alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Plastik Kemasan Dalam Kacamata Produsen Minuman Botol
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c427c88b3cb6bd81c2131/plastik-kemasan-dalam-kacamata-produsen-minuman-botol

Plastik Kemasan Dalam Kacamata Produsen Minuman Botol


Spoiler for Plastik Kemasan:


Plastik kemasan melalui data asosiasi produsen minuman botol yang dimuat di Merdeka menyebutkan jika penjualan produk botol minuman meningkat dari 12,8 miliar liter pada 2009 menjadi 23,1 miliar di tahun 2014. Lihat saja rak-rak penjualan minuman kemasan di warung, toko, mini market, maupun super market, variasi jenis dan merek minuman semakin banyak.

 

Ada air mineral, teh, kopi, susu, jus, minuman berkarbonasi, bahkan minuman herbal. Namun di balik mudah dan murahnya penggunaan plastik, sifatnya yang tak mudah diurai justru menjadi sumber masalah di abad ini.

 

Sampah plastik menjadi awet di muka bumi. Makin lama semakin banyak dan menumpuk. Memenuhi daratan, sungai dan laut. Menurut data Sustainable Waste Indonesia Indonesia yang dikutip dari BBC, konsumsi botol PET tiap tahun secara nasional sebesar 350.000 ton.

 

Dari jumlah tersebut, botol yang berhasil dikumpulkan kembali sebesar 216.047. Sementara sisanya mencemari lingkungan. Tingginya angka botol yang tidak terkumpul harus menjadi pekerjaan rumah para stakeholder. Hal tersebut bisa dilakukan dengan membangun ekosistem daur ulang.

Spoiler for Plastik Kemasan:


 

Dimiliki tiga pilar dalam mengatasi masalah sampah botol plastik yang dihasilkan.

 

1. Membangun infrastruktur pengolahan sampah botol plastik.

 

Dibangun untuk mengolah sampah botol plastik yang terkumpul di wilayah sekitarnya. Agar proses daur ulang ini bisa terus berjalan, tentu membutuhkan mata rantai yang tak terputus. Pembinaan para pemulung dan pengepul atau pelapak guna menjamin kelangsungan pasokan botol plastik bekas dan hal ini sudah berjalan.

 

2. Edukasi

 

Waste management tidak bisa berjalan tanpa ada dukungan dari banyak pihak. Oleh karena itu edukasi mengenai pengelolaan sampah menjadi salah satu kunci keberhasilan. Edukasi sekolah dan masyarakat, di antaranya dengan menyediakan drop box botol plastik bekas.

 

Kerja sama dengan hotel dan restoran dalam upaya menarik kembali botol plastik yang telah dipakai.

 

3. Inovasi Kemasan

 

Terus berinovasi membuat plastik kemasan yang bisa didaur ulang. Saat ini, kemasan botol sudah mengandung bahan recycled 25 persen. Tak henti sampai di situ, inovasi dilakukan untuk membuat botol yang bahannya 100 persen merupakan bahan daur ulang dari sampah botol plastik.

 

Daur Ulang Sampah Botol Plastik Solusi Paling Masuk Akal

 

Terungkap perjalanan sebuah botol plastik kemasan air minum hingga menjadi botol daur ulang 100 persen. Untuk mengumpulkan kembali botol plastik kemasan, digandeng beberapa pihak seperti pemulung dan lapak pengepul sampah.

 

Setelah botol terkumpul, akan ditimbang dan diberi nama pemasok. Untuk selanjutnya masuk proses sortir. Proses tersebut dimaksudkan untuk memisahkan botol yang layak dan tidak layak. Prinsip bottle to bottle membuat harus melakukan seleksi secara ketat untuk menjaga kualitas botol daur ulang yang dihasilkan.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Plastik Kemasan yang Tidak Layak Didaur Ulang

Spoiler for Plastik Kemasan:


Plastik kemasan yang pernah dipakai untuk menyimpan jamu, oli atau bensin adalah contoh botol yang tidak layak didaur ulang. Botol yang tak layak meskipun dikembalikan ke penyalur masih tetap bisa didaur ulang menjadi benang polester, senar dan lain sebagainya.

Proses ini dilakukan oleh pihak lain. Sementara fokuslah pada mengolah bahan baku produksi botol daur ulang. Setelah disortir, botol kemudian ditimbang untuk menentukan upah tukang sortir. Proses selanjutnya, botol akan melalui proses giling.

Proses penggilingan hanya memakai air bersih. Tidak pakai bahan kimia apa pun. Setelah digiling dan bersih, cacahan botol plastik akan dikemas dan siap dikirimkan. Di sanalah cacahan botol plastik tersebut akan diolah menjadi botol plastik kembali.

Cacahan botol plastik diproses menggunakan teknologi tinggi menjadi botol recycled 100 persen. Penggunaan sinar infra merah dilakukan untuk proses mengeleminasi kontaminan pada cacahan botol. Contoh kontaminan titik hitam di cacahan botol.

Titik hitam ini akan ditembak dengan infra merah. Untuk memastikan hasil akhir botol daur ulang bebas kontaminan, flakes atau cacahan botol melalui proses SSP (solid state polymerization) selama beberapa hari. Setelah itu, cacahan diproses menjadi biji plastik dan dibuat menjadi botol recycled.

Untuk membuat satu botol daur ulang dibutuhkan satu botol plastik kemasan. Hanya memang, biaya produksi botol daur ulang itu lebih mahal daripada memproduksi botol plastik virgin. Mengapa? Bahan plastik virgin itu semua sama kualitasnya, sementara bahan daur ulang itu kondisinya tidak sama sehingga proses produksinya lebih kompleks.

Kedua, dalam proses produksi melibatkan ribuan orang dari mulai pemuling, hingga pabrik. Dari sisi cost logistik tentunya lebih besar biayanya. Alasan ketiga, skala industri botol daur ulang masih kecil. Baru Aqua saja yang memakai botol daur ulang, sehingga produksinya berbiaya tinggi.
Spoiler for plastik kemasan:


Jika sudah diproduksi secara masif, biaya tentu bisa ditekan. Disediakan untuk memproses botol-botol kemasannya menjadi botol daur urlang meskipun berbiaya tinggi karena komitmen untuk turut mengurangi sampah plastik yang menjadi masalah bersama.

Prinsip yang diterapkan merupakan circular economy yang menganut bahwa sampah hasil dari produksi akan diolah menjadi bahan baku kembali, sehingga membentuk sistem berkelanjutan. Bahan baku dibuat memiliki sifar retoratif dan regerenatif sehingga manfaatnya bisa dipetik berulang.

Memproduksi botol plastik menjadi botol plastik recycled merupakan salah satu upaya untuk memperpanjang manfaatnya. Botol plastik yang sudah dipakai tidak terbuang menjadi sampah. Namun bisa digunakan kembali dengan fungsi yang sama dan kualitas yang sama pula.

Langkah melakukan inovasi kemasan produk plastik bisa diikuti perusahaan lain, sehingga makin banyak sampah botol plastik yang bisa didaur ulang. Makin banyak pihak yang terlibat tentu wilayah yang dijangkau makin luas pula.
Ya masuk akal juga sih, kalau botol plastik dilarang, masa beli aqua pake botol kertas atau botol kain.
Berita yang ane baca dari Coca-cola, mereka menggunakan Bottle Plant, dengan bahan biodegradable 30% dan sisanya bahan daur ulang. Keren sih ini, sebuah kemajuan dari perusahaan sebesar Coca-Cola emoticon-2 Jempol


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di