sewa mesin laser grafir dan cutting
Diubah oleh fernandashannel


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di