alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Rekonstruksi Wamena dimulai akhir Oktober
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d264f10d2951a0427b3b5/rekonstruksi-wamena-dimulai-akhir-oktober

Rekonstruksi Wamena dimulai akhir Oktober

Rekonstruksi Wamena dimulai akhir Oktober
Sejumlah prajurit TNI dan Polri berjaga di Jalan Irian, Wamena, Papua, Selasa (8/10/2019).
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberi tenggat waktu dua minggu untuk pembersihan bangunan yang terdampak kerusuhan di Wamena, Papua. Setelah pembersihan rampung, maka proses rekonstruksi bakal mulai dilakukan.

“Kalau target saya kira secepatnya. Sekarang ini pembersihan sejalan dengan penanganan keamanan. Mudah-mudahan dua minggu ini bisa bersih,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai bertemu Presiden Joko “Jokowi” Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (8/10/2019) pagi.

Dari hasil pendataan tim PUPR dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah bangunan yang terdampak kerusuhan terdiri dari 44 kantor pemerintahan, 450 rumah toko (ruko), dan 165 rumah warga.

Kondisi kerusakan umumnya akibat terbakar. Sebanyak 10 kantor pemerintahan dalam kondisi rusak parah, sementara sebagian besar ruko hanya mengalami kerusakan pada bagian atapnya.

“Kalau yang atap-atap rusak itu langsung dikerjakan,” kata Basuki.

Seluruh proses rekonstruksi bakal melibatkan personel dari barisan Tentara Nasional Indonesia (TNI)—dengan memaksimalkan material lokal dan kontribusi pengusaha lokal.

Basuki bilang, keterlibatan personel TNI dalam proses rekonstruksi di Wamena dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi keamanan yang belum sempurna.

“Persoalannya siapa yang berani? Banyak yang kabur (pekerja) karena takut. Selain itu, kita butuh orang banyak supaya lebih cepat. Kalau saya bawa tukang dari luar kan susah juga,” katanya.

Pihaknya menjanjikan, proses rekonstruksi tidak akan tebang pilih. Baik kantor pemerintahan maupun rumah warga akan dikerjakan secara bersamaan. “Sama saja, semua dikerjakan bareng,” tukasnya.

Di sisi lain, Kementerian Keuangan menjamin bahwa pendanaan untuk proses rekonstruksi di Wamena sudah tersedia. Anggarannya bakal diambil melalui dana siap pakai (on-call) khusus kebencanaan yang dialokasikan sebesar Rp4,84 triliun untuk tahun 2019.

“Dana juga masih ada sekitar Rp474,4 miliar yang kita siap bantu di PUPR. Jadi, dari dana relatif cukup dan kita akan support,” kata Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, di lokasi sama dengan Menteri Basuki.

Yang pergi dan yang ingin kembali

Kerusuhan yang diduga berawal dari peredaran kabar bohong ini mengakibatkan 33 orang tewas serta puluhan orang terluka. Mereka yang tewas di antaranya adalah warga non-Papua hingga akhirnya membuat gelombang eksodus memuncak selama dan pasca-kerusuhan terjadi.

Jumlah persis warga yang mengungsi belum diketahui. Komandan Lanud Silas Papare Jayapura Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso sempat menyatakan ada 15.000 orang yang mengungsi dari Wamena ke Jayapura pada Sabtu (5/10/2019).

Namun hingga Selasa (8/10/2019), gelombang orang yang meninggalkan Wamena masih terjadi.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebelumnya mengatakan, pihaknya tidak akan melarang warga pendatang yang ingin meninggalkan Wamena, meski kondisi keamanan di kota tersebut diklaimnya sudah kembali normal.

“Saya kira kalau warga yang mau kembali dan ada gubernur yang memfasilitasi, enggak ada masalah. Apa pun, setiap warga negara memiliki hak untuk tinggal di mana, mencari nafkah di mana, dari Sabang sampai Merauke,” kata Tjahjo.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengklaim banyak pengungsi dari Wamena yang ingin segera kembali. Namun, keinginan itu harus sejalan dengan jaminan keamanan dari pemerintah.

“Saya pikir akan terjadi secepatnya selama kita bisa memulihkan keamanan di sini, selama jaminan keamanan secara fisik terlihat oleh mereka,” kata Wiranto dalam keterangan pers bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Wamena, Selasa.

Untuk diketahui, pihak Polri menyiagakan 6.000 anggotanya di Wamena untuk memastikan kondisi keamanan. Ribuan pasukan itu disiagakan menyusul adanya potensi-potensi kerusuhan yang digiring oleh kelompok tertentu.

Polisi, di sisi lain, telah menetapkan 13 tersangka pemicu kerusuhan di Wamena. Seluruhnya diyakini sebagai bagian dari Komisi Nasional Papua Barat (KNPB) dan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).
Rekonstruksi Wamena dimulai akhir Oktober


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-akhir-oktober

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Rekonstruksi Wamena dimulai akhir Oktober Wamena kian normal, sekolah mulai dibuka

- Rekonstruksi Wamena dimulai akhir Oktober Pemerintah diminta lindungi media arus utama

- Rekonstruksi Wamena dimulai akhir Oktober Kualitas udara terbaik dan terburuk di Indonesia (Rabu, 09/10/2019)

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di