bra.braAvatar border
TS
bra.bra
Akankah Sepatu Compass Mendunia?
Akhir-akhir ini, fenomena naiknya pamor brand sneakers lokal semakin terlihat jelas. Bukan tanpa alasan, karena produk sneakers ini memiliki mutu dan kualitas yang layak disandingkan dengan brand sneakers kondang mancanegara. Well, kita sebut saja brand Sepatu Compass



Bagi kalangan pecinta sneaker pasti sudah tidak asing dengan nama Sepatu Compass. Brand ini sendiri berasal dari Bandung dan sudah ada sejak tahun 1998. Wow, legend, kan?

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan social media yang massive, gaung dari Sepatu Compass semakin terdengar keras. Brand sepatu yang berawal dari bisnis keluarga kecil ini menjelma menjadi brand kelas wahid di negeri ini dan tidak pernah gagal membuat inovasi yang mengundang decak kagum. Dengan mengusung desain yang fresh, plus tidak meninggalkan aksen vintage dari sejarah sepatu. Alhasil, sepatu ini tak pernah sepi peminat.

Well, here you go guys.. their signature product is called by Gazelle.



Gimana menurut agan? Keren gak sih? Nah, kalo pendepat ane serahkan ke kalian-kalian karena ini masalah taste, jadi gak bisa pukul rata. Yang menarik dari Gazelle itu sendiri, selain desain, yaitu harga yang dibandrol terbilang sangat terjangkau. Jika agan cek langsung di situs resmi sepatucompass.com, ente semua bisa mendaptakan sepatu lokal keren ini hanya dengan harga Rp.278.000,- untuk versi low, dan Rp. 318.000 buat versi High.

Tak berhenti di Gazelle saja, Sepatu Compass juga membuat produk kolaborasi yang tidak diproduksi masal atau berkelanjutan alias limited. Nah, seperti product Compass Bravo ini, produk ini adalah hasil kolaborasi dengan salah satu influencer Indonesia bernama Brian Notodihardjo... Btw ane kurang ngeh si doi tu siapa, tapi ane cuma tau kalo doi lah yang desain Compass Bravo- hehe. Nah, kolaborasi pertama Sepatu Compass ini bisa dikatakan berhasil. Lewat postingan instagram resmi sepatu compass, Compass Bravo sudah habis ludes terjual hanya dalam waktu 90 menit. Wow, keren, kan? Kita bisa lihat betapa besar animo masyarakat terhadap brand sepatu ini.

Seperti yang ane bilang, mereka tak pernah berhenti membuat kagum penggemarnya. Sebagai brand yang nasionalis, baru-baru ini mereka baru saja merilis artikel sepatu untuk memperingati hari Sumpah Pemuda. Produk ini berkolaborasi dengan salah satu band bernama penerbang roket. Ya, tidak diproduksi secara masal, produk ini akan dilelang dan hasilnya akan disumbangkan oleh para veteran perang republik Indonesia. What a move!



Yang paling fresh ada di gambar awal di trit ini ya gan... Sepatu tersebut merupakan produk limited editian bernama 98 Vintage. Secara pribadi, model ini yang paling kece.

Nah, disamping inovasi yang keren dari Sepatu Compass sendiri, ada pertanyaan yang sering muncul di benak para peminat sepatu ini, seperti; Kapan rilis lagi?. Lantas, kenapa bisa muncul pertanyaan ini? Bagi yang udah ngikutin sepak terjang brand ini pastinya sudah tak heran kalo produk brand ini selalu cepat ludes.



Dalam konteks perludesan, ane ngebahas yang product signaturenya ya gan, Gazelle sendiri selalu ludes tiap rilis. Nah, mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa bisa cepet ludes. Menurut video dari salah satu influencer dan sneakers enthusist bernama dr. tira, Sepatu Compass masih mempertahankan produksi manual alias menggunakan tangan-tangan manusia. Otomatis, karena keterbatasan ini mereka hanya melakukan produk secara berkala atau bisa dibilang tidak produksi sekali dalam jumlah massal. Hal inilah yang membuat banyak para peminat yang tidak kebagian sepatu ini. Dalam video tersebut juga dijelaskan bahwa mereka sangat menghargai pengerajin sepatu ini, banyak pengerajin sepatu legend yang mendapatkan penghidupan dari sepatu ini, maka dari situlah muncul idealis Sepatu Compass yang menghargai pengerajinnya. Kalo bisa dibilang Sepatu Compass sebenernya mampu kok buat langsung merubah cara produksinya dengan banyak bantuan mesin dan bisa mencetak banyak sepatu dalam waktu yang singkat. Tapi mereka tidak melakukannya karena alasan diatas tadi.

Namun, banyak juga yang mencibir kalo hal tersebut merupakan akal-akal Sepatu Compass supaya produknya terkesan eksklusif dan limited. Ada juga yang mengatakan dalam segi bisnis hal itu tidak baik dan kuno, karena hal dinilai tersebut bisa menghambat kemajuan usaha itu sendiri. Ditambah ada orang-orang diluar sana yang memanfaatkan hal ini untuk meraup keuntungan... Sebenernya sah-sah saja namun hal tersebut dapat membuat citra sepatu jadi buruk. Masak dari harga Rp. 278.000 jadi Rp. 550.000... Tapi, opini boleh berbeda-beda, tapi jangan salah... Mari kita lihat produk sapatu Vans, mereka juga berangkat dari hal kecil namun lihat sekarang mereka dapat menjadi besar dan dapat bersaing dengan brand-brand lain. Apakah Sepatu Compass akan mengikuti jejak produk Paul Van Doren? Mari kita nantikan kelanjutannya.

Sebagai kesimpulan, ane menilai brand ini bukan hanya sekedar mencari keuntungan materi, namun mereka juga melakukan bisnis yang menganut nilai kekeluargaan.

Kalo pendapat agan dan sista gimana nih?

btw, ane belom kebagian sepatu ini
emoticon-Turut Berduka


Diubah oleh bra.bra 27-10-2019 02:54
ceuhettyAvatar border
sebelahblogAvatar border
4iinchAvatar border
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.3K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan