alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Android Dan Sistem Operasi IOS
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da60762c8393a670d5b2677/kelebihan-dan-kekurangan-sistem-operasi-android-dan-sistem-operasi-ios

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Android Dan Sistem Operasi IOS

Quote:
Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Android Dan Sistem Operasi IOS
Rasanya tidak akan pernah ada habis-habisnya kalau kita membahas persaingan antara smartphone Androiddengan smartphone Apple. Ya bisa dibilang sebelas duabelas sama sinetron di TV yang tidak ada habis-habisnya juga. Termasuk dari segi sistem operasinya, dimana Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google. Sedangkan Apple menggunakan sistem operasi IOS untuk perangkat mobilenya yang dikembangkan oleh mereka sendiri.

Quote:

Nah pada kesempatan thread kali ini saya telah merangkum kelebihan dan kekurangan sistem operasi Androiddan sistem operasi IOS, yaitu :

1. Open Source
Quote:

Kita akan membahas kelebihan OS Android terlebih dahulu ya gansis. Android merupakan sistem operasi yang bersifat terbuka atau open source. Jadi siapapun dan dari perusahaan manapun bebas untuk menggunakan sistem operasi Android untuk perangkat mereka. Karena Android bersifat open source, otomatis Android lebih banyak memiliki pengembang dari pada IOS. Dengan begitu Android lebih banyak memiliki fitur yang disematkan oleh para developernya.


2. Tampilan Yang Beragam
Quote:

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh Android dan yang tidak dimiliki oleh IOS adalah dimana Android memiliki tampilan yang lebih beragam dari pada IOS. Yang tidak lain dan tidak bukan karena sifatnya yang buka-bukaan tadi (open source). Sebut saja Touchwiz-nya si Samsung atau Zenui-nya si Asus. Bahkan ada lagi MUI-nya si Xiaomi atau juga Color OS-nya si Oppo. Tampilan Android juga bisa diganti menggunakan aplikasi Launcher. Atau juga bahkan dengan mengganti Custom ROM. Tentu hal ini adalah seuatu hal yang tidak mungkin bisa dilakukan di ponsel dengan sistem IOS. Dengan begitu maka IOS akan terasa lebih membosankan. Karena user interfacenya yang itu-itu saja. Sama dengan pacar agan yang sering membuat agan bosan. Dan kalau pacar agan mulai terasa membosankan, maka silahkan coba membawa dia ke salon gan. Dan dijamin habis gaji 1 bulan gan (wkwkwkkw, ups sorry karena ada just kidding).


3. Aplikasi Yang Tersedia Lebih Banyak Dan Gratis
Quote:

Perbedaan yang paling mendasar dari Android dan IOS adalah aplikasi yang disediakan. Jika Android punya Play Store maka IOS juga punya App Store. Pada Play Store tersedia ribuan bahkan jutaan aplikasi yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis kepada agan sista. Walaupun ada yang berbayar, ya itu juga bisa langsung download file APK-nya di Google (tapi hal ini tidak saya rekomendasikan ya gansis). Tentu sangat berbeda dengan App Store. Aplikasi yang tersedia di App Store kebanyakan adalah aplikasi yang berbayar. Dan aplikasi yang tersedia juga tidak sebanyak yang ada di Play Store. Hal itu dikarenakan Apple sangat menyeleksi aplikasi yang disediakan di App Store. Dan hanya aplikasi yang terpercaya dan berkualitas saja yang bisa lulus masuk ke App Store. Jadi tentu tidak heran bagi kita jika di Play Store banyak aplikasi yang tidak jelas dan tidak berfaedah.


4. Multitasking Lebih Mudah
Quote:

Fitur yang paling menonjol dari OS Android adalah fitur multitasking-nya. Setelah update ke Android 7 saja, OS Android sudah bisa menyediakan fitur split screen atau menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Berbeda dengan IOS yang tidak menyediakan fitur ini. Ya mungkin bisa sih, tapi harus menggunakan aplikasi lain. Dan hal ini bukannya membuat semakin simpel, tapi malah semakin ribet.


5. Manajemen RAM Yang Kurang Baik
Quote:

Jika dari tadi kita membahas keunggulan yang dimiliki oleh Android, maka sekarang kita bahas sisi buruknya juga gansis. Faktanya Android memiliki manajemen RAM yang tidak lebih baik dari IOS. Terbukti banyak sekali youtuber yang melakukan tes atau uji performa antara smartphone Android dan smartphone iPhone. Dan ternyata iPhone dengan RAM 3-4 GB saja tidak kalah kencang dengan smartphone Android dengan RAM 6-8 GB. Salah satu faktornya tentu saja IOS memiliki manajemen RAM yang lebih baik ketimbang Android.


6. Lebih Rentan Terkena Virus Dan Malware
Quote:

Karena Android yang sifatnya terbuka, alhasil Android lebih rentan terkena virus dan malware dibandingkan IOS. Ya walaupun sangat jarang terjadi sih, tapi sudah menjadi rahasia umum kalau sistem keamanan IOS lebih baik dari pada Android. Tapi perlu agan sista semua ketahui bahwa ada satu virus yang tidak bisa diamankan oleh sistem operasi IOS sendiri, yaitu virus mantan (ups sorry gansis, lagi-lagi ane sedikit curhat dan just kidding).


7. Banyak Bloatware
Quote:

Hal yang cukup menjengkelkan bagi pengguna smartphone Android adalah dimana banyaknya bloatware atau aplikasi bawaan dari pabrik yang tidak berguna. Sehingga hal ini tentu akan banyak memakan memori penyimpanan. Dan untuk menghapusnya pun tidak mudah juga ya gansis. Dimana agan sista harus melakukan rooting terlebih dahulu. Sangat berbeda dengan IOS. Kalau ada aplikasi yang sekiranya tidak agan sista butuhkan di IOS, maka agan sista bisa hanya tinggal buang saja di tempat sampah alias bebas mencopot pemasangan aplikasinya atau bahasa kerennya adalah Uninstall.

Quote:

Nah, itu dia gansis tentang kelebihan dan kelemahan Android dan IOS.
Bagaimana dengan pendapat agan sista akan hal tersebut...???
Mana yang lebih baik menurut agan sista...???
Android yang kece atau IOS yang efektif dan protektif...???
Saya tunggu jawabannya dikolom komentar ya gansis (heheheh).
Sampai jumpa pada thread berikutnya dan terimakasih.

●●●○◎○●●●

Semoga informasinya bermanfaatdan menghibur agan sista semua.

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Android Dan Sistem Operasi IOS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
afifa26 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indriketaren
Halaman 1 dari 12
Kalo Android itu mudah dioprek yah sistemnya...
profile-picture
profile-picture
ExoAcox dan Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalau saya, pakai dua-duanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thekuyuz dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


iya sis... banyak juga aplikasi untuk mengopreknya
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Quote:


saya skrg blm ksampaian beli apple emoticon-Malu
profile-picture
feliia memberi reputasi
Quote:


Di supermarket banyak gan, seger2 emoticon-Leh Uga
Quote:


gak ckup sekilo soalnya sis emoticon-Leh Uga
profile-picture
feliia memberi reputasi
Diubah oleh indriketaren
Quote:


Mahal, mending ke temen yg punya kebonnya
emoticon-Ngakak
profile-picture
feliia memberi reputasi
Diubah oleh yunda.me
Mau sekarungpun tetep murahan apel yg disupermarket gan drpd apple yg di konter emoticon-Ngakak

Quote:



Kalo gk punya temen yg punya kebonya gimana gan emoticon-Leh Uga
Quote:
Quote:


Yaudah beli di pinggir jalan.
emoticon-Matabelo
Quote:


emoticon-Wakaka
Quote:


beliin dong sisemoticon-Leh Uga
Quote:


emoticon-Wow
ada lebih ada kurang
Quote:


Beli sendirilah emoticon-Traveller
Quote:


mantep.... stabilemoticon-Jempol
Quote:


gak punya duit emoticon-Wakaka
Quote:


Quote:


Ya udah goyang aja deh
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
Quote:


dari tadi goyang gan.. pegel emoticon-Leh Uga
Quote:


Hahaha asyik kok emoticon-Goyang
Quote:


ane masih training goyang emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 12


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di