CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
6 Menu Sayur Ndeso Berbahan Dasar Lompong yang Mulai Sulit Ditemukan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d97133e349d0f64e0040860/6-menu-sayur-ndeso-berbahan-dasar-lompong-yang-mulai-sulit-ditemukan

6 Menu Sayur Ndeso Berbahan Dasar Lompong yang Mulai Sulit Ditemukan

KUMPULAN CATATAN KULINER NDESO ROYANI TAHUN 2019 UNTUK KATEGORI JENIS SAYUR LOMPONG

6 Menu Sayur Ndeso Berbahan Dasar Lompong yang Mulai Sulit Ditemukan
 
Apakah Gansis tahu mengenai sayur lompong? Yups, benar! Sayur ini berasal dari batang talas. Sejenis tanaman umbi yang hidup di pekarangan atau kebun dekat rumah.
 
Jenisnya beragam. Tapi tak semuanya dapat dimanfaatkan dikonsumsi manusia. Umumnya jenis ‘’Lompong Paren’’. Yang biasa tumbuh di rawa-rawa berair atau tanah lembab. Teduh dan terlindung dari cahaya. Bukan yang besar dan tumbuh bebas terkena sinar matahari.

Quote:

 
Dan berikut beberapa kuliner Ndeso tersebut. Tidak perlu dikasih resep ya. Sebab pada dasarnya semua resep sama. Hanya bahan bakunya saja yang diganti dengan lompong.
 
1.      SAYUR KUNCI

6 Menu Sayur Ndeso Berbahan Dasar Lompong yang Mulai Sulit Ditemukan
 
Populer disebut pula sayur bening. Bumbu dan cara mengolahnya tetap sama. Tapi tipsnya tetap ikut saran di atas tadi ya. Menu ini paling nikmat disantap pada siang hari yang terik bersama lauk dan sambal.
 
2.      SAYUR BUMBU KETUMBAR

6 Menu Sayur Ndeso Berbahan Dasar Lompong yang Mulai Sulit Ditemukan
 
Sesuai namanya menu tersebut didominasi dengan bumbu ketumbar. Penasaran resepnya? Ini dia! Untuk setiap sayur sebanyak 1 liter plus isi sayurannya bahan yang dibutuhkan adalah : 5 buah bawang putih, 5 buah bawang merah, 2 butir kemiri, 1 sdt ketumbar. Semua bahan ini dihaluskan lalu langsung dimasukkan ke dalam air yang sudah berisi lompong setengah tanak. Tambahkan pula 1 cangkir kelapa parut muda kemudian 1 ruas lengkuas dan 2 lembar daun salam. Jangan lupa garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya. Sayur tersebut tidak pedas. Jadi anak-anak dan manula boleh ikut mengonsumsi.
 
3.      TUMIS

6 Menu Sayur Ndeso Berbahan Dasar Lompong yang Mulai Sulit Ditemukan
 
Sama saja bumbunya dengan resep bumbu tumis lain. Gansis pasti sudah paham bumbunya.
 
4.      GULAI PEDAS

6 Menu Sayur Ndeso Berbahan Dasar Lompong yang Mulai Sulit Ditemukan
 
Ini juga sama memakai resep gulai pedas pada umumnya. Cuma bahan utama yang diganti dengan lompong.
 
5.      SAYUR LODEH

6 Menu Sayur Ndeso Berbahan Dasar Lompong yang Mulai Sulit Ditemukan
 
Untuk jenis sayur ini bisa bercitarasa pedas atau pedas biasa. Tergantung selera. Dan biasanya pula ditambahkan lauk pendukung seperti telur bulat rebus, tahu goreng dan tempe rebus di dalamnya.
 
6.      SAYUR ASEM
 
6 Menu Sayur Ndeso Berbahan Dasar Lompong yang Mulai Sulit Ditemukan

Paduan sayur ini sayuran lain yang ditambahkan biasanya kacang panjang, daun so atau daun singkil. Sejenis tananam perdu yang biasa tumbuh di pagar-pagar rumah di kampung. Bisa dimanfaatkan pula untuk membuat botok ikan dan memasak keong sawah berkuah atau tutut. Rasanya segar dengan aroma agak menyengat.
 
Nah, Gansis dari keenam jenis sayuran tadi adakah di antaranya kalian masih mengenali? Meski memang sedikit agak meninggalkan rasa gatal di tenggorokan, namun pada dasarnya sayur tersebut manis rasanya meski sedikit lembek mirip terong bila telah matang.
 
Sumber artikel : OPINI PRIBADI
 
Sumber-sumber gambar lain : www.cookpad.com
 
JEPARA, 4 OKTOBER 2019
 
#BBB#


profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh royani1975
mejeng di pejwan.

ane suka sayur bening
Lihat 1 balasan
Kalau ini bener bener belum pernah liat sama sekali sih apalagi mencicipi. Kalau ada khasiatmya kayaknya lebih bisa di terima yah gan ...
Lihat 5 balasan
Balasan post Arleneoctav
Khasiatnya? Bentar tak nanya mbah Google dulu😂 tapi fungsinya menambah kenyang perut😂
Balasan post RetnoQr3n
Kalo aku suka yang ditumis mbak😊
ini mah bikin maknyos
Lihat 1 balasan
Mendadak jadi kangen sama sayur lompong, makanan favorit dulu waktu masih merantau 😅
Lihat 1 balasan
Balasan post Arleneoctav
Quote:


sama gan, ane jg baru tau masa kalo ada sayuran begiini, apa mungkin udh pernah icip cuma gatau kl yg dimakan ini
Balasan post erina79purba
Hihihi iya Bun😂
Balasan post haz0204
Beli di pasar ada yang jual kan Sis?😂
Balasan post Arleneoctav
Ini batang talas Gan. Tapi tak semuanya dapat dimasak. Yang bisa dimasak batangnya tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu tinggi. Warnanya hijau muda cerah. Biasa tumbuh di tempat teduh. Kalo di daerah panas tidak bisa. Andaikata bisa pasti gatalnya menyengat di tenggorokan sesudah makan
profile-picture
Arleneoctav memberi reputasi
Balasan post kudanil.la
@kudanil.la bisa jadi Sis😂 dirimu lupa. Enak kok rasanya manis sayur ini😊
Balasan post Arleneoctav
@royani1975 jadiii penasaran ane dan pengen nyobain wkww
ohh wow terimakasih atas infonyaa


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di