alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Gerah atau Malas? Ini Tips Pakai Jilbab Paling Ampuh Buat Muslimah!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9f14eec9518b2a9851c0d4/gerah-atau-malas-ini-tips-pakai-jilbab-paling-ampuh-buat-muslimah

Gerah atau Malas? Ini Tips Pakai Jilbab Paling Ampuh Buat Muslimah!

Gerah atau Malas? Ini Tips Pakai Jilbab Paling Ampuh Buat Muslimah!

Hai, Hallo, Assalamualaikum!

Sebelum lanjut, aku memang menyarankan banget buat kalian—terutama Muslimah—untuk baca Thread ini sampai selesai. Biasanya, kalau buat sesama cewek, keluhannya nyaris sama. Eits, bukan berarti bacaan ini khusus cewek saja, ya. Cowok juga boleh. Anak-anak, remaja, dewasa. Asalkan, satu, don't be narrow-minded and ready to accept content!


Hijab dalam Islam punya arti lumayan luas. Hijab sebenarnya berarti tata cara berpakaian menurut Islam yang baik dan menutup aurat. Cuma, makin ke sini, kebanyakan kalau kita bilang; hijab, maka banyak yang mengartikan itu sebagai penutup kepala, atau kerudung, atau kain yang dijuntaikan menutupi kepala hingga bagian dada.

Lebih tepatnya, untuk mengatakan penutup rambut yang menjuntai hingga dada adalah Jilbab. Satu jenis pelengkap pakaian sehari-hari yang sudah banyak diburu sekarang ini. Tapi, sayangnya, hanya buat bepergian saja.

Kalau pas ditanya, “kapan ingin hijrah?”
Pasti, banyak yang jawab—ingin. Tapi sekali lagi, banyak yang menjadi pertimbangan hingga tidak sedikit yang memilih mundur. Dengan alasan.., terlalu gerah, terlalu ribet, bakal minim gerak, belum bisa memperbaiki sifat, penampilan jadi mirip ibu-ibu.

Bukannya setiap cewek itu calon ibu, ya?


Karena Thread ini mencakup tips—sesuai judul—maka, let's go buat menghabiskan bacaan yang super ringan tapi Insya Allah berfaedah ini.
Memakai Jilbab tidak sesulit dan serumit yang Kalian sangkakan saat hanya melihat saja. Berikut caranya;


1. Pahami Kegunaan Hijab Itu Sendiri
Gerah atau Malas? Ini Tips Pakai Jilbab Paling Ampuh Buat Muslimah!
Bagi cewek, dengan memakai jilbab panjang (syar'i) sebenarnya punya kegunaan yang menguntungkan, loh. Apalagi, bagi yang menginginkan kulit sehat dan putih. Jilbab yang terbuat dari tenunan rapat bisa menjadi penghalang bagi sinar matahari untuk menembus kulit.


2. Baca Hadist Tentang Jilbab

Gerah atau Malas? Ini Tips Pakai Jilbab Paling Ampuh Buat Muslimah!
Jika Kalian kekurangan motivator dalam berhijrah, jangan berkecil hati. Allah telah menurunkankan banyak ayat untuk bekal perjalanan kalian untuk lebih dekat kepada-Nya; menjalankan syariat menutup aurat sesuai perintah-Nya. Hal ini juga merupakan bagian kecantikan dalam Islam.

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita Muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. al-Ahzab : 59)

“Ada dua golongan penghuni neraka, yang aku tidak pernah melihat keduanya sebelumnya. Wanita-wanita yang telanjang, berpakaian tipis, dan berlenggak-lenggok, dan kepalanya digelung seperti punuk onta. Mereka tidak akan masuk surga, dan mencium baunya. Dan laki-laki yang memiliki cambuk seperti ekor sapi yang digunakan untuk menyakiti umat manusia“ [HR. Imam Ahmad].

Beliau kembali bersabda, ” Wahai anakku Fatimah! Adapun perempuan-perempuan yang akan digantung rambutnya hingga mendidih otaknya dalam neraka adalah mereka itu di dunia tidak mau menutup rambutnya daripada dilihat oleh lelaki yang bukan mahramnya. [Hadis riwayat Bukhari dan Muslim]

“Allah senantiasa merahmati para wanita yang memakai seluar panjang (di sebelah dalamnya).” [Riwayat Al-‘Uqayli, Dar Qutni dari Abu Hurairah, Musannaf Abd Razak, no 5043; Kanzul Ummal, no 41245]


3. Berniat Memakai Hijab

Pada dasarnya, berniat sebelum melakukan sesuatu itu penting, terutama dalam Islam. Kenapa penting? Sebab Islam mengajarkan segala sesuatu perbuatan itu dinilai oleh Allah sesuai niatnya.

Saking pentingnya, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda,
Dari Amirul Mu’minin, (Abu Hafsh atau Umar bin Khaththab radiallahu ’anhu) dia berkata: ”Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wassalam bersabda: ’Sesungguhnya seluruh amal itu tergantung kepada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai niatnya. Oleh karena itu, barang siapa yang berhijrah karena Allah dan Rosul-Nya, maka hijrahnya kepada Alloh dan Rosul-Nya. Dan barangsiapa yang berhijrah karena (untuk mendapatkan) dunia atau karena wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya itu kepada apa yang menjadi tujuannya (niatnya).


4. Dekatkan Diri Pada Allah
Tanpa manusia sadari, sebenarnya, Ia sering mendekati hamba-Nya lewat petunjuk dan limpahan nikmat yang tidak terhingga. Itulah makna dari kedekatan Allah kenapa umat-Nya. Dan manusia, juga bisa mendekatkan diri kepada-Nya secara rohani, yaitu dengan mengimani sifat-sifat Allah, belajar menjauhi larangan dan mendahulukan anjuran dari-Nya meski sekecil apa pun.


5. Sabar
Gerah atau Malas? Ini Tips Pakai Jilbab Paling Ampuh Buat Muslimah!
Loh, kenapa harus sabar? Sebab hijrah itu tidak mudah. Apalagi Istiqomah. Lagi-lagi, kita harus meniatkan ini khusus hanya kepada-Nya. Jangan heran jika banyak lika-liku di tengah jalan. Sampai perasaan untuk “mundur” mulai meluruhkan keinginan hijrah kalian. Tetap sabar, terus berdoa dan semangat. Hiasi pikiran dan hati dengan banyak hal-hal positif.


6. Pilih Bahan Hijab Yang Nyaman
Semakin majunya generasi, telah muncul banyak jenis-jenis bahan jilbab. Dari yang murah, sedang sampai mahal. Tidak perlu memaksakan kantong. Asal sudah syar'i dan nyaman dipakai. Berikut jenis jilbab yang ringan, tidak menerawang tapi juga nyaman;

a. Katun
Bahan ini paling sering dicari dan dipakai saat cuaca panas. Bahan ini tidak membuat gerah, di kulit terasa sejuk sebab bahannya bisa bernapas.

b. Linen
Bahan ini juga pas buat kondisi panas sebab seratnya terbuat dari tanaman rami. Di kulit terasa nyaman, apa lagi saat disentuh akan terasa lembut. Sayangnya, jenis kain ini, mudah kusut.

c. Rayon
Sama seperti katun, bahan rayon juga nyaman dan sejuk dipakai.

d. Wolfis
Kalau Author, suka pakai bahan wolfis, atau biasa disebut wollpeach. Tidak jauh berbeda dengan bahan katun, bahan wolfis nyaman untuk jilbab juga gamis. Kain jenis ini juga tebal dan tidak menerawang. Biasanya, tingkatannya beda-beda. Agak mahal kalau untuk grade A. Kalau Author sendiri, entah lah grade apa. Bahkan belinya cuma di pasar, hehe. Terkadang online kalau nemu yang harganya terjangkau.

e. Voal
Bahan voal Iki sering ditemui pada model jilbab printed scarf. Masih sejenis sama bahan katun, kok, hanya saja lebih tipis dan ringan. Bahan voal Iki sering disebut Premium-nya bahan Paris, dan sempat jadi bahan hijab terfavorit.


7. Sesuaikan Jilbab dengan Selera

Gerah atau Malas? Ini Tips Pakai Jilbab Paling Ampuh Buat Muslimah!
Sesuaikan dengan selera, biar nyaman dan tidak merasa terbebani saat memakainya. Bisa pilih warna sesuai selera. Ada juga model jilbab instan, pasmina, dll.


8. Jangan Pilih Model Yang Ribet

Kalau ini, sebenarnya, sesuai keinginan masing-masing. Terkadang, bagi wanita yang sudah punya momongan, pasti tidak suka dengan model jilbab yang ribet. Lebih suka jilbab instan, tinggal langsung pakai dan tanpa taruh jarum sana-sini.


9. Lakukan Mix n Match

Biar tetap enak dipandang, boleh lah lakukan mix and match. Meski, tidak semua orang suka begitu. Author sendiri, suka tubruk warna, hehe. Asal, tidak terlalu mencolok.


10. Sediakan Stock Jilbab

Ini juga penting sekali. Terkadang, lagi enak-enak santai, tiba-tiba ada tamu. Terus, lupa taruh jilbab di mana. Alhasil, lari pontang-panting dan tidak jarang, main tarik jilbab dari lemari. Jadinya, berantakan, deh.

Maka dari itu, sediakan jilbab di tempat-tempat khusus. Kamar, samping TV, dapur, ruang tamu, hehe. Itu tergantung sisi-kondisi, ya. Tergantung kalian masing-masing juga.


11. Sediakan Stok Jarum Pentol, Handsock, Inner Jilbab

Sama seperti kasus No. 10 kalau ini. Bisa jadi, jarum tiba-tiba jatuh, Inner jilbab basah atau handsock hilang sebelah. Pokoknya, harus berjaga-jaga.


12. Terus Memotivasi Diri
Gerah atau Malas? Ini Tips Pakai Jilbab Paling Ampuh Buat Muslimah!
Jika di suatu hari, semangat berapi-api kalian tiba-tiba kendur, jangan panik. Terus charge hati, pikiran dan diri kalian dengan kajian-kajian islami, tentang keuntungan pakai jilbab, pahala dan siksa di neraka bagi kaum yang tidak melaksanakannya. Dengan begitu, pasti kalian terdorong lagi.


13. Lakukan Sekarang Juga!

Jangan tunggu lama-lama. Yakinlah, hidayah itu dicari, bukan ditunggu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mycatmikey dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iselfiawrds
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Saya ada niat berhijab juga sist, doakan saya biar kelak berhijab dengan sungguh-sungguh ya?

nice info sist🙏😊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 2 lainnya memberi reputasi
Alhamdulilah, semoga dilancarkan niatnya.
nah ini buat ayang mbeb
profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
udah berhijab sejak sd, tapi istiqomahnya waktu SMA sampai sekarang
alhamdulillah :"
profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
Quote:


Alhamdulilah emoticon-Big Kiss
Ane udah berjilbab tapi masih sering pakai jilbab segi empat itu sih tapi tetap ane usahakan menutup dada, bajunya sering pakai tunik, pakai gamis dan berkerudung besar (busana syar'i)biasanya kalau pas mau ke pengajian..
profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
Niat & tindakan, itu utama Sist...
profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
Quote:


Semoga bisa makin syar'i ya, Kak. Semuanya butuh proses, kok. Dan aku sendiri paham, hijrah emang enggak gampang. 😊
Quote:


Betul emoticon-Big Kiss
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
wah makasih gan infonya, jadi ga bosen bosen ga ngeluh lagi deh kalo berhijab hehee
profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
Quote:


Ohoo, siap. Tp ngeluh itu manusiawi, kok. emoticon-Big Kiss
ane sih ga pernah gerah make kerudung, intinya balik ke niat masing2 ajaa emoticon-Smilie
Quote:


Kan ada juga daerah yg panasnya minta ampun, kak. emoticon-I Love Indonesia iya tapi kalau udah niat, sepanas apapun tetep dingin rasanya emoticon-Big Kiss
Lihat 1 balasan
Balasan post iselfiawrds
tempat ane skrg kebetulan salah satu kota terpanas di indonesia kok wkwkwkw, gerah sih tp gerahnya msh bisa ditahan gituu
Quote:


Hehe iya. Makanya yang lain harus semangat juga. Bisa jadi motivasi kan. Yang daerahnya panas aja masih bisa nahan panas. emoticon-Cendol Gan
wah nice info buat saudari2 yang berhijab nih gan.... mantap
profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
Quote:


emoticon-Cendol Gan
nice thread nih tipsnya cocok banget buat sista - sista sekalian yang pake hijab...
Quote:


Buat semuanya ini. Bukan buat yg pke hijab aja emoticon-Keep Posting Gan


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di