CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Lulusan Terbaik Akmil yang Jadi Tukang Jagal Para Jenderal saat G30S/PKI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9192c35cf6c4745d70cd7b/lulusan-terbaik-akmil-yang-jadi-tukang-jagal-para-jenderal-saat-g30s-pki

Lulusan Terbaik Akmil yang Jadi Tukang Jagal Para Jenderal saat G30S/PKI

MINEWS.ID, JAKARTA – Nama Letnan Kolonel Untung tentu tak asing, bila dikaitkan dengan peristiwa G-30S PKI. Meski berstatus Letkol, namun ia menjadi pemimpin gerakan tersebut. Membawahi seorang jenderal, Brigdjen Supardjo yang malah ditunjuk sebagai wakil komandan.
Lantas siapa sebenarnya Letkol Untung?

Ia lahir di Desa Sruni, Kedungbajul, Kebumen, Jawa Tengah pada 3 Juli 1926 dengan nama kecil Kusmindar alias Kusman.

Namanya berubah menjadi untung setelah masuk TNI melalui Akademi Militer di Semarang. Untung tercatat sebagai lulusan terbaik Akademi Militer Semarang saat itu.

Tahun 1956, Untung kemudian bergabung menjadi anggota Batalyon 454 Kodam Diponegoro yang saat itu masih bernama Tentara dan Teritorium IV Diponegoro. Ia menjadi anak buah Soeharto yang saat itu berpangkat kolonel dan menjadi Panglima T&T IV Diponegoro.

Karier Untung di militer begitu moncer saat di Kodam Diponegoro. Pada 1958 di bawah pimpinan Mayor Jenderal Ahmad Yani, Untung terlibat dalam operasi penumpasan pemberontakan PRRI atau Permesta di Bukit Gombak, Batusangkar, Sumatera Barat.

Lulusan Terbaik Akmil yang Jadi Tukang Jagal Para Jenderal saat G30S/PKI

Atas kesuksesan tersebut, pada 14 Agustus 1962 Untung kemudian kembali terpilih sebagai prajurit yang terlibat dalam Operasi Mandala membebaskan Irian Barat yang dipimpin oleh Soeharto, yang kala itu sudah menjabat sebagai Panglima Kostrad dengan pangkat Mayor Jenderal.

Saat itu Untung memimpin kelompok kecil pasukan yang bertempur di hutan belantara Kaimana, Irian Barat. Dalam operasi inilah Untung menunjukkan kelasnya sebagai lulusan terbaik Akademi Militer. Bersama Benny Moerdani, ia mendapatkan penghargaan Bintang Sakti dari Presiden Sukarno.

Dalam sejarah Indonesia, hanya beberapa perwira yang mendapatkan penghargaan ini. Bahkan Soeharto, selaku panglima Kostrad saat itu, hanya memperoleh Bintang Dharma, setingkat di bawah Bintang Sakti.

Setahun kemudian Untung diangkat menjadi Komandan Batalyon 454/Banteng Raiders Kodam Diponegoro yang dibentuk oleh Letjen Ahmad Yani.

Tahun 1964 atas rekomendasi Panglima Kostrad Mayor Jenderal Soeharto, Letkol Untung direkomendasikan sebagai Komandan Grup Batalyon I Tjakrabirawa. Setahun kemudian tepatnya 30 September 1965 Untung yang pernah terlibat dalam pemberontakan PKI Madiun memimpin penculikan 6 jenderal dan 1 perwira menengah TNI AD.

Jenazah tujuh perwira TNI AD tersebut pada Jumat dini hari 1 Oktober 1965 dimasukkan dalam sumur tua di Lubang Buaya, Jakarta Timur. Jenazah mereka baru diketemukan tiga hari kemudian dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, tepat ketika TNI merayakan hari jadinya pada 5 Oktober 1965.sumber

Soeharto, dalam biografi Soeharto: The Life and Legacy of Indonesia’s Second President, mengakui bahwa ada PKI di belakang gerakan Letkol Untung.

“Saya mengenal Untung sejak 1945 dan dia merupakan murid pimpinan PKI, Alimin. Saya yakin PKI berada di belakang gerakan Letkol Untung,” kata Soeharto dalam buku yang ditulis Retnowati Abdulgani Knapp.



letkol untung yang terknal menjadi kmando pergerakan di beberapa titik saat kejadian.
emoticon-Cool



profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
hariyanto227 memberi reputasi
emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai
profile-picture
hariyanto227 memberi reputasi
sejarah dibuat oleh pemenang
jadi gak usah terlalu dipercaya
profile-picture
profile-picture
hariyanto227 dan duaporsi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Banteng reider itu bentukan yani... Tp justru malah pro pki.

Untung memang mantan anakbuah suharto... Tp soal ideologi ga musti pro suharto.
profile-picture
hariyanto227 memberi reputasi
kok, ane malah merasa de javu ya ama topik sejenis ini di dlm SF yg sama, gan....
profile-picture
hariyanto227 memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Sejak kapan Untung jadi abituren Akmi???
TS nya hati2. Jgn menyebar info ga jelas. Apalagi ini menyangkut nama baik satuan!!
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
akmil kok di semarang ...
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Krn sumbernya ndak jelas, ane numpang ngimak ae.

emoticon-coffee emoticon-Big Grin
profile-picture
black_robo memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di