alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Cara Redakan Stres Agar Tak Berujung Depresi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9ff57a5cf6c45846777291/cara-redakan-stres-agar-tak-berujung-depresi

Cara Redakan Stres Agar Tak Berujung Depresi

Cara Redakan Stres Agar Tak Berujung Depresi
ilustrasi orang yang sedang stres (foto: TLNT.com)


Sebagai manusia, merasa stres dengan permasalahan hidup seperti masalah di tempat kerja, perselisihan dengan orang terdekat, hingga masalah ekonomi, merupakan hal yang wajar selama kita bisa mengatasinya. Namun jika rasa stres ini terus dibiarkan secara berkepanjangan tanpa dicari solusinya, stres bisa berujung depresi.
 
Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang mempengaruhi emosi, tingkah laku, dan cara berpikir penderitanya. Pengidap depresi akan kehilangan harapan untuk melakukan sesuatu, bahkan harapan hidup yang akhirnya menimbulkan keinginan untuk bunuh diri.
 
Untuk itu, penting sekali untuk meredakan stres agar tak berkepanjangan. Berikut adalah sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menghindari stres dan depresi:
 
1. Kelola stres
Ketika tertekan secara berlebihan, maka otak akan mengirimkan reaksi psikologis dengan bentuk stres sebagai peringatan. Meskipun stres tak bisa dielakkan, namun menurut dokter spesialis kedokteran jiwa Agung Frijanto stres dapat dikelola dengan melakukan kegiatan favorit yang menyenangkan sebagai pengalihan rasa stres.

“Mengelola stres dilakukan dengan mengalihkan pada kegiatan yang positif seperti berolahraga,” ungkap Agung di Kementrian Kesehatan dalam rangkan memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia pada Kamis (10/10).
 
2. Marah dengan tepat
Amarah memang tak boleh dipendam, karena sewaktu-waktu bisa meledak dan malah menjadi bumerang. Namun di sisi lain, rasa marah juga tak boleh dilampiaskan sembarangan. Sama seperti stres, Anda juga perlu belajar untuk mengelola amarah dengan tepat.
 
Ketika rasa marah muncul, cobalah kendalikan diri Anda dan tenangkan diri dengan menghela napas beberapa kali. Dengan memberi jeda sebelum rasa amarah meluap, maka akan membuat Anda bisa berpikir lebih jernih mengenai konsekuensi tindakan yang akan Anda ambil.
 
3. Curhat
Ketika merasa stres sering kali kita merasa tak perlu untuk menceritakannya ke orang, karena merasa mereka tak akan mengerti apa yang kita rasakan. Padahal, stres yang dipendam sendirian inilah yang berpotensi menyebabkan depresi.
 
Saat sedang tertekan, cobalah untuk bercerita ke orang-orang terdekat yang bisa Anda percaya, seperti keluarga dan sahabat. Anda juga bisa menceritakan permasalahan ke psikolog profesional dan berkonsultasi tentang perasaan Anda. Jika Anda tak bisa menceritakannya ke orang lain, menulis buku diari juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Berdasarkan studi, menulis buku diari merupakan cara yang ampuh untuk meredakan rasa stres sehari-hari.
 
4. Spiritual
Kegiatan religius juga bisa menjadi opsi untuk membawa ketenangan dalam diri. Cobalah untuk mengunjungi masjid untuk mengikuti kajian, ke gereja, atau kegiatan keagamaan lainnya sesuai dengan keyakinan Anda.
 
Menurut Agung beribadah mampu meningkatkan hormon serotonin, yaitu hormon yang mampu mencegah depresi.


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di