alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Fitur yang Harus Ada di Aplikasi Toko Online
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9bf4a5b41d303a6f7e1150/fitur-yang-harus-ada-di-aplikasi-toko-online

Fitur yang Harus Ada di Aplikasi Toko Online

      Fitur yang Harus Ada di Aplikasi Toko Online
Banyaknya aplikasi online shop saat ini menambah variasi dan daya saing menjadi semakin ketat. Jasa pembuatan website dan aplikasi mobile Android IOS. Harus ada inovasi-inovasi baru agar aplikasi online shop kalian lebih unggul dari aplikasi online shop lainnya. Salah satu daya tarik dari aplikasi online shop bisa dari tampilan halaman aplikasi toko online harus dibuat semenarik mungkin, sehingga para pelanggan suka dan nyaman untuk mengunjungi aplikasi kalian. Namun, tak banyak orang memahami kriteria toko online yang profesional yang bisa meningkatkan kepercayaan konsumen pada toko kalian. Kemudian, aplikasi kalian juga harus memiliki fitur-fitur dasar dari sebuah toko online. Fitur-fitur tersebut bertujuan untuk membuat konsumen nyaman ketika berbelanja di toko online kalian. Lalu apa saja sih fitur dasar yang harus ada di aplikasi toko online? Berikut pembahasannya.   

                                                        

1.     Keranjang belanja

Seperti halnya di toko offline, fitur keranjang belanja atau shopping cart di toko online juga sangat dibutuhkan oleh para pembeli untuk menampung seluruh produk yang akan dipesan. Selain itu, jika pembeli merasa ada barang yang tidak perlu mereka beli, mereka bisa membatalkan pesanan produk tersebut dengan fitur keranjang belanja. Fitur keranjang belanja ini biasanya terletak dibagian atas atau dibagian yang mudah terlihat pada aplikasi toko online.

2.     Halaman promo

Dengan adanya halaman yang menarik, maka pengunjung akan merasa tertarik untuk mengunjungi dan bertransaksi melalui toko online kalian. Contohnya saja, kalian bisa memberikan potongan harga, bonus produk, dll. Berikan penawaran yang terbatas sehingga akan memancing konsumen untk segera melakukan transaksi. Kalian juga bisa mencoba memberikan promo bebas biaya kirim. Berikan penawaran pemangkasan biaya ketika menghabiskan jumlah tertentu atau bahkan gratis pengiriman untuk semua pembelian. Hal ini diyakini dapat meningkatkan jumlah penjualan kalian.

 

3.     Daftar Produk Baru

Dalam mengembangkan aplikasi toko online, tentu kalian harus selalu memperbarui produk yang dijual. Nah, saat melaunching produk baru ini alangkah baiknya kalian menampilkannya sebagai fitur khusus. Jangan lupa juga untuk menampilkan fitur produk terbaru ini di halaman utama aplikasi agar mudah terlihat oleh calon pembeli. Dengan adanya fitur khusus untuk produk terbaru ini tentu pengunjung akan dengan mudah mengetahui adanya produk terbaru dan mereka pun akan berbelanja dengan lebih nyaman dan menyenangkan.

4.     Halaman Kontak

Fitur wajib aplikasi toko online selanjutnya adalah informasi kontak. Sangat simpel, namun bagian ini dirasa penting karena memberikan pelayanan dan respon yang cepat baik melalui telepon atau chat online dapat menjadi suatu hal yang sangat bernilai di dalam toko online kalian. Pembeli harus dapat berkomunikasi dengan penjual kapanpun. Jadi ketika ada masalah, pertanyaan, atau hal-hal yang mengganggu lainnya bisa langsung dikomunikasikan dengan penjual. 

5.     Wishlist

Tidak lengkap rasanya jika aplikasi toko online tidak ada fitur wishlist. Kenapa? Karena, fitur wishlist dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui update dari produk favoritnya. Jika pelanggan dapat menampung produk favoritnya, maka kesempatan untuk terjualnya produk tersebut akan semakin besar.

6.     Related Item

Hanya dengan menambahkan fitur “Produk terkait” dapat membuat pelanggan tetap melanjutkan proses pencarian produk melalui aplikasi toko online kalian. Fitur “Produk terkait” di dalam aplikasi toko online ternyata memberikan efek mengikat yang banyak dimanfaatkan oleh penjual. Dengan adanya fitur “Produk terkait” maka secara tidak langsung kalian menempatkan diri sebagai penjual yang mengerti akan kebutuhan pelanggannya.

 

7.     FAQ

Fitur Frequently Asked Questions (FAQ) memungkinkan pelanggan untuk menemukan informasi tentang penggunaan atau fungsi dari fitur-fitur yang ada di aplikasi. Untuk itu, fitur FAQ termasuk pada detail informasi yang perlu kalian sediakan gunakan mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan dari pelanggan. Lengkapi fitur FAQ dengan sebuah “area” yang memungkinkan pelanggan untuk menanyakan hal lain yang tidak ada di dalam daftar FAQ.

  

8.     Metode Pembayaran Yang Beragam

Dengan banyaknya metode pembayaran yang kalian sediakan di aplikasi toko online, akan memudahkan transaksi konsumen. Dengan mudahnya transaksi tersebut dapat menarik minta beli pengguna. Kalian juga bisa mengakomodir banya pembayaran, jadi kalian akan lebih fleksibel dalam melayani pembeli.

9.     Search

Sepertinya fitur ini memang harus ada disemua aplikasi, termasuk toko online. Sesuai dengan namanya, fitur ini memang akan sangat berguna bagi pengguna aplikasi untuk melakukan pencarian apapun seperti nama produk tertentu. Dengan mengetikkan keyword tertentu, maka akan muncul produk yang sesuai.

10. Kebijakan pengembalian barang

Kebijakan pengembalian barang merupakan fitur penting dari setiap aplikasi toko online karena merupakan salah satu fitur untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Fitur ini meyakinkan pembeli bahwa kalian bersedia bertanggung jawab jika ada kesalahan pengiriman, produk yang rusak atau tidak sesuai dan lain sebagainya.

Itulah 10 fitur dasar yang harus ada di toko online kalian. Jadi, apakah toko online kalian sudah ada fitur-fitur di atas? Atau kalian malah belum punya toko online? CAN Creative bisa membantu kalian untuk membuat toko online yang memenuhi standar dan CAN Creative bisa memberikan masukkan untuk fitur tambahan agar aplikasi toko online kalian beda dari yang lain. Kalian bisa menghubungi kami melalui website CAN Cretaiveatau melalui instagram cancreative. Nantikan artikel-artikel lainnya ya..

 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 10 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
min, kira-kira kapan waktu yang tepat untuk kita bisa membuat aplikasi mobile ya?
Lihat 1 balasan
Min, aku banyak dapat masukkan dari konsumenku buat bikin aplikasi mobile, tapi aku belum tau apa sih keuntungan yang bisa aku dapetin kalau aku bikin aplikasi mobile? emoticon-Malu
Lihat 2 balasan
Informatif dan jelas. Thanks untuk thread-nya
Balasan post rahmaast93
Quote:


Prinsipnya kalau modal kecil itu kejar omset dulu aja sampai dimana agan punya momen untuk investasi (bikin aps) sendiri. Say 100 jt omset perbulan, net profit perbulan 10% itu udah bisa bikin aps kecil2an. Semoga membantu.
bagi ane sih fitur advance search dan filter itu yg utama.
profile-picture
profile-picture
prayogi.tio dan agusn6778 memberi reputasi
Kebijakan Pengembalian Barang itu masih agak rancu, terkadang kita kirim barang ke pembeli kondisinya bagus, tapi di kembalikan tapi kondisi sudah "Cacat" kan repot emoticon-Cape d...
Lihat 1 balasan
Balasan post gfrind
ya duit lah gan, sekarang harga aplikasi mobile sangat menggiurkan emoticon-Ngakak (S)
toko online cuma perantara penjual pembeli.
Jgn lupa chat sm penjual dan yg punya web...
Biasa yg ane incer promo nya


Quote:

Chat lama tapi ga beli
bagusnya ada rekber terpercaya, jd aman dan nyaman klo mau belanja
Mantap dech.
cendol dawet gan
Ane setuju neh kebijakan pengembalian barang, online seller harus menerapkan kebijakan ini.
Bbrp seller songong, tidak bisa retur, jgn beli kalau tidak baca peraturan..bla bla bla..ga jadi beli deh kalau ketemu seller bgituan.

Stok harus update, cape nanyain stok mulu...
Lihat 2 balasan
Balasan post gfrind
engagement ke konsumennya lebih besar gan menurut ane, kalo engagement besar bisa bikin konsumen loyal juga tuh.
Balasan post kuroi2325
tapi biasanya di kebijakan pengembalian kan ada syarat barang yg akan dikembalikan, kalo perlu ada fitur foto produk yang akan dikembalikan biar bisa di verifikasi penjual tuh jadi kita bisa nolak atau nerima sesuai syarat dari penjual
Balasan post davecchio
beneeerm terus kalo dikasih penilaian jelek dianya kesel, padahal kita ni kan kecewa
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Balasan post sukuu04
@sukuu04 itu seller baperan hahahaha...
Ane mah fair, kalau bagus, ane kasi bintang 5
ini sih bukan harus ada, tapi fitur itulah yg dinamakan toko online, klo gak ada itu bukan toko onlen namanya. masa iya toko onlen gak ada keranjang belanja
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di