alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Perencanaan Keuangan /
Cara mengatur keuangan Bagi First Jobber Agar Bisa Investasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d5801337f9331cf366b41/cara-mengatur-keuangan-bagi-first-jobber-agar-bisa-investasi

Cara mengatur keuangan Bagi First Jobber Agar Bisa Investasi

Lulus dari bangku kuliah dan mendapatkan pekerjaan pertama adalah pengalaman yang tak terlupakan bagi seseorang. Anda yang sedang berada pada fase ini pasti paham betul rasanya. Kini Anda punya tanggung jawab baru dan pola hidup yang juga betul-betul baru.

Jika sebelumnya kehidupan finansial Anda bergantung pada keluarga, kini Anda punya penghasilan sendiri dan harus menentukan cara mengatur keuangansecara mandiri. Seringkali gaji first jobber tidak terlalu besar sehingga habis untuk memenuhi kebutuhan primer dan tersier sehari-hari.

Investasi adalah salah satu cara untuk menambah penghasilan, meskipun tetap tak mudah memulainya dengan penghasilan yang belum terlalu besar. Cara mengatur keuangandi bawah ini mungkin bisa Anda coba agar bisa segera berinvestasi sedini mungkin:

-         Sewa Tempat Tinggal yang Harganya Terjangkau

Jika jarak kantor dan rumah membuat Anda harus menyewa tempat tinggal, maka pilihlahh yang hargaya terjangkau. Tentu saja ini bukan berarti Anda harus mengabaikan faktor kenyamanan. Namun tak bisa dipungkiri bahwa salah satu pengeluaran terbesar first jobber adalah di sewa tempat tinggal.

Usahakan harga sewa tempat tinggal tidak lebih dari 1/3 gaji. Dengan harga yang dimaksud, pastikan tempat tinggal yang disewa tetap bersih, memiliki sirkulasi udara yang cukup, dan juga aman dari berbagai gangguan.

-         Minimalisir Pengeluaran untuk Transportasi

Jika memungkinkan, sewalah tempat tinggal yang memungkinkan Anda untuk berjalan kaki ke kantor. Hal tersebut akan menghilangkan pengeluaran untuk transportasi. Uang yang seharusnya digunakan untuk biaya transport bisa Anda alihkan untuk investasi.

Kalaupun harus naik kendaraan usahakan untuk menggunakan transportasi umum. Meskipun akan memakan waktu lebih lama, pilihan jenis ini jelas jauh lebih hemat ketimbang menggunakan ojek online atau pilihan transportasi lainnya.

Memiliki tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja juga memiliki keuntungan lain. Tak hanya hemat uang, Anda juga bisa menghemat waktu dan tenaga yang harus digunakan untuk perjalanan. Risiko mengalami kecelakaan pun jauh lebih minim.

-         Hindari Pengeluaran yang Tidak Perlu

Cara mengatur keuanganberikutnya yang relative sulit dijalankan adalah menghindari kebiasaan jajan yang impulsive dan berlebihan. Biasanya keinginan ini semakin sulit dikendalikan ketika banyak promo bertebaran yang muncul di tanggal gajian.

Jajan memang tak ada salahnya. Namun ada baiknya Anda membatasi jatah jajan setiap bulan. Berkomitmenlah terhadap diri sendiri bahwa Anda tidak akan jajan melebihi budget yang disediakan. Jangan lupa mendahuluinya dengan membuat daftar prioritas.

-         Terapkan Skema 70:30

Anda pasti sudah sering mendengar tentang cara mengatur keuanganyang satu ini. Bagaimanapun trik ini memang cukup ampuh. Cobalah sisihkan 70% penghasilan Anda untuk memenuhi segala kebutuhan dalam sebulan. Sementara 30% lagi bisa Anda gunakan untuk menabung atau memulai investasi.

Ketika memulai menjalankan skema ini Anda mungkin akan menemukan godaan untuk menggunakan uang yang 30% tersebut. Cara untuk mengakalinya adalah dengan membuat rekening terpisah. Simpan rekening tersebut baik-baik hingga benar-benar dibutuhkan.

Jika skema 70:30 ini dirasa terlalu berat, Anda bisa mencoba skema 60:40. Pembagiannya kurang lebih sama, 60% untuk memenuhi kebutuhan dan 40% untuk menabung dan investasi.

-         Pelajari Berbagai Jenis Investasi

Selain menerapkan cara mengatur keuangandi atas, Anda perlu mulai mempelajari berbagai bentuk investasi yang ada. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dan coba pertimbangan jenis investasi mana yang paling cocok untuk Anda.

Investasi jangka pendek adalah yang paling direkomendasikan untuk para first jobber. Selain lebih minim risiko, modal yang dibutuhkan untuk memulai investasi juga rleatif lebih kecil. Jenis investasi jangka pendek salah satunya adalah emas.

Saat ini ada banyak cara mudah yang bisa dimanfaatkan untuk investasi emas. Anda hanya butuh aplikasi dari ponsel dan beberapa dokumen yang sama sekali tak sulit untuk disiapkan. Tak ada lagi alasan untuk menunda investasi.

-         Menjaga Kestabilan Finansial dengan Asuransi

Sedetil apapun Anda merencanakan kehidupan finansial, ada saja hal-hal tak terduga yang datang. Misalnya jatuh sakit atau mengalami kecelakaan kerja yang pengobatannya memakan dana cukup banyak.

Asuransi adalah cara terbaik untuk menjaga kondisi finansial tetap stabil walaupun ada hal tak terduga yang terjadi. First jobber seringkali tergoda oleh adanya asuransi dari kantor. Padahal asuransi semacam itu biasanya memiliki keterbatasan coverage sehingga Anda tetap harus nombok ketika berobat.

Asuransi tambahan di luar asuransi kantor sangat penting untuk dimiliki. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memiliki asuransi yang memiliki nilai investasi seperti unit link. Atau jika unit link dirasa terlalu berat, Anda bisa mencoba menggunakan asuransi rawat inapdari PFI Mega Life.

Apabila Anda disiplin menjalankan cara mengatur keuangan tersebut, dalam beberapa bulan saja maka investasi sudah bisa dimulai. Jika Anda masih bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk memulai investasi, maka jawabannya adalah hari ini.



Diubah oleh septiano93
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di