Kaskus

News

libliibbAvatar border
TS
libliibb
Pengertian Digital Marketing dan Kegunaannya
Hallo selamat pagi/siang/sore/malam semua nya, jangan lupa untuk tersenyum dan mengawali hari dengan niat yaa..

Saya balik lagi nih bersama kalian untuk membahas tentang pengertian digital marketing dan kegunaannya bagi bisnis.

Sebelum mengetahui cara penggunaanya digital marketing Anda, terlebih dahulu harus mengetahui apa itu digital marketing.

Pengertian Digital Marketing dan Kegunaannya


Digital marketing atau pemasaran secara digital bisa dijelaskan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan berbagai macam taktik marketing dan media digital dimana Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktunya dengan online. Ada berbagai macam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran Anda, seperti Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dsb). Dari beberapa akses itulah mereka akan berkomunikasi kepada Anda.

Di dunia digital marketing Anda bisa membuat agar calon customer tertarik pada penawaran Anda. Anda bisa membuat iklan, email marketing, brosur online dan banyak lagi.

Taktik Digital Marketing dan Contohnya
Berikut ini ulasan singkat tentang beberapa taktik pemasaran digital yang cukup umum dan media yang terlibat dalam masing-masing pemasaran.

1. Seacrh Engine Optimization (SEO)
Pengertian Digital Marketing dan Kegunaannya

Ini adalah proses mengoptimalkan situs web Anda untuk mendapatkan “peringkat” lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari, sehingga meningkkat jumlah traffic organik (atau tidak berbayar) yang diterima situs web Anda. Media FF yang bermanfaat dari SEO meliputi:
- Website
- Blogs
- Infografis

2. Konten Marketing
Pengertian Digital Marketing dan Kegunaannya

Istilah ini menunjukkan pembuatan dan promosi aset konten dengan tujuan menghasilkan brand awareness, pertumbuhan traffic, perolehan prospek dan pelanggan. Media yang dapat digunakan untuk strategi konten pemasaran Anda, termasuk:
- Postingan Blog
- Ebook dan Artikel
- Infografis
- Brosur Online

3. Social Media Marketing
Pengertian Digital Marketing dan Kegunaannya


Mempromosikan merek dan konten Anda di media sosial untuk meningkatkan brand awareness, mengendalikan traffic dan menghasilkan prospek untuk bisnis Anda. Media yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran media sosial meliputi:
- Facebook
- Twitter
- linkedIn
- instagram
- Snapchat
- Pinterest
- Google+

4. Pay-Per-Klik (PPC)
Pengertian Digital Marketing dan Kegunaannya


PPC adalah metode untuk mengarahkan traffic ke web Anda dengan membayar setiap klik. PPC yang umum digunakan adalah Google AdWords, yang memungkinkan Anda membayar, dan mendapatkan slot teratas pada pencarian Google dengan harga “per klik”. Media lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan PPC yaitu :
- Facebok Ads
- Tweet promosi Twitter
- Pesan Sponsor LinkedIn

5. Affiliate Marketing
Pengertian Digital Marketing dan Kegunaannya


Sebuah jenis iklan dimana Anda dapat mempromosikan penawaran atau layanan orang lain di situs web Anda. Ada beberapa aplikasi Affiliate Marketing yaitu:
- Hosting video ads dengan Youtube
- Mengupload Link affiliate.

6. Native Ads
Pengertian Digital Marketing dan Kegunaannya


Native Ads mengacu pada iklan utama berisikan konten yang ditampilkan pada platform media bersama konten non-berbayar lainnya. Salah satu Postingan yang disponsori BuzzFeed contoh yang bisa Anda ikuti, tetapi banyak juga orang yang menganggap iklan di media sosial diragukan “keasliannya”- iklan Facebook dan iklan Instagram, misalnya.

7. Otomatis Pemasaran
Pengertian Digital Marketing dan Kegunaannya
Otomatisasi pemasaran mengacu pada perangkat lunak yang berfungsi untuk mengotomatisasi operasi pemasaran dasar Anda. Banyak departemen pemasaran dapat mengotomatiskan tugas-tugas berulang yang seharusnya mereka lakukan secara manual, seperti:


- Susunan postingan sosial media
- Mengupdate daftar kontak
- Memimpin alur kerja
- Laporan campaign

8. Email Marketing
Pengertian Digital Marketing dan Kegunaannya


Beberapa perusahaan menggunakan email marketing sebagai jembatan untuk berkomunikasi dengan customer. Email sering digunakan untuk mempromosikan konten, potongan harga dan sebuah acara. Serta mengarahkan calon customer untuk mengunjungi website Anda. Ada beberapa tipe email yang bisa Anda gunakan untuk melakukan campaign email marketing, yaitu:
- Pengikut bulletin blog
- Menindaklanjuti email pengunjung website yang menggunakan sesuatu
- Email sapaan untuk customer
- Promosi liburan untuk program pendapatan member
- Tips atau email yang serupa untuk pengasuhan konsumen.

Nah jadi gimana nih teman-teman? Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang baru saja belajar digital marketing. Sekian terima kasih  emoticon-Smilie

Spoiler for Referensi:





0
492
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan