CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Vape Vs Rokok Tembakau, Lebih Bahaya Yang Mana Ya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5daa60d4c0cad74feb1acaff/vape-vs-rokok-tembakau-lebih-bahaya-yang-mana-ya

Vape Vs Rokok Tembakau, Lebih Bahaya Yang Mana Ya?


Vape Vs Rokok Tembakau, Lebih Bahaya Yang Mana Ya?
lebih bahaya mana ya, roko elektrik atau rokok tembakau?. (Foto:hellosehat.com)


Kitakini.news – Rokok elektrik atau yang biasa dikenal Vape sudah menjadi sebuah tren di kalangan perokok. Saat ini, sudah banyak orang yang beralih dari rokok tembakau kemudian menggantinya dengan Vape. Lalu, apakah Vape lebih berbahaya dari rokok tembakau? atau malah sebaliknya. Berikut ini akan kita bahas apa saja bahaya rokok elektrik dan rokok tembakau.

Bahaya Rokok Tembakau
Vape Vs Rokok Tembakau, Lebih Bahaya Yang Mana Ya?

Rokok tembakau mengandung senyawa berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. (Foto:kompas.com)

Rokok tembakau merupakan gulungan tembakau yang dibungkus atau digulung dengan menggunakan kertas yang pada ujungnya kemudian dibakar dan dihisap.

Terdapat kurang lebih 5000 senyawa racun yang berbahaya dalam rokok tembakau bagi tubuh. Senyawa berbahaya ini memiliki potensi untuk merusak sel-sel tubuh.


Selain itu, asap dari hasil bakaran rokok tembakau ini bersifat karsinogenik atau dapat memicu kanker. Oleh karena itu, perokok pasif atau orang yang tidak merokok namun sering menghirup asap rokok, memiliki resiko terserang kanker lebih tinggi.


Beberapa senyawa berbahaya yang terdapat pada rokok tembakau ternyata sangat merugikan bagi perokok itu sendiri.


Baca Juga : Kamu Pecinta Kopi? Ini Efek Positif dan Negatif Kopi Bagi Kesehatan


1. Nikotin Merusak Sistem Saraf Pusat


satu batang rokok biasanya memiliki kandungan nikotin sebanyak 8-20 mg. Tubuh kita akan menyerap 1 mg kandungan nikotin yang ada dalam rokok tembakau. Nikotin berfungsi untuk merangsang sistem saraf otak sehingga dapat menyebabkan berbagai reaksi biokimia, seperti efek menenangkan dan menyenangkan.

Nikotin yang dihisap akan masuk kedalam aliran darah sehingga dapat memicu kerja jantung dan tekanan darah lebih cepat. Kelebihan nikotin pada tubuh dapat menyebabkan muntah, tegang dan yang lebih parah adalah dapat merusak sistem saraf pusat.

2. Hidrogen Sianida Dapat Melemahkan Paru-Paru

Hidrogen Sianida merupakan senyawa racun berbahaya yang terkandung pada rokok tembakau. Biasanya Hydrogen Sianida ini digunakan pada pabrik tekstil dan digunakan dalam pembuatan plastik, kertas serta bahan pembasmi hama.

Dampak berbahaya dari senyawa ini bagi kesehatan tubuh dapat menyebabkan sakit kepala, mual dan melemahkan paru-paru.

3. Karbon Monoksida Dapat Menurunkan Fungsi Jantung

Karbon monoksida merupakan senyawa yang tidak memiliki bau. Ketika menghisap rokok tembakau, senyawa karbon monoksida akan masuk kedalam tubuh. Apabila senyawa ini masuk terlalu banyak dalam tubuh, sel darah merah akan mengikat senyawa karbon monoksida ini dibanding oksigen. Akibat yang dapat timbul dari senyawa ini yaitu lemas, pusing dan menurunnya fungsi otot dan jantung.

Baca Juga : Fakta dan Mitos Kebiasaan Mandi Pada Malam Hari

4. Benzena Memicu Leukimia

Benzeba merupakan residu dari pembakaran rokok tembakau. Terlalu sering terkena paparan dari Benzena dapat menurunkun jumlah sel darah merah dan dapat merusak sumsum tulang. Selain itu, Benzene juga dapat membuat atau memicu resiko anemia.

Senyawa Benzena ini juga dapat merusak sel darah putih yang dapat menyebabkan atau memicu resiko leukemia.

Bahaya Vape (Rokok Elektrik)
Vape Vs Rokok Tembakau, Lebih Bahaya Yang Mana Ya?
Rokok elektrik atau Vape. (Foto:Hipwee.com)

Vape merupakan penghantar nikotin elektronik. Ketika dihisap, Vape akan menghasilkan uap air. Rokok elektrik ini diisi dengan menggunaka liquid. Saat ini, liquid atau cairan pengisi Vape sangat beragam aroma dan rasa seperti liquid cokelat, anggur, apel, jeruk dan masih banyak macam lainnya.


Terdapat banyak kandungan senyawa berbahaya yang ada pada liquid Vape. Senyawa yang ada dalam liquid pada rokok elektrik (Vape) tidak jauh berbeda dengan senyawa yang terkandung pada rokok tembakau. Namun, ada satu senyawa yang terdapat pada liquid Vape dan tidak terdapat pada rokok tembakau.


Baca Juga : Hal Sepele yang Sering Dilakukan Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan!


1. Propelin Glikol


Propelin Glikol merupakan senyawa yang bekerja untuk menghasilkan uap air. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa menghirup senyawa Propelin Glikol dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, sebagaimana dilansir dari hellodoc.

Berikut ini beberapa efek samping yang disebabkan dari penggunaan Vape (Rokok Elektrik).

Meningkatkan resiko kanker
Mengganggu pertumbuhan janin
Membahayakan paru-paru
Mengakibatkan serangan jantung

Selain itu, Vape merupakan alat rokok elektrik, yang menggunakan listrik dalam pengisian baterainya. Sehingga dapat memicu resiko meledak ketika Vape dalam keadaan panas berlebih.

Kesimpulannya rokok elektrik dan rokok tembakau ternyata memiliki bahaya yang sama-sama mengancam kesehatan.

Source : https://kitakini.news/39067/vape-vs-...-yang-mana-ya/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


We cmoke wiid epriday poreper
profile-picture
profile-picture
st.o dan kakekane.cell memberi reputasi
Sianida tu yang mbunuh mirna.

Mekanisme kerja CO tu sama kaya sianida.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
tapi ane percaya semuanya bahaya. bayangin aja zat kimia asing masuk ke paru paru lo tiap hari dengan sengaja, nggak bahaya darimananya..

kalo masalah cepet mati atau nggaknya mah urusan tuhan. Setidaknya kalo ga ngerokok bakal ngurangin resiko mati konyol karena lung cancer
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh JakeGyllenhaal
Ngeri kalau baca efeknya, ane sih bukan perokok yang aktif, kadang-kadang aja, belum tentu sebulan sekali ngerokok. temen ane ada yang aktif banget, vape disikat, rokok biasa juga disikat. ane cuma bs nasehatin aja sih emoticon-Shakehand2. Soalnya kebiasaan udah mendarah daging
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
lelaki sejati tu ngerokok tembakau tanpa filter sambil dirokok sama bini emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
jadi jawaban nya sama2 berbahaya emoticon-Hammer2
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Sama2 bahaya nya gan...
Mgkn lebih baik dirokok... ahahah...
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
kadang tidur aja berbahaya
pernah terpikir...., semakin sering tubuh diberi racun/penyakit semakin kebal tubuh itu thdp serangan racun/penyakit, kek imunisasi gitu
jarang liat loh gw perokok/pemabuk yg ringkih, rata" jarang sakit mereka,
profile-picture
profile-picture
arai01 dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kebetulan tentang efek rokok, ane mau nanya bre.
apa dengan merokok, kita bisa berpikir tenang, dapat inspirasi dan santuy?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Mau vape atau rokok semua bahaya kalo dipake dirumah janda tengah malam, bahaya takut digrebek warga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lebih enak dirokok, karena nikmat + menyehatkan emoticon-Malu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


untuk beberapa org bisa tersugesti dengan itu.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lebih bahaya knalpot motor
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
yang jelas dua2nya ngabisin duit
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Mending ga kedua nya deh
profile-picture
bandarjigonk memberi reputasi


Quote:

Pake Motor listrik aja
profile-picture
profile-picture
Kruingputih4 dan kakekane.cell memberi reputasi
dua-duanya bahaya... emoticon-Shakehand2
lebih berbahaya yg merokok tembakau tapi gak mau beli sendiri, cuma modal tangan dan mulut emoticon-Hammer2emoticon-Ngacir2
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


SNOOPDOG... emoticon-Matabelo
profile-picture
RastAVArianA memberi reputasi
Sama-sama beresiko sih kalau menurut ane.. tapi ane prefer ke rokok tembakau kretek.. it smells better.. wkwkwk..
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di