alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Begini Cara Mencuci Celana Jeans yang Benar Supaya Nggak Cepat Pudar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da82d15c8208455885ed151/begini-cara-mencuci-celana-jeans-yang-benar-supaya-nggak-cepat-pudar

Begini Cara Mencuci Celana Jeans yang Benar Supaya Nggak Cepat Pudar

Celana berbahan denim, alias jeans banyak dijadikan pilihan karena modelnya yang timeless dan juga cocok untuk dipadupadankan dengan outfit casual apapun. Celana jeans juga cenderung lebih awet dan tahan lama karena bahan denim yang tebal. Bahkan, semakin lama dipakai, celana jeans akan terasa semakin nyaman dipakai.

Begini Cara Mencuci Celana Jeans yang Benar Supaya Nggak Cepat Pudar

Namun, satu kekurangan celana jeans adalah perlu perhatian ekstra saat membersihkannya. Ada beberapa sumber yang mengatakan kalau jeans itu sebaiknya nggak dicuci. Cukup dibersihkan dari kotoran aja. Tapi, bagi kalian yang tetap mau mencuci jeans kalian, kalian harus ekstra hati-hati nih.  Celana jeans sulit dicuci dengan tangan karena bahannya yang berat. Di sisi lain, mencuci menggunakan mesin cuci hanya akan merusak kain dan membuat warna jeans lebih cepat pudar.

Lalu gimana cara mencuci jeans yang tepat?

1. Cuci dengan suhu air yang dianjurkan

Begini Cara Mencuci Celana Jeans yang Benar Supaya Nggak Cepat Pudar

Sebelum mencuci, perhatikan dulu suhu air yang dianjurkan pada label perawatan yang tersemat pada celana jeans kalian. Suhu air yang terlalu tinggi bisa membuat warna asli denim memudar.
Gimana kalau nggak ada keterangan apa-apa pada jeans? Nah, kalau dalam kasus ini, supaya aman, Agan bisa cuci jeans Agan dengan air dingin. Jangan pernah cuci jeans dengan air hangat karena selain bisa memudarkan warna, air hangat juga bisa membuat jeans menyusut.


2. Balik jeans sebelum mencuci

Begini Cara Mencuci Celana Jeans yang Benar Supaya Nggak Cepat Pudar

Supaya warna asli jeans nggak cepat pudar, balik bagian dalam celana jeans sebelm mencuci. pasang kancing dan tutup ritsleting jeans sebelum mencuci dengan mesin cuci, supaya keduanya nggak tersangkut saat berada di dalam mesin cuci.


3. Jangan digosok terlalu keras

Begini Cara Mencuci Celana Jeans yang Benar Supaya Nggak Cepat Pudar

Saat mencuci dengan tangan, jangan gosok celana jeans terlalu keras, apalagi jika menggunakan sikat. Menggosok celana jeans terlalu keras akan membuat bahannya cepat rapuh dan robek. Selain itu, warna pada jeans juga lebih mudah luntur.


4. Gunakan deterjen yang tepat

Begini Cara Mencuci Celana Jeans yang Benar Supaya Nggak Cepat Pudar

Untuk menjaga warna asli denim agar tetap awet, saat mencuci jeans, nggak boleh menggunakan deterjen yang sembarangan. Gunakan deterjen bubuk yang lembut dan mengandung pencerah warna. Pencerah warna dalam deterjen tertentu bisa menjaga pewarna indigo pada jeans tetap awet.


5. Campurkan air dengan cuka

Begini Cara Mencuci Celana Jeans yang Benar Supaya Nggak Cepat Pudar

Cuka dapur mengandung asam ringan yakni asam asetat yang bisa mengunci pewarna dan mencegah kelunturan pada jeans yang berwarna terang. Sebagai bonus, cuka juga bisa membunuh bakteri secara alami, dan bisa menetralisir kuman-kuman yang ada pada jeans.  Nah, karena itu, agan bisa merendam jeans Agan, terutama yang berwarna gelap, di air dingin yang udah dicampur cuka. Agan nggak perlu khawatir dengan bau cuka yang menyengat, karena saat kering, bau cuka ini bakal menghilang dengan sendirinya kok.


6.Jangan mencuci terlalu sering

CEO Levi’s Chip Bergh pernah mengatakan kalau kita nggak boleh mencuci jeans kita sekalipun. Ia sendiri pernah nggak mencuci jeans miliknya selama 10 tahun! Ini sih agak ekstrim, ya. Tenang, jeans masih boleh dicuci kok, asal nggak sering-sering. Menurut laman Who What Wear, waktu ideal mencuci jeans adalah setelah empat atau lima kali pakai. Kalau dicuci keseringan, maka warna jeans akan cepat memudar.

Begini Cara Mencuci Celana Jeans yang Benar Supaya Nggak Cepat Pudar

Saat satu bagian jeans terkena noda, jangan langsung mencuci seluruh jeans sekaligus. Cukup cuci bagian yang kena noda aja. Usapkan sedikit deterjen yang udah dilarutkan dalam air dan kucek perlahan lalu bilas.


Sekarang nggak perlu bingung lagi deh gimana dan kapan harus mencuci jeans Agan. Yuk dicoba.




Spoiler for sumber:




profile-picture
profile-picture
profile-picture
S.e.m.e.d.i dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh benben98
Halaman 1 dari 2
Gak perlu dipake gan cukup digantung, dijamin awet bertahun-tahun emoticon-Cool
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
dicoba dulu, deh ...
bermanfaat neh
Quote:


Silahkan gan emoticon-Goyang
Oke lah kalo begitu..tips n triknya nubie praktekan matur tengkyuu gan
Simple tapi sering gak diperhatiin.
Nice thread sihemoticon-Keep Posting Gan
Jeans sebulan kgk dicuci tapi sering dipake, pas direndem aer putih biasa aja, langsung butek aernya wkwkwk
Lihat 1 balasan
pake cuka baru twu aneemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
nyuci jeans paling males, berat
Kalau belum kotor jangan dicuci emoticon-Malu
Quote:


Tips kereeen niih.. emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
dirobek" gitu gan biar GAOEL...
hoalaaaa, pake cuka ternyata bisa juga tohhhh.. makasii gann infonyaa
Balasan post cepegope
hahaha, kalo sebulan ga dicuci mah itu pasti udah banyak noda dan kotorannyaa. pantes aja airnya langsung butek wkwkw
Celan luntur harga naik bos kalo jeans denim gitu
justru makin belel makin mantul gan. kawan ane malah sengaja di injek2in di pasir pantai
Quote:


Iyaaa gan setuju, makin mahal kalo gasalah apalagi kalo jeansnya bisa sampe bisa berdiri gitu
wahhh trit yang ane tunggu-tunggu ini sih..bahas soal nyuci clana jeans
ane suka bingung cara yang bener nyuci jeans
soalnya kalau dicuci kadang jadi kaku enggak enak gitu, kadang jadi gatel dikaki
apa mungkin ane salah pilih deterjen ya?
mungkin perlu beda kalik ya detergen buat jeans..
next time ane bakal coba ngrendem jeans pake air+cuka...
sapa tau clana jeans ane jadi enak kalau dipake....
Hmm ada tips tipsnya toh ternyata? Soalnya selama ini yang ane lakuin ya cuma dengan nggak nyuci sering sering aja sih 😂
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di