alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Health Consultation /
Radang Sendi Cegah Sebelum Terjadi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9bd900facb9509a53669ba/radang-sendi-cegah-sebelum-terjadi

Radang Sendi Cegah Sebelum Terjadi

Radang Sendi Cegah Sebelum Terjadi

Apakah radang sendi itu ?  yaitu penyakit degeneratif pada sendi yang bersifat kronis dan progresif disertai kerusakan tulang rawan sendi berupa disintegrasi atau pecah dan perlunakan progresif permukaan sendi dengan pertumbuhan tulang rawan sendiri di tepi tulang.

Kerusakan tulang rawan sendi ini secara alamiah akan dikompensasikan oleh tubuh dengan menumpuk kalsium, yang ironisnya tidak seluwes tulang rawan sendi sehingga menimbulkan rasa nyeri. Karena itu pula radang sendi atau osteoartritis bisa juga disebut dengan istilah pengapuran.
Pengapuran ini bisa berupa radang sendi lutut, radang sendi bahu dan juga radang sendi pinggang.

Osteoartritis tidak berkaitan dengan makanan atau minuman tertentu, tetapi lebih banyak karena faktor usia dan perubahan metabolisme tubuh.
Apa saja gejala-gejalanya?
Gejala osteoartritis meliputi :

Persendian terasa kaku dan nyeri apabila digerakkan.

Ada pembengkakan atau peradangan pada persendian.

Kelelahan yang disertai rasa sakit pada persendian.

Kesulitan menggunakan persendian.

Bunyi pada setiap persendian, gejala ini tidak menimbulkan rasa sakit, hanya rasa tidak nyaman pada setiap persendian.

Perubahan bentuk tulang, keadaan ini akibat dari jaringan tulang rawan yang semakin rusak, tulang mulai berubah bentuk dan meradang, menimbulkan rasa sakit yang sangat.

Info seputar kesehatan lain di
https://carazali.blogspot.com

mampir ya gan 🙏🙏🙏

Radang sendi yang menyebabkan cairan sendi menjadi kering disebut osteoartritis itu apa saja faktor resikonya ?
Umur, usia lanjut merupakan faktor risiko utama untuk terjadinya osteoartritis, 80% mengenai penderita dengan umur diatas 55 tahun.

Jenis kelamin, wanita mempunyai risiko 2 kali dibanding pria untuk penderita osteoartritis.

Obesitas atau kegemukan, seseorang dengan obesitas berisiko tinggi untuk menderita osteoartritis, hal ini dapat dijelaskan karena seorang penderita obesitas mempunyai beban yang lebih sehingga berakibat langsung pada kemampuan persendian untuk menahan tersebut. Dengan mengurangi berat badan maka akan mengurangi resiko terjadinya osteoartritis.

Patah tulang, patah tulang yang mengenai permukaan sendi dapat mengakibatkan terjadinya sendi yang tidak rata sehingga dapat memicu terjadinya osteoartritis di kemudian hari.

Osteoartritis juga dapat terjadi pada bagian ekstremitas yaitu radang sendi pergelangan tangan sangat membatasi dalam aktivitas sehari-hari, bagaimana cara pencegahannya ?
Osteoartritis dapat dicegah dengan cara:

Menjaga berat badan, menurut penelitian medis, mempunyai berat badan berlebih mempunyai kecenderungan untuk membangun penyakit jantung, diabetes, osteoartritis, asam urat, dan kanker tertentu.

Olahraga ringan, lakukan jenis olahraga yang tidak banyak menggunakan beban berat, seperti halnya berenang, bersepeda, dan senam. Sesuaikan jenis olahraga dengan umur. Jangan memaksa untuk melakukan olahraga porsi berat pada usia lanjut.

Menghindari cedera di persendian, sendi yang mengalami trauma karena terluka atau kecelakaan akan mengalami kerusakan lebih awal dari seharusnya.               

Konsumsi suplemen, suplemen khusus untuk kesehatan persendian sebaiknya dilakukan atas anjuran dari dokter.

Mengkonsumsi makanan sehat, konsumsi makanan sehat akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit khususnya osteoartritis karena dengan makanan yang sesuai dengan kebutuhan maka optimasi pemeliharaan sendi dan tulang rawan sendi akan optimal.

Sayangi tubuh kita dengan menjaganya untuk terhindar dari penyakit
Semoga bermanfaat.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
sundul up


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di