alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Programmer Forum /
Kemampuan Apa yang Dibutuhkan untuk Menjadi Back End Web Developer?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c476d2f568d03832b765a/kemampuan-apa-yang-dibutuhkan-untuk-menjadi-back-end-web-developer

Kemampuan Apa yang Dibutuhkan untuk Menjadi Back End Web Developer?

Di balik sebuah tampilan website yang bagus, ada peran penting dari program Back End Web Developer yang menopang semua fitur agar dapat berjalan dengan semestinya. Back End Web Developer juga hanya berfokus pada fungsionalitas.

Unsur-unsur yang ada dalam program Back-End biasanya berupa database, bahasa pemrograman, server website, dan service web dan seorang Back End Web Developer bertugas untuk memastikan fungsi fitur berjalan lancar menuju sistem atau database yang digunakan oleh situs tersebut.

Namun untuk menjadi Back End Web Developer diperlukan berbagai kemampuan seperti berikut.

1. Memahami Berbagai Jenis Web Server


Web server merupakan software yang memberikan layanan berbasis data, serta berfungsi untuk menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dengan nama web browser. Fungsinya adalah untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

Oleh karena itu pentingnya bagi seorang Back End Web Developer untuk memahami berbagai jenis web server agar bisa menggunakan web server sesuai kebutuhan agar website menjadi optimal.

2. Mengerti Tentang Database dan HTTP

Database adalah media penyimpanan sebuah data. Di sini, segala data yang berhubungan dengan web akan tersimpan, mulai dari data dari web itu sendiri hingga apa yang dimasukkan oleh pengguna.

Nah, untuk memasukkan data, maka pengguna akan menggunakan HTTP yang menyediakan kumpulan perintah di dalam komunikasi antar jaringan. Komunikasi itu berlangsung antara web server dengan komputer client atau bahkan sebaliknya.

3. Memahami Application Programming Interface (API)


API merupakan sekumpulan perintah, fungsi, serta protokol nantinya akan digunakan oleh seorang Programmer pada saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk dapat berinteraksi dengan sistem operasi.

4. Mengerti Server Side Programming

Pemrograman Server Side merupakan bagian terpenting pada pemrograman web dinamis. Pada bagian ini pilihan bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari sangat banyak. Mulai dari bahasa yang sudah ada sejak lama seperti Perl, Ruby, PHP, JSP, dan Python hingga bahasa seperti NodeJS, Haskell, Scala, dan Go.

5. Bisa Melakukan Code Versioning

Mengontrol versi dari kode yang dibuat merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh back-end developer saat ini, karena dia harus memastikan program yang dibuat bisa di kembangkan dan mungkin dikembalikan ke versi yang lebih stabil ketika terjadi error saat pengembangan, code versioning control seperti git/svn juga sangat perlu dikuasai jika bekerja dengan sebuah tim.




×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di