CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenang Eyang Habibie Melalui Perpustakaan Habibie & Ainun dan Hobi Membaca
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d91f79e4601cf73637bcc7c/mengenang-eyang-habibie-melalui-perpustakaan-habibie-amp-ainun-dan-hobi-membaca

Mengenang Eyang Habibie Melalui Perpustakaan Habibie & Ainun dan Hobi Membaca

Mengenang Eyang Habibie Melalui Perpustakaan Habibie & Ainun dan Hobi Membaca

Satu sosok, seribu kenangan, itulah almarhum eyang B.J Habibie, lelaki cerdas, berprestasi, setia nan romantis, suami/ayah/kakek penyayang, kalem dan gemar membaca yang sudah seharusnya kita teladani sikapnya. Di era ini, beliau lah contoh yang dapat mematahkan anggapan konyol bahwa "Semua laki-laki sama saja"  karena ente yang begajulan, sok keren, playboy, pemalas dan panasan itu takkan pernah bisa disejajarkan dengan beliau.

Quote:

merupakan beberapa poin dari sederet prestasi beliau sebagai Bapak Teknologi  & Dirgantara Indonesia dan putra terbaik bangsa. Tahu apa "Rahasia Pintar" beliau? Di antaranya adalah membaca buku 7,5 jam sehari! Seperti yang kita udah tau, beliau pernah menuturkan bahwa beliau hanya tidur selama empat jam sehari, selebihnya untuk hal produktif.

Quote:


Semasa kecil beliau yang sudah sangat kritis dan rewel bila pertanyaan-pertanyaannya tak mendapat jawaban ini telah akrab dengan buk. Kesibukan ayahnya,Alwi Abdul Djalil sebagai landbouwconsulent atau setara dengan Kepala Dinas Pertanian di Parepare Sulawesi Selatan membuatnya tak selalu bisa memuaskan rasa ingin tahu Habibie cilik. Alwi pun mengajari Habibie mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaannya melalui buku. Hal itu mendorong Habibie lancar membaca pada usia 4, mulai dari ensiklopedia hingga buku cerita beliau lahap. Namun, buku yang paling berkesan dan menjadi favoritnya adalah buku pertama yang ayahnya belikan, Around the World in 80 Days  karya Jules Verne.

Mengenang Eyang Habibie Melalui Perpustakaan Habibie & Ainun dan Hobi Membaca
Habibie dan buku favoritnya Around the World in 80 Days 

Habibie kecil penasaran, bagaimana orang bisa berkeliling dunia dalam waktu 80 hari saja lalu menanyakan hal itu pada sang ayah. 

Mengenang Eyang Habibie Melalui Perpustakaan Habibie & Ainun dan Hobi Membaca
Mungkin buku ini yang menginspirasi beliau bikin pesawat Gan emoticon-Belo

Kegemaran membaca buku terus melekat dalam kesehariannya, saking gemar membaca beliau jadi agak gagap bicara. Bagi Habibie, buku-buku adalah istananya.

Quote:


Menurut eyang Habibie, di tasnya selalu ada buku, ke mana pun beliau pergi. Entah buku tentang mekanika, filosofi, fisika, ilmu konstruksi.

Quote:


Beruntung beliau mendapat pasangan Hasri Ainun Besari, yang juga memiliki kegemaran yang sama. Sebuah perpustakaan pribadi yang diberi nama Perpustakaan Habibie & Ainun menjadi salah satu bagian penting di belakang hunian mereka di Kuningan, Jaksel


Mengenang Eyang Habibie Melalui Perpustakaan Habibie & Ainun dan Hobi Membaca
Alm eyang BJ Habibie di perpustakaan rumahnya 


Ibu Ainun sendiri lah yang merancang interior megah perpustakaan seluas 8 x 17 meter yang didominasi hayu itu. Hal ini menambah poin plus alasan mengapa tempat tersebut menjadi sudut favorit Habibie di kediamannya. Perpustakaan yang dibangun 2005 - 2007 ini disebut telah menampung sekitar 6.000 koleksi buku. Sebagian buku merupakan koleksinya sejak kuliah, tapi ada pula yang merupakan pemberian. Isinya mulai dari buku karya beliau, kumpulan biografi, sains, politik, ekonomi, sejarah, kebudayaan, agama, hingga seni. 

Tak hanya buku agama Islam yang beliau baca. Saat SMA, Habibie bersekolah di Dago Christian Highschool, yang kini dikenal sebagai SMAK Dago (Bandung). Kala itu, salah seorang guru meminta Habibie bertanya pada ibunya akankah ia mengikuti pelajaran kitab Injil atau tidak, bila tidak, ia boleh menunggu di perpustakaan. Ternyata, sang ibunda menyuruhnya untuk mengikuti pelajaran itu. Ibunya yakin, iman Islam Habibie tak akan goyah meski mempelajari agama lain.

Quote:

Mengikuti saran ibunda, Habibie muda yang sudah belajar membaca Al Quran sejak usia 3 tahun pun mengikuti pelajaran kitab Injil tersebut. Dan lucunya, nilai beliau di pelajaran itu terbaik di kelasnya. Keren kan Gan? Emang udah dasarnya cerdas. Dampak dari mempelajari kitab agama lain justru menjadikan beliau lebih yakin dengan agama yang beliau anut sejak lahir.

Quote:


Mari kita tengok isi perpustakaannya

Mengenang Eyang Habibie Melalui Perpustakaan Habibie & Ainun dan Hobi Membaca
Eropa banget ya nuansanya Gans, mevvah emoticon-Belo

Chandellier (lampu gantung) besar dengan lampu bernuansa kuning menambah suasana hangat nan nyaman perpustakaan ini.


Mengenang Eyang Habibie Melalui Perpustakaan Habibie & Ainun dan Hobi Membaca
Kebayang ane ada pintu berputar ke ruangan rahasia gtu, kayak di film-film

Bukan hanya buku-buku, di perpustakaan itu juga terdapat miniatur pesawat rancangan beliau dan penghargaan-penghargaan yang Habibie dapatkan semasa hidupnya. 


Mengenang Eyang Habibie Melalui Perpustakaan Habibie & Ainun dan Hobi Membaca
Miniatur CN250 dan R80 (yang R80 ini belum kelar Gan emoticon-Frown dan awards beliau

Mengenang Eyang Habibie Melalui Perpustakaan Habibie & Ainun dan Hobi Membaca
Foto-foto Habibie dan Ainun, bersama alm presiden Soeharto juga kalimat-kalimat motivasi turut menghiasi perpustakaan ini

Mengenang Eyang Habibie Melalui Perpustakaan Habibie & Ainun dan Hobi Membaca
Dipake studi tour segala, tapi terbatas, ga sembarangan masuk

Mengenang Eyang Habibie Melalui Perpustakaan Habibie & Ainun dan Hobi Membaca
kalau lagi ada event begini suasananya


Ini liputan dari Grid.ID biar agan bisa liat langsung perpustakaan eyang. Tonton Gann



Lalu bagaimana nasib perpustakaan ini setelah beliau tiada?

Mengutip Kompas Megapolitan, Sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto mengatakan, perpustakaan Habibie Ainun akan dibuka untuk umum. Almarhum Habibie pernah berpesan bahwa rumahnya adalah milik negara (tanahnya emang hadiah dari negara). Oleh karena itu, secara tidak langsung koleksi bukunya juga milik negara dan rakyat Indonesia.

Quote:


Masha Allah, sebelum wafat pun Eyang Habibie sudah mengamanatkan perpustakaan ini untuk negara, demi kemajuan ilmu pengetahuan generasi penerus bangsa emoticon-Belo Jadi ntar kita bisa ngakses buku-buku koleksi beliau. Semoga dengan membaca buku-buku beliau kita bisa sedikit terciprat kepintaran beliau (kalau kecerdasan ga bisa Gan, udah dari sononya, udah berakar sejak kecil, tak bisa dipaksakan wkkw). Hal ini diharapkan bisa memotivasi kita semua untuk terus mau belajar seperti beliau.

Quote:


Mengenang Eyang Habibie Melalui Perpustakaan Habibie & Ainun dan Hobi Membaca

Sumber : 
https://www.cnnindonesia.com/interna...i-kancah-dunia

https://gaya.tempo.co/read/1247092/m.../full&view=ok
https://www.liputan6.com/health/read...h-istana-saya
https://kumparan.com/berita-heboh/ge...ya-1rqeLzLcnkN


Sekian dan terima cendol emoticon-Kiss


Tokoh Selain Eyang Habibie Yang Menginspirasi Ane Buat Rajin Membaca
Yang ini koleksi buku di rumahnya ada 17.000 dooong!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh online.addict
Waww megah banget, pengen kesana Sist emoticon-Matabelo
Quote:


Coba cari tau Gan, gugling web perpustakaannya, siapa tau bisa masuk emoticon-Cool

Ane juga belom pernah
Injury time? Emang dateline kompetisinya today terakhir Gan? Wah Ibu ketinggalan! emoticon-Hammer

Selamat Jalan Pak Habibie emoticon-Frown
Quote:


Iyaa terakhir tanggal 30 Sept. Masi ada 50 menit noh Bu emoticon-Ngakak (S)
pantas saja gann beliau punya ilmu yang begitu dahsyat. wong kecintaan beliau pada bukunya aja dahsyat banget
Quote:


Betul Gaaan, kita yg remah2 roti itu harusnya kayak beliau rajin baca, kalau mau pinter emoticon-Belo
Diubah oleh online.addict
Wah, tempat yang wajib ane datangi ini. Thanks atas thread-nya ya Gan
Wah wah, sama aja kekny ya, posting d hari terakhir hahaha.

Bj Habibie memang sosok inspiratif. Banyak pengajaran yang bisa kita ambil dari kisah n prestasi d hidupnya
emoticon-2 Jempol
Bapak negara kita emang paling suka membaca ya gan, dari Moh Hatta sampai ke Habibie gak heran kalau pandangannya sangat visioner untuk Indonesia ke depannya.

Ane jadi ngiri pengen punya perpustakaan sendiri kaya gitu gan wkwj
Quote:

Sama sama Gaan emoticon-Peluk


Quote:

Hooh nih Gan emoticon-Ngakak (S)

Iya betuuul emoticon-Belo
Sosok yang patut diteladani Gan


Quote:

Iyess betul Gaan emoticon-Belo
Cus wujudkaaaan

Ane jaman SD pernah bikin perpus mini sama tetangga2, isinya buku2 cerita. Eh trs diprotes sekolah, gara2 perpus sekolah jadi ga laku emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Lanjutin lagi gan, bikin di kampung kampung ente gan atau perpus keliling gitu.
Kalo misal ente kekurangan buku nanti bisa bilang ane, kebetulan ane kerja di perpustakaan
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
online.addict memberi reputasi
Quote:


Bokek Gan emoticon-Mewek wkwmwmmw
Wawwwww kerenz kerja di perpus, pengeeen. Dulu kuliah jurusan apa gan?
Quote:


Wkwk kebetulan aja sih gan.
Dulu kuliah jurusan sejarah gan, jadi gak bisa jauh jauh dari buku.
emoticon-Ngakak
Quote:


Wiii cucok emoticon-Wow
kalau Pak Habibie jgn dikata. beliau memang sosok inspiratif. tokoh yg patut dicontoh
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
waaah perpusnyaaaa... pingiin aku punya yg kaya begituuu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di