alexa-tracking
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9bfab85cf6c408b54679cf/mengenal-digital-marketing

Mengenal Digital Marketing

Mengenal Digital Marketing
Apasih yang kalian tau tentang digital marketing? Atau apa yang muncul di benak kalian jika mendengar tentang digital marketing. Nah untuk kalian para wirausaha muda sepertinya harus tau nih tentang digital marketing. Karena bisa berguna banget untuk bisnis kalian dalam hal promosi loh.

Kita belajar pengertian singkatnya dulu yuk, Digital marketing sejatinya merupakan aktivitas promosi baik itu untuk sebuah brand ataupun produk menggunakan media elektronik (digital). Puluhan tahun silam, media digital marketing sangatlah terbatas, sebutlah televisi atau radio yang hanya dapat menyampaikan informasi secara satu arah.

Mengenal Digital Marketing
 
Sekarang ini, dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat serta penerimaan yang cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, tak ayal membuat model pemasaran digital adalah salah satu channel utama.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing:

·        SEO – Search Engine Optimization

·        Periklanan online – FB ads, Google Ads, dll.

·        Promosi media cetak

·        Iklan televisi & radio

·        Billboard elektronik (video tron)

·        Email marketing

·        Mobile marketing

·        dan lain-lain

 

Cara memulai Digital Marketing.

Jika kita berbicara digital marketing, spektrum ini sangatlah luas. Oleh karna itu, penting bagi seorang digital marketer untuk tahu teknik dan resource yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik.

Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah aset, kenali apa aset digital yang kamu miliki, dan mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja sebagaimana telah disinggung pada tulisan cara memulai bisnis di media sosial.

Beberapa aset dalam digital marketing:

·        Website

·        Postingan blog

·        Akun media sosial

·        Identitas brand (logo, company profile)

·        Jejak online (review/feedback dari pelanggan dll.)

Jika kamu sudah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu kamu lakukan adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand yang kamu miliki.

Semisal untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan Anda. Atau melalui sosial media seperti instagram, maka buatlah foto dan video pendek yang menarik dan share-able.

Hal lain yang cukup penting, jika kamu aktif dalam forum atau marketplace publik, maka usahakanlah profil usaha kamu punya rating dan review yang baik dari para pelanggan.

Karena hal tersebut juga jadi salah satu tanda bahwa citra brand yang kamu miliki bagus atau tidak di dunia maya. Jika kamu sudah mulai mengerti tentang digital marketing, ada baiknya kamu tahu juga komponen pengeluaran serta harga digital marketing sebagai acuan dasar.

 

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di