alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Sang Ibu Tak Menyangka, Gracie Terkena Stroke di Usia 10 Tahun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9dcfd78012ae45861ecae6/sang-ibu-tak-menyangka-gracie-terkena-stroke-di-usia-10-tahun

Sang Ibu Tak Menyangka, Gracie Terkena Stroke di Usia 10 Tahun

Sang Ibu Tak Menyangka, Gracie Terkena Stroke di Usia 10 Tahun
Liputan6.com, Jakarta Gracie Whittick, tiba-tiba pingsan di kamar mandi ketika sedang bersiap untuk pergi ke sekolah. Sang ibu, Hayley Clark tidak pernah menduga putrinya terkena stroke di usia 10 tahun.

"Semuanya benar-benar tiba-tiba. Tidak ada tanda-tanda sama sekali, dia baik-baik saja sebelumnya," kata Hayley pada kantor berita Inggris, South West News Service, dikutip Fox News pada Selasa (8/10/2019).

Kejadian itu sangat cepat. Ibu tunggal itu melihat sisi kanan wajah putrinya terkulai. Anak itu juga tak bisa mengangkat dan menggerakkan lengan atau kakinya. Segera, petugas medis dipanggil.

Dia dibawa ke Queen Elizabeth Hospital King's Lynn di Norfolk, Inggris. Para dokter menemukan adanya darah menggumpal di bagian kiri otak Gracie yang menyebabkan anak itu terkena stroke. Mereka tidak tahu apa yang membuat gumpalan tersebut.

"Dokter masih tidak tahu mengapa itu terjadi," kata Hayley setelah putrinya menjalani operasi selama tiga jam untuk menghilangkan 96 persen gumpalan darah.
sumber

Penyebab Stroke Ringan dan Cara Mengatasinya, Kamu Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Penyakit stroke sudah menjadi penyakit yang banyak diderita orang saat ini. Menurut Kementerian Kesehatan, Indonesia adalah negara dengan jumlah penderita stroke terbesar di Asia. Mirisnya, satu dari tujuh orang meninggal karena stroke di negara ini.

Gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga, dan banyak mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi akan menimbulkan stroke ringan. Banyak orang yang mengabaikan penyebab stroke ringan dan baru menyadarinya ketika mereka atau orang yang disayangi sudah terserang stroke. Sebebarnya Penyebab stroke ringan dapat dikenali dan dapat dihindari sedini mungkin.

Berikut penjelasan mengenai penyebab stroke ringan dan cara mengatasinya yang berhasil liputan6.com rangkum dari Klikdokter, Senin (4/2/2019).

Penyebab Stroke Ringan
Penyebab stroke ringan adalah tersumbatnya suplai darah pada otak yang dapat menyebabkan perubahan pada kemampuan kontrol motorik tubuh.

Penyebab stroke ringan bisa terjadi akibat sumbatan atau pecahnya pembuluh darah menuju otak yang menyebabkan kerusakan sel-sel otak sehingga kehilangan fungsinya.

Berdasarkan letak pembuluh darah otak yang terkena, gejala khas yang umum ditemukan adalah keluhan lemahnya sisi tubuh dan bicara pelo yang berlangsung selama lebih dari 24 jam.

Kebanyakan kasus stroke ringan gagal mendapatkan pengobatan yang tepat sehingga kelumpuhan total terjadi sangat cepat. Hal ini disebabkan individu yang tak sadar Penyebab stroke ringan dan mengabaikan tanda serta gejala dari stroke.

Bahkan dalam sebuah penelitian terhadap 1.000 pasien stroke di Inggris, mereka tidak menyadari kalau sebelumnya sudah pernah mengalami serangan stroke ringan atau transient ischemic attack (TIA).

TIA atau stroke ringan berlangsung hanya dalam beberapa menit. Meski Penyebab stroke ringan tidak berupa gangguan yang parah, tetapi sekitar 70 persen pasien mengaku tidak mengalami gejala dan tanda.

Inilah yang membuat mereka tidak segera mendapat penanganan dalam waktu tiga jam.
Alhasil, menurut stroke specialist Larry B. Goldstein, MD, penanganan yang terlambat menyebabkan TIA berlanjut pada stroke berat dalam waktu sepuluh hari.

Gejala Stroke Ringan
Pada keadaan stroke ringan, seorang akan mengalami gejala yang tidak menyerupai keluhan klasik dari stroke.

Berikut ini beberapa gejala stroke ringan dari pernyataan dr. Alvin Nursalim, SpPD dikutip dari Klikdokter oleh liputan6.com, Senin(4/2/2019).
  1. Kesulitan berbicara
    Stroke ringan dapat menyerang bagian otak tertentu. Salah satunya adalah bagian otak yang berkaitan dengan saraf lidah untuk bicara.

    Karena kelumpuhan saraf lidah, maka lidah dapat tertarik ke salah satu sisi dan menyebabkan kesulitan dalam mengucapkan kata-kata. Seorang dengan gangguan ini akan menunjukkan gejala gangguan berbicara.
    Pandangan kabur

    Apabila kerusakan saraf terjadi pada bagian otak yang bertugas untuk penglihatan, maka penderita akan merasa pandangan menjadi kabur. Keluhan atau gejala ini biasanya terjadi secara tiba-tiba dan dapat bersifat permanen atau sementara.

  2. Sakit kepala
    Sakit kepala dapat menjadi tanda awal dari penyakit stroke. Pecahnya pembuluh darah akan menyebabkan peningkatan volume otak dan akhirnya menyebabkan peningkatan tekanan di dalam tengkorak.

  3. Kesemutan
    Penyumbatan pembuluh darah pada stroke dapat menyebabkan kerusakan pada bagian otak manapun dan menyebabkan gejala yang bervariasi. Salah satu gejala yang dapat dikeluhkan adalah kesemutan.

    Karena itu, jangan anggap sepele keluhan kesemutan atau mati rasa, khususnya pada pasien diabetes dan tekanan darah tinggi.
    Jika seseorang terkena stroke, maka tingkat kerusakan yang dialami oleh otak bergantung pada kecepatan penanganan terhadap stroke. Semakin cepat stroke dikenali dan ditangani, maka kerusakan otak yang terjadi dapat dibatasi.

Cara lain mengenali gejala stroke
Ada cara lain yang mudah untuk mengenali gejala stroke. Ingatlah kata FAST, masing-masing terdiri dari singkatan gejalanya:
  1. F atau Face (wajah)
    Mintalah orang tersebut untuk tersenyum. Apakah ada sisi sebelah wajah yang tertinggal? Apakah wajah atau matanya terlihat jereng atau tidak simetris? Jika ya, orang tersebut mungkin saja sedang mengalami stroke.

  2. A atau Arms (tangan)
    Mintalah orang tersebut untuk mengangkat kedua tangan. Apakah ia mengalami kesulitan untuk mengangkat salah satu atau kedua tangannya? Apakah salah satu atau kedua tangannya dapat ditekuk?

  3. S atau Speech (perkataan)
    Mintalah orang tersebut untuk berbicara atau mengulangi suatu kalimat. Apakah bicaranya terdengar tidak jelas atau pelo? Apakah ia kesulitan atau tidak berbicara? Apakah ia memiliki kesulitan untuk memahami yang Anda katakan?

  4. T atau Time (waktu)
    Jika ia memiliki seluruh gejala yang disebutkan di atas, orang tersebut mungkin mengalami stroke. Selalu ingatlah bahwa stroke merupakan kasus yang darurat. Anda harus segera membawa orang tersebut ke rumah sakit. Ingatlah juga untuk mencatat waktu kapan orang tersebut mengalami gejala-gejala itu. Untuk membantu dokter dalam menentukan terapi.

Kenali juga gejala stroke lainnya seperti:
  1. Pingsan
  2. Kehilangan kesadaran
  3. Kelumpuhan tiba-tiba wajah, tangan atau kaki, terutama pada sisi sebelah tubuh
  4. Kesulitan melihat dengan salah satu atau kedua mata
  5. Kesulitan berjalan
  6. Gangguan koordinasi atau keseimbangan

Cara mengatasi Stroke Ringan
Gangguan fungsi dan keterampilan yang ditimbulkan akibat stroke ringan masih dapat dipulihkan dengan proses rehabilitasi seperti terapi. Terapi ini terdiri dari:
  1. Terapi fisik
    Belajar berjalan, duduk, berbaring, perubahan dari satu gerak ke gerak lain.
    Terapi okupasi - belajar makan, minum, menelan, berpakaian, mandi, membaca, menulis, buang air.

  2. Terapi wicara
    Belajar keterampilan bahasa dan komunikasi. Komunikasi non verbal dengan bahasa tubuh dapat diterapkan sebelum dapat menggunakan komunikasi verbal (berbicara).

  3. Terapi psikologis/psikiatrik
    Untuk membantu meringankan stres mental dan emosional (seperti depresi) yang umumnya menyertai penderita stroke. Keadaan ini bisa timbul baik sebagai akibat lokasi kerusakan otaknya atau sebagai bentuk reaksi penderita terhadap stroke.

Sumber
https://www.liputan6.com/health/read...amu-wajib-tahu

Dari beberapa Kasus Stroke yang saya temui, SEMANGAT Pasien adalah Faktor yang sangat penting untuk PEMULIHAN.

KunjungiWebKami
FisioterapiKeRumah

Info yang lain :
Tidur kurang dari 6 jam, Penyakit Jantung & Stroke
Shailene Woodley dgn Scoliosis (Tulang Bengkok) Semangat & Bersyukur
BAYI juga Bisa Terkena STROKE, lho!
Terlalu Lama Main PUBG, Remaja 19 Tahun Kena STROKE
10 Tips Pemulihan STROKE untuk Membantu Selama Proses Penyembuhan
Latihan Sederhana untuk Sakit Leher atau Nyeri Leher
Kemungkinan Penyebab Sakit Leher dan Kesemutan di Tangan apakah SPONDYLOSIS CERVICAL ??
25 kemungkinan penyebab Kesemutan pada Tangan dan Kaki
10 Alasan Mengapa Fisioterapi Diperlukan
Pengertian Stroke & Jenisnya
Menjawab PERDEBATAN Emak-emak Rumpi & Babe-Babe, Perbedaan Lumpuh Wajah dengan Stroke
Diubah oleh fisiohomejkt.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
gracie siapa sih gan kok ane mau baca beritanya ga ada. agan apa ada tanda2 dan gejala yg sama? buru aja konsultasi dokter ke Halodoc dulu gan. bisa sekarang juga tanya, ada dokter online di Halodoc sih. jadi bisa tertangani lebih cepat, itu kunci stroke bsia pulih kembali.
profile-picture
fisiohomejkt. memberi reputasi
Quote:


Terimaksih masukannya emoticon-Blue Guy Smile (S)
Saya lupa memasukan beritanya, sudah saya perbaiki.
Terimakasih
Mantap


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di