alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Penanganan kanker vagina
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da04c8ee83c72731a0d3a80/penanganan-kanker-vagina

Penanganan kanker vagina

Kanker vagina adalah jenis kanker yang pertama kali muncul di vagina, bukan dari organ lain seperti rahim, serviks, indung telur yang menyebar ke vagina. Vagina merupakan saluran yang menghubungkan antara serviks dengan jalan keluarnya bayi. Kanker vagina bisa di bagi menjadi beberapa tipe berdasarkan tempat awal munculnya kanker dan jenis sel yaitu:
1. Karsinoma sel skuamosa vagina. Kanker vagina yang muncul di sel sel tipis dan datar yang melapisi permukaan vagina dan jenis kanker yang sering terjadi walaupun kanker vagina sendiri kanker jarang terjadi.
2. Adenokarsinoma vagina. Kanker vagina yang muncul di antara sel-sel kelenjar pada permukaan vagina.
3. Melanoma vagina. Kanker yang berkembang pada sel-sel penghasil pigmen atau melanosit pada vagina.
4. Sarkoma vagina. Kanker vagina yang berkembang pada sel-sel otot pada dinding vagina.Kanker vagina bisa muncul tanpa gejala atau tanda, oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan daerah kandungan dan pap smear secara berkala sesuai dengan anjuran dokter.
•Gejala Kanker Vagina Untuk tanda atau gejala umum kanker vagina adalah sebagai berikut:
1. Perdarahan dari vagina. Perdarahan ini bisa terjadi saat setelah berhubungan badan , waktu menstruasi, atau setelah menopause .
2. terdapat benjolan atau rasa gatal pada bagian vagina.
3. mengandung darah dan berbau pada saat mengalami keputihan.
4. Mengalami kesulitan pada saat buang air besar dan kecil nyeri saat berhubungan intim .
5. Sering buang air kecil.
6. Urine bercampur dengan darah.
7. Nyeri di rongga panggul.
Secara umum, kanker muncul ketika sel pada tubuh mengalami mutasi, yang dimana membuat sel tersebut membelah serta memperbanyak diri terlalu cepat serta tidak terkendali pertumbuhanya.
• faktor yang di claim sebagai pemicu sel normal di vagina bermutasi dan menjadi kanker adalah:
1. Wanita yang terkena hormon estrogen sintetik diethylstilbestrol atau "DES" saat kehamilan.
2. Berusia 60 tahun lebih.
3. Terkena infeksi HPV (human papilloma virus).
4. hubungan seksual pada usia dini.
5. Aktifitas merokok.
6. Sering ganti pasangan seksual.
7. Pernah menjalani prosedur histerektomi.
•Diagnosis Kanker Vagina Kanker vagina sering terdektsi ketika melakukan pemeriksaan kandungan rutin sebelum timbul gejala. Untuk diagnosis kanker vagina sendiri pertama kali dilakukan oleh dokter dengan menanyakan gejala atau tanda yang dirasakan oleh pasien. dokter melakukan pemeriksaan fisik pada bagian luar dan dalam vagina pasien untuk memastikan ada tidaknya kelainan. Pemeriksaan dalam dilakukan dengan pemeriksaan colok vagina dengan menggunakan alat spekulum untuk membuka saluran vagina. Setelah pemeriksaan fisik selesai , dokter akan meminta pasien untuk menjalani beberapa pemeriksaan lain, seperti:
1. Pap smear dilakukan untuk deteksi dini kanker vagina. Dengan mengambil sampel lendir dan mengikis sedikit area vagina permukaan vagina dan serviks. Lakukan secara rutin dan tanyakan pada dokter kandungan, bidan.
2. Kolposkopi. Kolposkop sendiri berbentuk seperti mikroskop atau kaca pembesar dengan dilengkapi dengan lampu yang dapat melihat kondisi vagina dan serviks lebih detail.
3. Biopsi. Biopsi akan di lakukan apabila pada saat pemeriksaan kolposkopi ditemukan adanya kelainan.Dan apabila hasil pemeriksaan di temukan kelainan maka dokter akan menentukan jenis stadium. Kanker vagina dibagi menjadi 4 stadium, sebagai berikut:
Stadium 1. Kanker terbatas pada dinding vagina.
Stadium 2. Kanker menyebar ke jaringan sekitar vagina.
Stadium 3. Kanker menyebar ke rongga panggul.
Stadium 4A. Kanker menjalar ke organ lain dekat vagina, seperti usus atau kandung kemih.
Stadium 4B. Kanker menjalar ke organ lain yang jauh dari vagina, seperti hati.
• Untuk menentukan stadium, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan tambahan, seperti foto Rontgen, CT scan, MRI, atau PET scan, serta pemeriksaan endoskopi Untuk menentukan stadium Pengobatan, pengobatan sendiri tergantung seberapa jauh penyebarannya atau stadium berapa.
• Berikut tiga jenis penanganan kanker vagina:
1. Radioterapi Ada dua jenis radioterapi yang akan di lakukan yaitu: Radioterapi eksternal. Dengan cara menembakkan sinar ultraviolet ke vagina dan panggul. Radioterapi internal. Dengan melakukan dengan menanamkan sementara bahan di area vagina. Radioterapi internal hanya dilakukan pada kanker vagina stadium awal.
2. Pembedahan Beberapa jenis pembedahan untuk menangani kanker vagina, yaitu: Mengangkat tumor. Vaginektomi parsial ,pembedahan untuk mengangkat sebagian dari vagina. Vaginektomi radikal.mengangkat seluruh vagina.dan yang paling mengerikan adalah Vaginektomi dan histerektomi radikal serta pelvic exenteration Kemoterapi kemoterapi digunakan sebagai kombinasi dengan radioterapi untuk menguatkan efek radioterapi.kemoterapi juga digunakan untuk membunuh sel kanker yang sudah menyebar ke daerah lain. Ada beberapa untuk mencegahan kanker vagina 1. Jangan merokok 2. Mendapatkan vaksinasi HPV bisa . Note: lebih baik mencegah dari pada mengobati. Kesehatan adalah investasi tiada harganya. jangan lupa ikuti terus blog INFORMASIUCA untu mendapatkan info info menarik lainya.

Penanganan kanker vagina
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Bagus


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di