alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Sinergi sistem integrasi data dengan satu multi sistem dalam bernegara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9caa68c9518b7fd772afff/sinergi-sistem-integrasi-data-dengan-satu-multi-sistem-dalam-bernegara

Sinergi sistem integrasi data dengan satu multi sistem dalam bernegara


Quote:




Dalam era globalisasi sekarang ini, data bukan lagi sebuah kata yang mahal atau yang susah. Tetapi data merupakan bahasa dan bentuk dari berbagai informasi setiap orang terutama dalam era digital. 

Tidak bisa dipungkiri data dalam kehidupan sekarang ini menjadi sebuah keperluan dalam hidup manusia. Seperti manusia yang baru saja dilahirkan ke dalam dunia ini, harus memiliki data yang lengkap ( siapa ibunya, siapa orang tuanya, golongan darah apa, lahir tanggal apa dan jam berapa). 

Hal ini tidak dapat kita katakan sebagai hal yang tidak penting. Sehingga memerlukan pencatatan data tersebut dengan baik , cepat Dan tepat. Dan jika data yang dihadirkan salah, maka akan banyak hal hal yang buruk terjadi. Misalkan A mempunyai data yang salah pada ulang tahunnya, maka data yang harus dipakai adalah data yang salah seumur hidupnya. Karena data ulang tahun dipakai  dimana-mana seperti di bank, data di KTP, pembuatan akta , Dan sebagainya. 

Jika dalam bentuk manual , teori statistik berkata bahwa " data tersebut masih mempunyai margin of error 30-40 % dari jumlah data." .Sekarang kita ada di era komputerisasi Dan percepatan Informasi.  Maka teori kalkulsi tersebut memiliki penerapan yang pasti mengalami perubahan teori yang mendasar sehingga mereka menurunkan radio kesalahan menjadi 10-20% dari jumlah data yang ada. 

Jika dilihat di era komputerisasi dimana terjadinya kesalahan / celah pada efisiensi pada era hardcopy data ditutupi dengan softcopy data komputer dan  efisiensi jalur distribisi data. Hal ini merupakan kemajuan yang cukup cepat dalam bidang statistik data. 

Karena adanya ketidakstabilan penyimpanan data, maka banyak multisistem yang menjalankan dengan manual dan sistem tersebut hanya berupa copy semata untuk membuat softcopy baru. Jika Kita memperhatikan hal ini, maka sistem komputerisasi menjadi tidak berguna dan banyak menghasilkan dokumen palsu. Sehingga margin of error yang seharusnya ada dikisaran 10 - 20 % menjadi tetapi sama 30-40 %. Karena memang dasarnya adalah manual. 

Ketika sistem dibangun atas dasar fondasi  komputerisasi , maka seharusnya harus dipersiapkan perangkat pendukung seperti hardisk yng besar,  sistem kelistrikan , sistem backup data dan sebagainya. Jika melihat hal tersebut, maka orang akan berkata bahwa mereka memerlukan investasi untuk perangkat tersebut yang lebih besar. 

Pada dasar itu, maka harus ada sistem intergrasi dalam satu program/ aplikasi berbasis server atau web. Karena sistem intergrasi ini memiliki satu hardisk dengan kapasitas yang besar dan memiliki sistem yang cenderung sama dan lebih aman. 

Tetapi bagi beberapa negara yang memiliki wilayah yang berbeda antara satu wilayah  atau lingkup kerja dengan sistem wilayah / lingkup kerja yang berbeda satu dengan yang lain. Sehingga menjadi pertanyaan besar.. apakah sistem wilayah / lingkup kerja itu harus dimatikan ? 

Jawabnya adalah tidak, Karena itu diperlukan sinergi sistem intergrasi yang tepat dalam satu multi sistem. Sinergi sistem intergrasi adalah satu sistem yang memiliki dasar sistem yang dapat disambungkan sistem luar dengan konsep mutalisme atau saling berkaitan antara data yang satu dengan data yang lain. 

Hal ini sudah memiliki prototype dalam aplikasi  smart city, Aplikasi wallet dengan kartu member anggota suatu swalayan, aplikasi mall yang satu berhubungan dengan yang lain. 

Tetapi harus dipastikan bahwa support pada perangkat data harus terus stabli salah salah satunya adalah dalam sistem kelistrikan yang membackup secara sinergi untuk sistem yang krusial misal sistem jaringan, sistem data server, sistem recovery data Dan masih banyak lagi. 

Jika Kita bicara tentang sinergi sistem intergrasi data maka Kita akan berbicara tentang banyak orang atau seluruh elemen dipakai salah satunya masyarakat. Salah satu fungsi masyarakat adalah menjadi partner bagi pemerintah maupun perusahaan swasta maupun pemerintah untuk membackup dirinya sendiri untuk tetap menjaga kestablian sistem yang ada.  

Jika sudah stabil, maka barulah sistem yang telah dibantuk dapat memberikan update langsung kepada masyarakat terlebih tetap dapat menjalankan hal dasar untuk transaksi keuangan. 

Pada akhirnya sinergi sistem intergrasi data bisa dikatakan memiliki dasar rasa kepemilikan Dan saling membutuhkan serta rasa tangungjawab dari semua pihak. Jika sistem ini terus berkembnag dan ditambahkan penggunaan sistem Artificial intelligence maka secara otomatis  sistem ini akan berkembang menjadi multi sistem yang akan dapat menjalankan secara auto pilot dan berkembang dengan sendirinya. 

Dengan rasa kesadaran yang dimiliki untuk kepentingan bersama, maka akan membuat sebuah negara menjadi hebat dan akan menyerap tenaga kerja yang banyak untuk terus mengembangkan inovasi dasar dan lanjutan untuk kemajuan bersama.

Dari sisi yang lain harus juga ada sinergi antara satu dengan yang lain terutama dalam intergrasi data yaitu keterbukaan data secara lengkap yang dapat dibaca oleh patner maupun pemerintah. Kenapa hal ini menjadi sangat  perlu ? karena jika tidak ada keterbukaan data yang benar, maka apa yang dikatakan dengan " Sinergi sistem intergarasi data " adalah sebuah kata kata saja. 

Ketika kita berbicara tentang sinergi sistem intergrasi data, maka untuk mewujudkannya diperlukan keterbukaan informasi termasuk keterbukaan dan kolaborasi dalam bidang kerjasama maupun kepemilikan.  Hal ini  menjadi sangat penting, karena selama ini sering kali orang yang memiliki uang hanya berusaha untuk mengembangkan dirinya sendiri dengan cara membuat sesuatu hal yang mungkin bermanfaat bagi orang banyak dan hanya digunakan untuk tempat tempat tertentu.  

misal contoh yang paling  gampang adalah sistem pembayaran keuangan, dimana hanya aplikasi A yang bisa bayar dari QR code  atau alat baca A bahkan ini berlaku dengan yang lainnya.  Seharusnya dengan keterbukaan data maka aplikasi A dapat digunakan dalam alat baca yang B atau C. 

Dengan satu multi sistem yang bersinergi dan terintergrasi maka hal ini akan menguntungkan semua pihak. Misal memudahkan masyarat untuk dapat bertransaksi dengan cepat dan  tidak perlu hal yang sukar atau menggangu ( seperti isi dulu di aplikasi A karena biasanya pakai aplikasi B ).

Mungkin hal ini mungkin sangat susah terjadi di beberapa sektor penyedia layanan aplikasi. Karena tidak adanya  kerjasama antara aplikasi A dan aplikasi B, maka dari sektor pemerintah seharusnya menerapkan sebuah aturan  baru untuk hal ini, menjaga stabilitas perusahaan tersebut  dan mengantisipasi monopoli usaha. 

menurut pendapat saya adalah baik jika seluruh perusahaan yang memiliki nilai valuasinya sudah diatas 1 milyar dan menyangkut data orang banyak harus go publik dan bukan hanya go publik tetapi harus bisa sharing atau barter saham dengan kompetitornya dan pemerintah. 


Quote:



Bahkan pemerintah harus mengatur investasi dari luar negeri untuk perusahaan ini  maksimal berapa % saham dan beberapa aturan yang harus disanggupi oleh investor ( misal investor harus kantor perwakilan di suatu negara dengan menanamkan atau kepemilikan saham atas kantor perwakilan itu 75 % dari modal investasi)  . Sehingga tidak mengganggu investasi dari luar yang ingin menanamkan modal dari luar. 

karena jika berbicara sinergi hal ini pun sebenarnya bisa berlaku bukan hanya kepada perusahaan aplikasi saja, melainkan semua perusahaan di bidang perdagangan maupun industri apapun. Dengan demikian rasa kepemilikian dengan berbagi saham maka semakin kuat untuk dominasi keuangan suatu negara  ditambah besar. Untuk pendapatan negara akan terukur seiring  dengan  semakin kuat juga perusahaan yang berkembang dalam sebuah negara. karena adanya ekosistem baru yaitu  sinergi sistem intergrasi data dengan satu multi sistem dalam bernegara 

Jika ada pertanyaan mengenai hal ini dapat menghubungi [email=samuelliputra@gmail.com]samuelliputra@gmail.com[/email]  

Original  Artikel dari : https://newsevengenerationsiklan1.bl...ems-with.html


Diubah oleh albersinmas
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di