alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Perpres 63/2019 Diteken, Perumahan Hingga Hotel Wajib Pakai Bahasa Indonesia!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9dd471018e0d25475f887e/perpres-63-2019-diteken-perumahan-hingga-hotel-wajib-pakai-bahasa-indonesia

Perpres 63/2019 Diteken, Perumahan Hingga Hotel Wajib Pakai Bahasa Indonesia!

Perpres 63/2019 Diteken, Perumahan Hingga Hotel Wajib Pakai Bahasa Indonesia!

Assalamualaikum

Halo Agan dan Sista, ketemu lagi kita di thread ane. Ane doakan semoga Agan dan Sista dalam keadaan sehat dan sejahtera. Keragaman suku bangsa dan etnis yang ada di Indonesia tentunya membuat kekayaan bahasa daerah juga. Setiap daerah pastinya mempunyai bahasa dan logat yang berbeda pula. Contoh, ya, GanSist, meskipun sama-sama berbahasa Jawa, tapi logat dan kosakatanya juga berbeda. Misal ane di Jepara bahasa Jawa-nya beda dengan yang tinggal di Tegal atau Yogyakarta. Makanya terciptalah bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa. Bahasa yang mudah dimengerti oleh semua warga +62.

Baru-baru ini Presiden Joko Widodo telah menandatangani Perpres 63/2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia. Emang apa seh isinya? Perlu Agan dan Sista ketahui bahwa isi dari Perpres 63/2019 salah satunya adalah mewajibkan penamaan bangunan, sarana transportasi, dan jalan menggunakan bahasa Indonesia. Perpres 63/2019 yang baru diteken pada tanggal 30 September 2019 lalu, otomatis mencabut Perpres Nomor 16 tahun 2010 yang diteken Susilo Bambang Yudhoyono tentang Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pidato Resmi Presiden dan/atau Wakil Presiden Serta Pejabat Negara Lainnya.

Quote:

Penggunaan Perpres ini berlaku untuk penamaan baru atau tempat lama jikalau ingin mengganti nama baru.

Penggunaan bahasa daerah atau bahasa asing masih bisa kok, GanSist, tapi harus memenuhi syarat. Bisa menggunakan bahasa daerah atau bahasa asing jika memenuhi nilai sejarah, adat, istiadat, budaya, dan keagamaan.

Ane sering banget, tu, liat nama-nama hotel yang menggunakan bahasa asing. Emang lebih keren, seh, keliatannya. Pendapat GanSist sendiri bagaimana dengan terbitnya Perpres 63/2019? Ane pribadi, seh, setuju aja, agar bahasa Indonesia lebih populer lagi.

Ngomongin tentang penggunaan bahasa Indonesia, seiring perkembangan zaman, bahasa-bahasa gaul pun banyak tercipta, bahasa-bahasa alay generasi zaman now istilahnya.

Menjamurnya bahasa alay generasi milenial membuat ane kadang bingung juga, GanSist. Banyak plesetan-plesetan dari bahasa Indonesia, misal santuy yang baru-baru ini lagi gencar, miapa, ciyus, dan lain-lainnya. Dan banyak juga lho yang menggunakan bahasa-bahasa nyeleneh guna menarik perhatian.

Semoga bahasa Indonesia tetap terjaga hingga ke anak cucu meskipun bahasa-bahasa gaul menjamur.

Ane pamit undur diri, sampai ketemu lagi di thread ane selanjutnya. Mohon maaf jika ada salah kata. Jangan lupa tinggalkan jejak cendol, rate, dan subscribe-nya. Terima kasih, salam hangat, dan selamat beraktifitas.



Sumber : Link, Link
profile-picture
sonyreswanto memberi reputasi
Diubah oleh iissuwandi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
amankan
profile-picture
sonyreswanto memberi reputasi
jaman suharto udah ada peraturan ini. dulu ada indomart, jadi indomaret. lippobank jadi bank lippo. bank central asia jadi bca. apartemen park royale jadi puri raya dlll.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Makasih infonya Ganemoticon-terimakasih
mantap...
maju terus emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Ashiaap Ganemoticon-I Love Indonesia


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di