CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da69044337f9311497b48cf/makanan-sehat-yang-perlu-dikonsumsi-setiap-hari

Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari

Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari


Makanan sehat sering dianggap tidak enak, padahal banyak jenis makanan sehat yang terasa lezat, namun kerap terlupakan. Mengonsumsi makanan sehat memiliki banyak manfaat, termasuk melindungi diri dari ancaman penyakit kronis.
Konsumsi makanan sehat, tidak harus membatasi satu atau beberapa jenis makanan saja. Mengonsumsi berbagai jenis makanan, justru dapat memberikan nutrisi berbeda-beda sehingga mampu melengkapi gizi yang dibutuhkan tubuh.

Beragam Pilihan Makanan Sehat
Makanan sehat umumnya mencakup berbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena kandungan nutrisi yang lengkap. Di antara jenis sayuran hijau, ada berbagai pilihan yang baik untuk dikonsumsi, seperti sawi hijau, brokoli, dan bayam dengan kandungan serat yang tinggi.

Selain sayur, buah juga sangat penting dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin. Dari sekian banyak buah, beberapa buah yang populer dan kaya akan nutrisi, di antaranya adalah:

- Apel, karena banyak mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan lain.
- Jeruk, yang tinggi kandungan vitamin C.
- Alpukat, yang kaya lemak sehat, kalium dan vitamin C.
- Pisang, sebagai salah satu sumber kalium.
- Buah-buahan berry, seperti blueberry dan strawberry. Selain rendah kalori, juga kaya akan antioksidan dan serat.

Mengonsumsi makanan sehat juga sebaiknya tetap seimbang dan beragam. Berikut kelompok makanan sehat utama lain yang harus Anda konsumsi, selain sayuran dan buah-buahan:

- Daging dan telur
Daging merupakan salah satu makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber protein dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan daging lainnya. Sedangkan telur tergolong sebagai salah satu bahan makanan paling bergizi karena selain tinggi protein, telur juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan.

- Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kelompok makanan ini merupakan jenis makanan sehat yang renyah dan sarat akan nutrisi, termasuk magnesium dan vitamin E.

- Ikan dan makanan laut lainnya
Ragam makanan laut terutama ikan, adalah jenis makanan sehat yang kaya asam lemak omega-3 dan yodium. Penelitian menunjukkan, orang yang sering makan ikan laut cenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.

- Susu
Susu sangat tinggi vitamin, mineral, protein hewani berkualitas dan lemak sehat. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Anda juga bisa mengonsumsi susu dalam beragam bentuk produk olahan susu, seperti keju. Susu yang difermentasikan menjadi yoghurt, mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan.

Kenali Berbagai Jenis Makanan yang Perlu dihindari
Selain perlu mengonsumsi makanan sehat, Anda juga harus mengenali makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat memicu gangguan kesehatan.

Pertama, hindari makanan dan minuman yang ditambahkan gula. Apabila sering dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat memicu terjadinya resistensi insulin di tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Kemudian, hindari makanan cepat saji atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan keripik. Makanan jenis ini memiliki kalori tinggi, tetapi sedikit nilai nutrisinya. Selain itu, makanan cepat saji dapat mendorong makan berlebihan.

Hindari juga makanan atau minuman yang tidak sehat lainnya, seperti permen, es krim, daging olahan, dan keju olahan. Namun, apabila Anda ingin mengonsumsinya, sebaiknya hanya dilakukan sesekali saja.

Mulailah mengonsumsi makanan sehat yang seimbang, demi menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Agar tidak bosan, Anda bisa mencoba kreasi dan kombinasi berbagai jenis makanan sehat dalam variasi sajian yang menarik setiap harinya. Jangan lupa untuk melengkapi pola makan sehat Anda dengan pola hidup yang sehat pula, yakni dengan memperbanyak konsumsi air putih, istirahat yang cukup dan rutin olahraga. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.


Spoiler for Sumber:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
mashbrow dan 3 lainnya memberi reputasi

Makanan sehat

spamdungu/z8hkn

makanan vegan

https://youtu.be/_SgCXnArOFA

Kue Sehat

Kue versi sehat nih [url=spamdungu/HealthC]kue versi sehat[/url]
Diubah oleh wirda.pcy689

healthy food

[url=spamdungu/5BtUZdbdFp]spamdungu/5BtUZdbdFp[/url]

Makanan sehat

Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari
Makanan sehat check link https://cararegistrasi.com/wDRzPwy

Tips diet

Beberapa tips diet tanpa membuat sakit- sakitan
Langsung saja ke linknya
https://bit.ly/3Iooeyc
Kalo yg alergi sama seafood gimana gan
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Rindu makan makanan yang sehat...selama ini makanya gorengan terus.....
Post ini telah dihapus
Pastinyaa tambah olah raga juga yaaa...
Ga ada mie l*m*n*l* kah? Kan diiklannya boleh dimakan tiap hari emoticon-Malu

Makan sehat

https://spamhahay/Makanansehat2021
Makasih TS udah mau sharing seputar makanan sehat yang perlu dikonsumsi setiap hari. Nah, ane juga mau nambahin nih agan-agan, terkait rekomendasi makanan sehat juga yang rendah kalori. Infonya ane dapet dari artikel Halodoc ini, berikut di antaranya gan, cekidot:

1. Telur

Sebutir telur mengandung 72 kalori, 6 gram protein, serta vitamin dan mineral penting penting bagi tubuh. Jika konsumsi saat sarapan, protein di dalamnya mampu mengurangi rasa lapar, dan mempertahankan rasa kenyang hingga waktunya makan siang. Untuk mengonsumsinya, silahkan olah dengan cara direbus, ya.

2. Dada Ayam

Dada ayam merupakan daging tanpa lemak yang rendah kalori dan tinggi protein. Dada ayam menjadi sumber protein, niasin, selenium, dan vitamin B12 yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dalam 85 gram dada ayam, hanya mengandung sekitar 100 kalori saja. Untuk mengonsumsinya, dapat dibarengi dengan wortel atau brokoli kukus.

Selain itu, dari artikel Kontan yang ane baca, brokoli juga salah satu makanan sehat yang mengenyangkan gan, tapi rendah kalori. Soalnya, brokoli tinggi kandungan serat, jadi agan bisa kenyang lebih lama kalo makan gituan.
Makasih TS udah mau sharing seputar makanan sehat yang perlu dikonsumsi setiap hari. Nah, ane juga mau nambahin nih agan-agan, terkait rekomendasi makanan sehat juga yang rendah kalori. Infonya ane dapet dari artikel Halodoc ini, berikut di antaranya gan, cekidot:

1. Telur

Sebutir telur mengandung 72 kalori, 6 gram protein, serta vitamin dan mineral penting penting bagi tubuh. Jika konsumsi saat sarapan, protein di dalamnya mampu mengurangi rasa lapar, dan mempertahankan rasa kenyang hingga waktunya makan siang. Untuk mengonsumsinya, silahkan olah dengan cara direbus, ya.

2. Dada Ayam

Dada ayam merupakan daging tanpa lemak yang rendah kalori dan tinggi protein. Dada ayam menjadi sumber protein, niasin, selenium, dan vitamin B12 yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dalam 85 gram dada ayam, hanya mengandung sekitar 100 kalori saja. Untuk mengonsumsinya, dapat dibarengi dengan wortel atau brokoli kukus.

Selain itu, dari artikel Kontan yang ane baca, brokoli juga salah satu makanan sehat yang mengenyangkan gan, tapi rendah kalori. Soalnya, brokoli tinggi kandungan serat, jadi agan bisa kenyang lebih lama kalo makan gituan.

Quote:


https://cararegistrasi.com/6tEny8OTcjl5
spamdungu/Healtyfo0d
Makanan sehat
https://cararegistrasi.com/Makanans3hat


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di