CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Fashion /
Ini Dia 5 Motif Batik dan Maknanya, Udah Pada Tahu Belum?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d945c35a727683b3129ae91/ini-dia-5-motif-batik-dan-maknanya-udah-pada-tahu-belum

Ini Dia 5 Motif Batik dan Maknanya, Udah Pada Tahu Belum?

Hari Batik Nasional memang dirayakan pada 2 Oktober setiap tahun, tetapi bukan berarti kita berhenti mengapresiasinya di luar waktu tersebut, bukan? Nah, karena sebenarnya kain batik ini sudah begitu akrab dengan kehidupan kita sehari-hari dari dulu, sebenarnya kita pun sudah akrab dengan motif-motif batik yang sering kita lihat. Namun, tahukah Anda soal nama dan makna di balik setiap motif batik yang paling populer tersebut? 

Yuk, kita kenali beberapa motif Batik paling populer dan makna di baliknya berikut ini!


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Tak kenal, maka tak sayang. Pepatah lama ini rasanya berlaku juga dalam hal melestarikan budaya batik, yang bisa kita mulai dengan mengenali motif-motif batik dari yang paling populer. Tidak sekadar tahu namanya, tetapi juga paham akan makna dan waktu yang tepat untuk memakainya, mengingat doa dan harapan yang juga terkandung di dalamnya. 

Motif mana nih yang jadi favorit kamu? Share yuk Gan Sis!


Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novnovanda dan 55 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kudanil.la
Halaman 1 dari 11
Ane paling seneng motif sidomukti gan. Yang satrio manah juga oke tuh emoticon-Matabelo
Kalau yang motif parang enggak boleh sembarangan makai gan kalau orang jamam dulu. Misal pas masuk keraton gitu enggak boleh pakai motif parang, filosofinya dinilai nantang raja emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Dulu pas tk sama sd ane gambar motif batik gitu nah motifnya persis banget kaya motif batik kawung gitu simpel ya motifnya. Tapi ane paling suka motif sekar nih kebetulan batik2 ane motifnya kaya begitu dan baru tau nama motifnya tu motif sekar wkwk nice info gan! Btw selamat hari batik nasional gansist ayo kita semangat pake batik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
baru tau saya pak emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pabloo
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalau ga salah yg motif parang ini dulu hanya boleh dipakai keluarga raja dan keturunannya ya ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Megamendung juga bagus tuh emoticon-Toast
Hahaha iya, dulu motif itu cuma khusus biat di dalam keraton, terutama raja. Kurang tau juga sih, mungkin suruh ganti emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
waktu seserahan gak boleh ngasih batik motif parang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
skrng mah asa macm batik jersey bola motif kartoon segala
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kayaknya, Nenekku punya semua motif diatas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nais info gan emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pengetahuan baru nih..
ane kira semua batik yg motifnya beda" itu cuma karya kreatifitas doank, rupanya tiap motif ada artinya toh.. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Hahaha bisa pakai kain penutup mungkin, soalnya yang cewek juga harus ganti bawahan, pakai kain juga emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nah motif-motif batik gini ane cuma hafal beberapa aja..
padahal sering bantuin ortu jualan batik
tapi tetep nggak apal-apal
paling apal ya cuma motif sidomukti, truntum, sama kopi pecah 😂😂😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Motif parang kalo nggak salah buat dipake raja bukan sih gan kalo di keraton tuh?
Sidomukti biasanya buat nikahan ato seserahan kan kebanyakan 😆
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 3 lainnya memberi reputasi


Quote:


Wah iya gan? Jangan2 kita satu sd? Apa jangan2 ternyata kita temenan? Thanks kaskus telah mempertemukan q dengan teman sd q. Setelah bertahun2 ditemukan disini #drama #reunidikaskus wkwk dibikin drama aja ye gan biar asik bener gak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Iya bener buat dipakai raja itu. Masing-masing motif ada filosofinya hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Asal enggak ketahuan sih gapapa kayaknya emoticon-Ngakak hahaha.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wow batiknya warnanya bikin greget pen beli
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan Kup4s memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


Quote:


Wah ane pengen ikutan nyari jodoh disini jadinya.. kali aja ane nemu jodoh disini emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cutiepieee
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
lgi bayangin pakek batik wewe
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan Kup4s memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Siaap sisst emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di