alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Membangun SDM Menjadi Kunci Indonesia Maju
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9f6da7c8208431a92dbe62/membangun-sdm-menjadi-kunci-indonesia-maju

Membangun SDM Menjadi Kunci Indonesia Maju

Membangun SDM Menjadi Kunci Indonesia Maju



Meningkatkan SDM,
Indonesia Maju, Indonesia Pintar,
Program kerja Industri Indonesia




Membangun SDM Menjadi Kunci Indonesia Maju

Sumber: di sini



Membangun SDM Menjadi Kunci Indonesia Maju





Beberapa waktu yang lalu, Indonesia telah membuat hajat yang sangat besar, yaitu pemilihan presiden. Banyak sekali visi dan misi bagi setiap pasangan calon presiden. Sampai akhirnya ketuk palu mematenkan bahwa Jokowi-Ma'ruf sebagai pemenang dan akan dilantik dalam waktu dekat ini.


Membangun SDM Menjadi Kunci Indonesia Maju

Sumber: di sini


Banyak sekali program yang digaungkan oleh Jokowi-Ma'ruf pada saat kampanye, salah satunya mewujudkan Indonesia Maju dengan cara membangun SDM yang sehat, cerdas, terampil, dan sejahtera.



Membahas SDM, tentu kita sebagai rakyat sangat paham betul bagaimana keadaan Indonesia selama 74 tahun kemerdekaan. Masih saja ada sekolah yang tidak memenuhi kriteria karena beberapa faktor antara lain fasilitas, prasarana, dan penunjang sistem pembelajaran pendidikan itu sendiri.



Mungkin untuk yang tinggal di beberapa kota besar, semua itu tidak akan terkena imbas secara langsung. Berbeda halnya dengan mereka yang tinggal di pelosok dan jauh dari sarana serta prasarana penunjang pendidikan.


Sebenernya Ts sangat sedih dan miris melihat dunia pendidikan di negara kita. Namun apalah daya, kita hanyalah rakyat yang hanya mampu merintih mengaduh tanpa bisa mengaum.



Oleh karena itu, Ts berharap di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf yang sekarang mampu merealisasikan program kerja yang tertulis dalam visi dan misi pada saat kampanye kemarin, terutama dalam hal membangun SDM.



Beberapa program untuk membangun dan meningkatkan SDM di Indonesia sebagai berikut, cekidot!



1. Memberi Gizi dan Nutrisi Pada Ibu Hamil


Membangun SDM Menjadi Kunci Indonesia Maju

Sumber: di sini


Tidak diragukan lagi bahwa asupan gizi dan nutrisi sangat penting untuk perkembangan janin. Semakin asupan bergizi, maka membuat janin yang sehat dan cerdas.



2. Pendampingan Balita dan Anak-anak


Membangun SDM Menjadi Kunci Indonesia Maju

Sumber: di sini

Setelah bayi lahir ke dunia, maka akan belajar banyak hal. Seperti miring, tengkurap, merangkak, berdiri, jalan, berbicara, dan lain-lain. Di setiap perkembangan anak selalu mendapat pengawasan para orang tua dan tentu dengan asupan gizi yang baik. Sehingga memghasilkan generasi yang cerdas.




3. Kualitas Sekolah


Membangun SDM Menjadi Kunci Indonesia Maju

Sumber: di sini



Setelah masuk usia sekolah, anak-anak akan dihadapkan untuk memasuki lingkungan sekolah, seperti PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan kuliah. Setiap orang tua selalu ingin yang terbaik untuk anaknya. Bahkan pemerintah terus berupaya agar semua generasi bangsa bisa terus bersekolah tanpa merasakan putus sekolah, karena alasan tidak memiliki biaya.




4. Balai Pelatihan Kerja


Membangun SDM Menjadi Kunci Indonesia Maju

Sumber: di sini


Setelah lulus sekolah entah SMA atau kuliah, pemerintah menyiapkan Balai Pelatihan Kerja dengan tujuan melatih para alumni muda agar bisa bersaing di dunia kerja yang sesungguhnya.



Memilih pekerjaan sesuai deng bidang yang dikuasai masing-masing. Ilmu yang didapat pada saat sekolah dan di Balai Pelatihan Kerja mampu menjadi bekal untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.




Adapun upaya untuk melancarkan program kerja tersebut, pemerintah Jokowi-Ma'ruf melakukan beberapa upaya kebijakan sebagai berikut:




1. Alokasi Anggaran Pendidikan



Hal yang paling penting adalah dana anggaran untuk mewujudkan pendidikan tersebut.


Jokowi menyampaikan bahwa RAPBN 2020 mencapai Rp 2.528,8 triliun, atau sekitar 14,5 persen dari PDB. Namun pemerintah akan menaikkan anggaran pendidikan sebesar 29,6 persen, yaitu dari Rp 390,3 triliun pada tahun 2015 menjadi Rp 505,8 triliun pada tahun 2020.


Quote:



Jadi Presiden Jokowi berusaha mengalokasikan 20 persen dana untuk dunia pendidikan di negara kita.



2. Selaras dengan Industri



Pemerintah akan berusaha meningkatkan kualitas dunia pendidukan agar sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia industri yang tengah berkembang.


Salah satunya dengan meningkatkan kualitas guru dalam belajar mengajar agar menghasilkan pribadi yang enterpreneur.



3. Dana BOS




Dana BOS sendiri sudah ada sejak jaman pemerintahan SBY dengan tanda sekolah gratis dibebaskan dari biaya-biaya seperti bulanan dan bangunan. Program BOS terus berjalan hingga kini bertambah dengan KIP.



4. Beasiswa untuk Pelajar



Salah satu hal terpenting adalah beasiswa. Beasiswa menyasar pada siapapun tergantung programnya untuk siapa, contoh saja murid yang berprestasi, kurang mampu, dan lain-lain.


5. Kartu Pra-Kerja



Kartu Pra-kerja ini bertujuan agar para generasi bisa memilih kursus keterampilan dan ilmu yang sesuai dengan keinginan. Lalu pemerintah memperdalam dengan mengajarkan skill-skill kepada mereka.



Pemerintah tetaplah makhluk ciptaan tuhan yang selalu memiliki dua sisi kekurangan dan kelebihan. Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, mari kita ikut andil membangun Indonesia Maju dengan meningkatkan SDM.



Kalian tidak harus bergantung pada pemerintah, bagi aktivis pun bisa ikut andil memajukan SDM dengan membantu siapapun dengan ilmu dan apapun yang dimiliki untuk berbagi.


Karena sejatinya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang saling membantu satu sama lain.



Spoiler for Program Kerja:




Membangun SDM Menjadi Kunci Indonesia Maju



emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



Sumber artikel: di sini, di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
senjakita09 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indahmami
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Pejwan
emoticon-Cool
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Reserved
emoticon-Cool
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Reserved
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan indahmami memberi reputasi
Ya baiklah
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan indahmami memberi reputasi
Quote:


Hay papi..
emoticon-Hai

Quote:


Okelah, sip!
emoticon-Shakehand2
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
bukan membangun sdm tapi mengurangi sdm yg dak berkualitas dan dak mau maju ditmbah di bantai aja sampah masyarakat
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan indahmami memberi reputasi
Quote:


Quote:


Suami istri ngaskus, kompak nya. Jadi iri deh. Langgeng ya
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Hmm...
Kalau bisa sih gitu gan, cuma anu..
Entar kena HAM
emoticon-No Hope emoticon-Gregetan

Quote:



Wkwkwk..
Biar romantis terus ya harus kompak.
emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan iissuwandi memberi reputasi
semoga bukan cuma janji-janji aja Sis
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan indahmami memberi reputasi
Quote:


Aaihh baru tau ada indahpapiemoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Quote:


Yoi, janji emang paling manis dan legit.
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang

Quote:



Iyah, baru nongol dia.
Kek'y kangen ma akuh.
Kenalan aja gih..
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Wkwkwkwkw asal jangan kebnyakan makan janji aja, ntar diabetemoticon-Goyangemoticon-Goyang


Wkwkwkkw mang saposeemoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post iissuwandi
Quote:


Wahh..
Bener banget ntuh..
Kebanyakan janji bikin over dosis.
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang


Hmm...
Kenalan aja..
Dia kan papi'y indah.
emoticon-Malu emoticon-Malu
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Ane mah muak ama orang suka obral janjiemoticon-Goyangemoticon-Goyang

Halo papiemoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Quote:


Iyakah? Wah jadi idenya muncul terus nih
Semoga bukan janji aja
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Quote:


Wkwkwk..
Tapi orang pada seneng diobralin janji.
Kek dibawa terbang tinggi ke atas langit.
Teruss...


Gedebuk jatuh dari kasur.
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang

Quote:


Aamiiinnn...
Semoga bisa terealisasikan untuk 5 tahun ke depan.
emoticon-Shakehand2
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Wkwkwkww klo jatuh di kasur, empuk. Kalo jatuh ketiban tangga kegenjet pintu, kelindes gajah gimanaemoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Quote:


Amsyiong dah,,
Sakit'y udah berlapis-lapis ntuh.
G' bisa diobatin secara manual.
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Wkakaka sapa suruh doyan makan janjiemoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di