alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Menurunkan Berat Badan Sambil Tidur? Bisa! Begini Caranya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d5330b84088558c255a2f/menurunkan-berat-badan-sambil-tidur-bisa-begini-caranya

Menurunkan Berat Badan Sambil Tidur? Bisa! Begini Caranya

Punya badan yang ideal pasti jadi dambaan semua orang. Namun, bagi sebagian orang hal tersebut memang lebih sulit dicapai. Segala macam diet dan olahraga harus dilalui untuk mencapai berat badan yang diinginkan atau menghilangkan perut yang buncit. Meski udah melakukan berbagai upaya, belum tentu juga usaha diet kita ini bakal sukses.



Menurunkan Berat Badan Sambil Tidur? Bisa! Begini Caranya


Sebetulnya, ada cara yang lebih mudah nih untuk menurunkan berat badan. Cara ini nggak mengharuskan kalian untuk beraktivitas atau mengatur pola makan. Kalian cuma perlu... tidur! Yap, dengan cara tidur yang benar, ternyata kita bisa membakar lemak yang cukup untuk menurunkan berat badan, Gan!

Dilansir dari situs Sleep Doctor, sebetulnya saat tidur tubuh kita tetap bekerja keras untuk memperbaiki sel-sel tubuh, mengembalikan fungsi sistem imun, dan mengatur ulang sel saraf dan jaringan otak. Pekerjaan ini membutuhkan banyak tenaga, sehingga selama kalian tidur tubuh sebetulnya akan terus-menerus membakar kalori. Seseorang dengan berat badan 75kg diperkirakan bisa membakar 440 kalori saat tidur selama 7 jam. Jumlah ini sama dengan jogging 40 menit di treadmill!


Menurunkan Berat Badan Sambil Tidur? Bisa! Begini Caranya

Eits, tapi nggak sesimpel itu juga. Kita tetap nggak bisa asal tidur dan menurunkan berat badan. Kualitas tidur kita harus baik, dan cara tidur kita juga harus diatur supaya pembakaran kalori dalam tubuh jadi lebih maksimal. Gimana caranya?

1. Tidur dalam kondisi gelap total


Menurunkan Berat Badan Sambil Tidur? Bisa! Begini Caranya

Tidur dengan kondisi gelap tanpa ada sedikit cahaya pun dipercaya bisa membantu tubuh menghasilkan melatonin, yakni hormon yang mendorong tidur jadi lebih efisien. Hormon ini biasanya baru diproses setelah matahari terbenam, dan sangat sensitif terhadap cahaya. Paparan cahaya yang sedikit dan dalam waktu singkat pun bisa menghambat produksinya. Produksi melatonin yang terhambat bisa mempengaruhi metabolisme tubuh seseorang, yang akhirnya berdampak pada pembakaran kalori yang nggak maksimal. 

Jadi, usahakan tidur dalam kondisi segelap mungkin, dan hindari paparan cahaya dari dalam maupun luar ruangan.

 

2. Tidur lebih awal

Tidur larut malam atau begadang bisa dikaitkan dengan peningkatan berat badan loh Gan! Salah satunya, begadang bisa memicu kita untuk ngemil yang nggak-nggak di tengah malam, seperti makanan manis atau makanan tinggi kalori.

Menurunkan Berat Badan Sambil Tidur? Bisa! Begini Caranya

Selain itu, dengan tidur lebih awal, kita punya lebih banyak waktu untuk tidur nyenyak yang mencapai tahap Rapid Eye Movement (REM). Faktanya, tubuh kita akan membakar lebih banyak kalori saat tidur nyenyak daripada saat hanya berbaring di tempat tidur. Semakin lama kita tidur, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar.

 

3. Jauhkan diri dari ponsel sebelum tidur


Menurunkan Berat Badan Sambil Tidur? Bisa! Begini Caranya

Masih terkait dengan melatonin, sinar biru yang terpancar dari ponsel juga bisa menekan produksi melatonin dalam tubuh. Terlalu banyak terpapar sinar biru saat malam hari bisa mengganggu kualitas tidur, kesehatan, bahkan bisa meningkatkan potensi kenaikan berat badan. Nggak hanya dari ponsel, sinar biru juga bisa terpancar dari televisi, dan layar digital lainnya. Jadi, sebelum tidur, matikan ponsel, TV, dan perangkat lainnya di sekitar kalian.

 

4. Tidur dalam ruangan dingin

Suhu kamar yang dingin dan adem saat tidur bakal membantu kita tidur lebih nyenyak, dan mencegah kita terbangun di tengah  malam karena gerah atau panas. Udara dingin selama tidur juga mendorong tubuh untuk membakar lebih banyak kalori.


Menurunkan Berat Badan Sambil Tidur? Bisa! Begini Caranya

Sejumlah studi telah membuktikan kalau kamar tidur yang dingin akan menstimulasi produksi brown fat atau lemak cokelat yakni jenis lemak baik yang bisa membakar energy atau kalori, dan bisa menjaga kesehatan metabolisme.

 

5. Minum teh hijau sebelum tidur


Menurunkan Berat Badan Sambil Tidur? Bisa! Begini Caranya

Minum teh di malam hari memang bisa menimbulkan efek yang menenangkan bagi tubuh. Tapi, nggak cuma itu, minum teh hijau sebelum tidur juga bisa membantu menurunkan berat badan, karena mengandung senyawa dan antioksidan yang bisa membantu membakar lemak tubuh. Salah satunya adalah epigallocatechin gallate (ECGC) yang bisa meningkatkan metabolisme.

Selain itu, kandungan L theanine pada teh hijau juga membantu mengurangi stress dan meningkatkan kualitas tidur.

 

Nah, itu dia Gan Sis, beberapa cara-cara tidur yang benar yang bisa membuat berat ba dan turun meski nggak melakukan apa-apa sambil tidur. Menurut ane simpel dan mudah banget dilakuin sih. Yuk dicoba!


Spoiler for sumur:


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di