Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tipsbagus31Avatar border
TS
tipsbagus31
Perusahaan Satu Ini Sangat Cerdas Demi Meraih Cuan Banyak
Perusahaan Satu Ini Sangat Cerdas Demi Meraih Cuan Banyak

PT Wings Surya

Wings Corp menurut ane adalah tipe perusahaan cost based (intinya value perusahaan tersebut dapat dilihat dari harga yang diberikan, atau gampangnya produk yang ditawarkan harganya terjangkau)

Mari kita simak beberapa produk Wings Corp yang mirip dengan perusahaan lain, akan tetapi harga yang ditawarkan lebih terjangkau.

1. Mie Sedaap (Wings) dan Indomie (Indofood)

Perusahaan Satu Ini Sangat Cerdas Demi Meraih Cuan Banyak

2. Giv (Wings corp) dan Lux (unilever)

Perusahaan Satu Ini Sangat Cerdas Demi Meraih Cuan Banyak

3. Nuvo (Wings Corp) dan Lifebuoy (Unilever)

Perusahaan Satu Ini Sangat Cerdas Demi Meraih Cuan Banyak

4. Ciptadent (Wings Corp) dan Pepsodent (Unilever)

Perusahaan Satu Ini Sangat Cerdas Demi Meraih Cuan Banyak

5. Mama lemon (Wings Corp) dan Sunlight (unilever)

Perusahaan Satu Ini Sangat Cerdas Demi Meraih Cuan Banyak

6. Floridina (Wings Corp) dan Pulpy Orange (minute maid)

Perusahaan Satu Ini Sangat Cerdas Demi Meraih Cuan Banyak

7. Isoplus (Wings Corp) dan Pocari Sweat (Otsuka)

Perusahaan Satu Ini Sangat Cerdas Demi Meraih Cuan Banyak

8. Teh Javana (Wings Corp) dan teh pucuk harum (mayora)

Perusahaan Satu Ini Sangat Cerdas Demi Meraih Cuan Banyak

Dan masih banyak lagi, berikut menurut ane ada produk-produk yang cukup dikenal oleh masyarakat.

Tentu dengan “meniru” produk lain maka perusahaan tersebut tidak akan bisa dikatakan menjadi perusahaan nomor 1. Akan tetapi mengapa Wings Corp menerapkan strategi ini?

Kembali lagi, karena Wings Corp adalah perusahaan cost based. Kualitas yang ditawarkan oleh Wings Corp serupa dengan “tiruannya” lalu mengapa harga yang ditawarkan bisa lebih terjangkau dari pesaingnya?

Pertama, karena Wings Corp tidak mengeluarkan biaya riset pasar. Perusahaan lainnya yang melakukan riset pasar sudah mengetahui selera dan keinginan dari pasar Indonesia. Nah, Wings Corp tinggal membuat produk yang serupa. Produk yang ”ditiru” Wings Corp lebih terjangkau dan sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.

Kedua, Wings Corp tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan perkenalan produk mereka ke pasar. Perusahaan lain bersusah payah agar produk mereka dapat dikenal dan dicintai oleh masyarakat Indonesia. Setelah produk berhasil di pasaran, Wings Corp tinggal masuk dengan produk yang serupa dan masyarakat sudah familiar dengan produk (Bahkan desain dan warna kemasan mirip dengan pesaingnya)

Terakhir, Wings Corp dapat menekan biaya produksi karena produk-produk tertentu dikerjakan di pabrik yang sama. Iso plus, floridina, dan teh javana memiliki tutup botol yang serupa (bahkan dulu kemasannya sama). Kecap Sedaap muncul karena Mie Sedaap pun membutuhkan produksi kecap sendiri.

Kesimpulannya adalah Wings Corp dapat menekan biaya riset pasar, biaya perkenalan produk, serta biaya produksi. Tanpa mengurangi kualitas, Perusahaan Wings dapat menawarkan produk yang lebih terjangkau. Menjadi yang utama, bukanlah valueperusahaan tersebut.

Sudah bukan rahasia umum lagi. Dimana yang namanya persaingan bisnis memang sangatlah kejam. Antara satu perusahaan dengan perusahaan lain memang berkompetisi untuk menarik pasar secara lebih luas. Apapun dilakukan. Tak lain dan tak bukan karena, demi mendapatkan keuntungan yang banyak maka dibutuhkan pengeluaran sesedikit mungkin. Seperti halnya yang diterapkan pada perusahaan Wings Corp.

Sumber : brand nomor dua di pasar
Diubah oleh tipsbagus31 20-10-2019 21:08
0
505
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan