alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemuda Indonesia Perlu Jadi Pelopor Aksi Darurat Iklim
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9a802ec0cad710f65c1c54/pemuda-indonesia-perlu-jadi-pelopor-aksi-darurat-iklim

Pemuda Indonesia Perlu Jadi Pelopor Aksi Darurat Iklim

Pemuda Indonesia Perlu Jadi Pelopor Aksi Darurat Iklim
Pemuda Indonesia Perlu Jadi Pelopor Aksi Darurat Iklim



Jakarta, 5 Oktober 2019 – Suhu bumi berpotensi makin meningkat, musim kemarau berlangsung lebih panjang, pelepasan emisi semakin besar dan lapisan ozon semakin menipis. Perubahan iklim adalah tantangan besar kehidupan manusia saat ini dan menjadi faktor penentu keselamatan bumi. Pemuda menjadi tumpuan harapan untuk dapat mewariskan lingkungan hidup yang sehat kepada generasi berikutnya.

Pemuda Indonesia Perlu Jadi Pelopor Aksi Darurat Iklim

Inilah yang menjadi gagasan dasar diselenggarakannya sesi “Climate Change 101 for Youth” yang diinisiasi oleh komunitas pecinta lingkungan Climate Rangers dan didukung oleh Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, di Hotel Marc Passer Baroe. Kegiatan ini merupakan bagian dari Pekan Diplomasi Iklim Uni Eropa 2019 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh dunia mulai 23 September-6 Oktober 2019.

Pemuda Indonesia Perlu Jadi Pelopor Aksi Darurat Iklim

“Uni Eropa secara konsisten melakukan Pekan Diplomasi Iklim setiap tahun, dimana kami berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait dan memberdayakan berbagai upaya mitigasi perubahan iklim, sebagai bentuk tanggung jawab kita untuk anak dan cucu,” jelas Michael Bucki, Konselor Perubahan Iklim dan Lingkungan Hidup, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia. “Tidak ada kata terlambat untuk mulai beraksi. Kami berharap semua pihak, khususnya pemuda yang hadir hari ini, menyadari tentang hal ini dan menyebarkan pesan harapan untuk menyelematkan bumi kita dari perubahan iklim,” tambahnya.

Pemuda Indonesia Perlu Jadi Pelopor Aksi Darurat Iklim

Andika Putraditama, Sustainable Commodities and Business Manager World Resources Institute (WRI) Indonesia mengungkapkan bahwa perubahan iklim merupakan proyeksi kelanjutan dari pemanasan global yang antara lain disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca. “Sebagai individu, kita dapat melakukan sesuatu dan berkontribusi memberi solusi kreatif terhadap upaya mitigasi perubahan iklim, melalui kegiatan sederhana sehari-hari. Misalnya menggunakan moda transportasi umum sehingga dapat mengurangi emisi, atau menanam lebih banyak pohon di rumah.”

Pemuda Indonesia Perlu Jadi Pelopor Aksi Darurat Iklim

Indonesia sendiri memegang peranan sangat penting terhadap perubahan iklim. Hal ini mengingat Indonesia memiliki hutan ke-3 terluas di dunia dengan hutan tropis dan sumbangan dari hutan hujan (rain forest) Kalimantan dan Papua. Oleh sebab itu pemuda Indonesia perlu memiliki kesadaran dan kepedulian yang lebih tinggi.

Pemuda Indonesia Perlu Jadi Pelopor Aksi Darurat Iklim

Tema Pekan Diplomasi Iklim Uni Eropa 2019 sendiri adalah “Anak Muda dan Aksi Iklim”. Saat ini semakin banyak orang muda memimpin aksi perubahan iklim, membuat suara mereka didengar, dan secara lebih tegas menuntut pemerintah, dunia usaha dan kita semua, untuk mengambil sikap.

Pemuda Indonesia Perlu Jadi Pelopor Aksi Darurat Iklim

“Generasi muda Indonesia sangat piawai menggunakan media sosial untuk menunjukkan eksistensinya. Nah, mari kita lebih bijak menggunakan media sosial untuk menyuarakan pesan-pesan aksi lingkungan,” gugah Akita Arum Verselita, Data Research Analyst and Media Outreach Mongabay Indonesia. “Terdapat tren positif dimana generasi muda sudah mulai terlibat dalam gerakan pelestarian lingkungan. Inisiatif maupun konten digital yang kami sebarluaskan melalui Mongabay.com mendapat respon positif yang begitu baik dari pembaca.”



Sementara Nadine Chandrawinata, artis yang juga co-founder Sea Soldiers menyerukan seluruh generasi muda untuk menjadi agen perubahan. “Kita tinggal bersama di bumi ini, demikian pula anak cucu kita. Bumi kita hanya satu, oleh karenanya kita tidak boleh menjadi generasi tumpul. Sebaliknya, pemuda Indonesia harus turut berpartisipasi aktif demi kelestarian bumi ini, sekarang juga.”



Pekan Diplomasi Iklim 2019 terdiri dari serangkaian kegiatan tematik di Jakarta, maupun di luar Jakarta, yang merupakan cara kreatif Uni Eropa dalam mengampanyekan mitigasi perubahan iklim. Tahun ini, Uni Eropa berkolaborasi dengan 7 kedutaan besar negara-negara anggotanya, 18 organisasi masyarakat, serta 12 pemimpin opini (selebriti).



Uni Eropa berkolaborasi dengan mereka yang bekerja keras dalam memecahkan persoalan-persoalan perubahan iklim di bidang pelestarian hutan dan laut, energi terbarukan, pertanian yang berkelanjutan, produksi dan konsumsi yang bertanggungjawab, serta perencanaan tata kota yang berwawasan hijau. Acara digelar dengan konsep kreatif yang berbeda-beda, mulai dari lokakarya, forum diskusi, kompetisi dan permainan, demo masak, siaran podcast, pembuatan ilustrasi dan komik kartun, program pembersihan lingkungan, hingga pertunjukan musik dan pemutaran film.



*****



Kontak Media
Irham Fathurrahman
Koordinator Program Empowerment
Climate Rangers
Telp.0859 2118 1595
Email. irham.fathurrahman@gmail.com

Yulia Maroe
Media Relations Specialist
European Union Policy Outreach and Partnership (EUPOP) Indonesia
Telp. 0818 937 233 / 0816 937 233
Email. yulia@idcomm.id
Diubah oleh firman2030
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
wah ini ane demen nih

ikutan ah emoticon-Ngacir
Program nabur garen di lautan, berguna tapi jadi sangat ga berguna kalo pemerintahnya aja byar pet ngurus alamnya sendiri.

Pemerintahnya gamparin dulu sampe sadar kalo alam dan kelestarian tuh jauh lebih penting dr sekedar kebon sawit dan investasi.

emoticon-Cool
sadar kalo udah ada bencana doang namanya bukan sadar, tp kepaksa.
Lihat 1 balasan
Balasan post whellere
mungkin itulah sebabnya Eropa menolak CPO sawit kita ya

dampak pemanasan global yang paling terkena Eropa

tercatat gelombang panas di sana hampir 50 derajat Celcius


Quote:


Krn mreka akhirnya paham alam ga bs di reverse kaya video bokep, butuh taunan untuk balikin keadaan.

Lah dimari, mo dikate apa juga, gw yakin sejuta persen, pemerintah stengah niat jaga alam, krn masi butuh masukan devisa yg gila2an dr kelapa sawit. Inget bgt kata mentri segalanurusan yg bilang, di eropa dan negara barat sibuk ngurusin alam dan hewan2 di indo tp mreka ga mikir indonesia butuh uang. 🤦🏻‍♂️

Dan sebenernya lebih jauh dr eropa yg lebih bahaya klo pemanasa global terjadi, ya di kutub, es cair, aer laut naek, pesisir abis, jakarta banjir rob, anis salah lagi deh 😂

Btw, di timteng sampe 50an derajat gan, di eropa skitar 40an, kalo sampe 50an derajat.. medium rare steak jadinya mreka yg di eropa.. 🤣

Gmn pun gw lebih setuju kalo pemerintah yg aktif, krn kalo badan2 bgini atau NGO ujung2nya dipake buat urusan lain2 diluar urusan alam.. 😒
Lihat 1 balasan
Bodo amat yg penting mobile legend ama pubg jalan terus, nggk penting juga
Balasan post whellere
Quote:


aku setujunya menteri LHK itu diganti,
aku dari dulu kurang sreg dengan orang itu,
kayak kesannya kurang gesit gimana gitu,
diganti dengan praktisi asli, seperti sadiman,
lalu disuruh kolaborasi dengan menpar,
penghijauan berbasis road map pariwisata menpar,
lalu korporate yang sudah berpartisipasi jangan malah dimusuhi,
seperti Djarum yang sudah tanam 10rb pohon trembesi itu,
kalau swasta berpartisipasi, kerja pemerintah jadi lebih ringan,
NGO pun dapat kucuran dana belum tentu 100% jadi bentuk pohon, ada yang jadi bentuk sapi, kambing (inves).


profile-picture
anarchy0001 memberi reputasi
Mantap dimulai dari Pemimpin dan Pengusaha..
Saatnya beralih ke minyak nabati..

emoticon-Ngacir Tubrukan emoticon-Ngacir Tubrukan
Quote:


Ntr kalo ngegampar pemerintah, bakal di tuduh aksinya ditunggangi.. emoticon-Leh Uga

Udah mending kerja2 ajalah.. Anggap aja pemerintah itu ga ada..

Mereka support oke,ga juga ga papa.. emoticon-Leh Uga
aduhhh terlalu jauh.

jadi pelopor industri manufaktur aja dulu, atau jadi pelopor pertanian dan perikanan.emoticon-Big Grin

jangan jadi pelopor doa melulu, atau pelopor yang muluk-muluk kejauhan.
Diubah oleh bodico
gedung bertingkat semakin banyak

Pemuda Indonesia Perlu Jadi Pelopor Aksi Darurat Iklim
Di daerah ane pemakaian kantong plastik Ama sedotan plastik sudah dilarang, daerah kalian kapan?
Pemuda Indonesia Pelopor darurat iklim??
Semoga bisa ya suatu saat nanti,krn selama ini ane cuma liat Pemuda Indonesia hanya peduli klo ada darurat Selangkangan..emoticon-Cool


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di