KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9aecdfaf7e9361441adecd/mengenal-fenomena-biofouling-yang-mengerikan-dan-menjijikan

Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan

Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan

Setiap benda-benda yang kita tinggal dilaut, lama kelamaan akan terbentuk agregat organisme yang bernaung dilapisannya. Agregat-agregat organisme tersebut terdiri dari bakteri, jamur, tumbuhan epifit, dan sekumpulan teritip yang tumbuh tidak beraturan membuat pandangan pertama kita menjadi tidak sedap dan membangkitkan perasaan gatal.

Fenomena tersebut lumrah dalam suatu perairan yang memiliki gelombang pasang yang kuat serta tinggi permukaan laut yang dangkal. Kerapkali kapal dan pinggiran pelabuhan menjadi target yang sering dihinggapi oleh sekumpulan agregat organisme penyebab biofouling tersebut. Yang jadi masalah disini biofouling bukan saja memperjelek tampilan kapal/pinggiran pelabuhan tetapi berdampak merusak karena beberapa teritip yang hinggap menghasilkan perekat yang korosif terhadap lapisan yang dihinggapinya.

Oleh sebab itu perlu dilakukan pencegahan terhadap fenomena biofouling ini agar kita tidak terkena dampak merugikan dari biofouling. Penasaran apakah biofouling itu dan bagaimana mencegahnya, yuk langsung saja check thread berikut!


Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
Mengerikan Sekali Dampak Dari Biofouling Yang Terjadi Pada Baling-Baling Kapal


Apa itu Biofouling?
Biofouling adalah suatu fenomena terdapatnya banyak sekumpulan agregat organisme pada benda-benda yang terendam lama di laut. Dampak yang dihasilkan cukup merugikan karena merusak keindahan benda-benda tersebut dan menyebabkan korosi sehingga benda tersebut lama kelamaan korosi (untuk besi). Untuk benda-benda selain besi dampak yang ditimbulkannya juga serupa.


Mengapa Bisa Terjadi Biofouling?
Biofouling bisa terjadi karena benda-benda yang sering ditenggelamkan dilaut tersebut tidak dilapisi cat anti-fouling secara berkala, akibatnya benda tersebut mudah ditempeli oleh organisme pembentuk biofouling dan lama-kelamaan segera meluas hingga akhirnya benda yang dihinggapinya rusak. Cat anti-fouling sendiri berfungsi untuk melindungi benda dari bakteri pembentuk biofilm (tahapan awal dari biofouling) agar tidak dapat menempel sehingga tidak bisa menciptakan suksesi sekunder lainnya (pertumbuhan kapang, makroalga, dan teritip).

Apa saja dampak dari terjadinya Biofouling?
Quote:

Quote:

Quote:


Bisakah Kita Mencegahnya?
Tentu biofouling bisa dicegah yakni dengan melapisi cat antifouling pada kapal atau objek-objek yang diletakan dibawah laut. Pelapisan cat antifouling tersebut harus dilakukan secara berkala agar lapisan cat senantiasa terjaga karena dalam kurun waktu tertentu lapisan cat bisa terlepas/terdegradasi karena sering tergerus arus laut.
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
Pelapisan cat antifouling harus dilakukan secara berkala agar tidak terjadi biofouling.

Lalu bagaimana jika kapal sudah terkena biofouling. Cara yang paling umum dilakukan yaitu memanfaatkan peran waterjet bertekanan tinggi untuk membersihkan kapal dari biofouling. Tapi tentunya musti berhati-hati sebab tidak semua lambung kapal bisa di-spray dengan waterjet bertekanan tinggi. Masing-masing jenis kapal harus harus disesuaikan spesifikasi waterjetnya sesuai ketebalan lambung kapal agar tidak bocor ketika di semprot waterjet. Atau diperlukan teknik khusus untuk melakukan pembersihan kapal dengan waterjet. Setelah kapal dibersihkan dengan water jet jangan lupa dilapisi cat antifouling kembali.
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
Waterjet digunakan untuk membersihkan antifouling


Wah rupanya serem juga ya fenomena umum yang terjadi di lautan bernama biofouling ini. Oh iya sekedar informasi, biofouling akan lebih cepat terjadi dikapal-kapal yang terbuat dari besi. Sebab kapal besi menghasilkan ion Fe yang berguna sebagai faktor pembatas produktivitas primer (plankton tidak akan tumbuh bila kurangnya Fe) karena plankton sedikit maka teritip tidak akan hidup disana.


Sumber : Disini
Sumber gambar : Google.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ipan2204 dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dompetjadipeci
Halaman 1 dari 8
Ayo Kunjungi thread terbaru dompet-jadi-peci buat nambah ilmu - nambah cendol emoticon-Cendol (S)

emoticon-Baby Boy 1emoticon-Selamat


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ballnose dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dompetjadipeci
berkerak emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
Serem jadinya gan lihat biofouling di kapal ampe bisa begitunya. Gimana dengan kapal2 besar seperti kapal pesiar itu gan? Seram juga gimana biaya pemeliharaan khusus untuk lambung kapal dari efek biofouling ini 😵
profile-picture
profile-picture
scoria07 dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
rajin dikerok aja gan
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
sebagai pemilil kapal, cara apa sih gan buat ngebersihinnya ?
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sudah biarkan saja, biar jadi terumbu karang..
Mengenal Fenomena Biofouling Yang Mengerikan dan Menjijikan
profile-picture
profile-picture
eckosz dan dompetjadipeci memberi reputasi
Waduh, serem juga nihh
Kebayang baling2 kapal gak bisa bergerak di tengah perjalanan karena biofouling, ngeri ngeri sedappp
emoticon-Bettyemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan dompetjadipeci memberi reputasi
Itu kerak sama nggak dengan Barnacle Boy temennya Mermaid Man?
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Iya gan biofouling emang masih jadi PR nih soalnya butuh pengecekan berkala banget ,ditempat ane pltu yang sering ada biofouling itu di traveling bar screen yang berkaitan langsung dengan air langsung emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 2 lainnya memberi reputasi
Muka ane langsung gremet2 kayak digerayangin banyak semut
emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onee643 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post terakhirx
Quote:


Beda gan hahahaha. Kalo yang di spongebob mah superhero gan
emoticon-Baby Boy 1
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
Balasan post santaikalus
Quote:


Iya tuh gan makanya kapal-kapal pesiar lambungnya selalu dilapisi antifouling secara berkala. Makanya tetep kinclong
emoticon-2 Jempol
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
Balasan post dickymyung
Quote:


Dikerok gan manual tapi keras pasti jadi musti pake waterjet kalo ada duit lebih. Tapi liat-liat dulu spesifikasi waterjetnya gan. Abis itu pas udah bersih jangan lupa dilapisi sama cat antifouling. Kalo nggak salah banyak kok dijual tapi harganya lumayan mahal gan
emoticon-Baby Boy 1
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
wehh mksh banyak gan infonya, ane baru tau nih ada yang namanya biofouling walaupun pernah dgr sihh soal cat khusus kapal biar besinya kuat teruss
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan dompetjadipeci memberi reputasi
Biasanya untuk mencegah hal tersebut terutama pada kapal perang akan dicat dengan dicat khusus agar bersih hal tersebut
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Balasan post sekeleke
Quote:


Hahahaha sama aja berarti kayak ane gan
emoticon-Takut emoticon-Leh Uga
Balasan post dompetjadipeci
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
klo kapal besar biasanya udh ada jadwal berkala untuk perawatan, yg jarang biasanya kapal pribadi. btw teritip apaan ya, sama dg nama kampung di tempat ane
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
mungkin proses pembentukan terumbu karang juga melalui mekanisme yg sama ya?
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post aqi3
Quote:


Beda-beda gan. Kalau terumbu karang itu pertumbuhannya sulit. Butuh 1 tahun untuk menumbuhkan 1 cm terumbu karang. Kalo biofouling 1 tahun saja bisa memenuhi seluruh lambung kapal.

Perlu diketahui kalau terumbu karang itu polip karang yang berasosiasi dengan mikroalga jenis zooxantellae. Nah kalau biofouling itu merupakan sekumpulan organisme (agregat) dari bakteri, jamur, lumut, makroalga, teritip, dan kerang.
emoticon-Baby Boy 1
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan cilaleksingo memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di