alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Cara mengatasi depresi di tempat kerja agar tak semakin larut
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9dca9e8d9b177cd8568720/cara-mengatasi-depresi-di-tempat-kerja-agar-tak-semakin-larut

Cara mengatasi depresi di tempat kerja agar tak semakin larut

Cara mengatasi depresi di tempat kerja agar tak semakin larut
Tau enggak sih gan, banyak pekerja yang tidak memahami cara mengatasi depresi di tempat kerja? Padahal depresi bisa berdampak buruk sama kinerja agan, lho.

Agan bisa kehilangan motivasi ketika bekerja, konsentrasi, hingga menurunnya performa bekerja karena depresi yang berlarut.

Nah, supaya agan-agan di sini enggak merasakan hal yang ane sebutin tadi, perhatiin beberapa cara di bawah ini yang bisa agan lakukan untuk mengatasi depresi, ya!

1. Mengatur strategi untuk menyelesaikan tugas
Semudah apapun pekerjaan yang sedang agan tangani, akan terasa sulit dilakukan kalau agan sedang mengalami gejala depresi. Sayang bukan? Apalagi kalau itu merupakan proyek yang besar.

Saran dari ane, nih gan! Agan bisa mencoba untuk menguraikan proyek-proyek yang ingin dijalani mulai dari yang kecil hingga yang besar dan yang lebih spesifik.

2. Pahami penyebabnya
Beban pekerjaan merupakan penyebab dari depresi. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau ada faktor lain yang menyebabkan stres berlarut-larut hingga berakhir pada depresi.

Nah, faktor yang ane maksud tadi misalnya seperti tidak adanya keseimbangan antara dunia kerja, kehidupan sehari-hari, posisi pekerjaan, hingga perbedaan visi pada perusahaan.

3. Ungkapkan saja hal apa yang membuat agan depresi
Agan-agan di sini pasti setuju dong kalau karier itu merupakan hal yang penting? Tapi menurut ane yang lebih penting lagi itu kesehatan mental. Pada akhirnya, depresi yang berlarut-larut bisa menurunkan motivasi kerja, lho.

Langkah pertama yang bisa agan lakukan itu adalah menyampaikan kepada rekan kerja tentang tanda-tanda depresi yang agan rasakan. Kalo perlu, sampaikan juga masalah kesehatan agan kepada atasan untuk mendapatkan solusi yang tepat.

4. Cari teman yang bisa dipercaya
Sulit untuk menghadapi depresi seorang diri, agan membutuhkan teman yang bisa diandalkan dan dipercaya. Teman dekat agan merupakan wadah terbaik untuk bercerita mengenai masalah mental agan.

Enggak harus sama teman atau rekan kerja sih, gan. Agan juga bisa bercerita kepada manajer, HR atau siapapun yang bisa mendukung agan tentang masalah ini.

Sepenting-pentingnya pekerjaan agan, bukanlah suatu alasan untuk mengabaikan masalah kesehatan, ya gan! Daripada memaksakan diri untuk menjalani rutinitas bekerja yang melelahkan, cobalah untuk membuat diri agan lebih rileks lagi dengan beristirahat yang cukup.

Supaya lebih mudah untuk menghilangkan depresi yang berlarut-larut, agan bisa mempelajarinya lagi di sini, ya!

Semoga berhasil, gan!
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di