KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Electronics /
5 Cara Menggunakan Microwave Yang Baik dan Benar!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9177922f568d13366005aa/5-cara-menggunakan-microwave-yang-baik-dan-benar

5 Cara Menggunakan Microwave Yang Baik dan Benar!

5 Cara Menggunakan Microwave Yang Baik dan Benar!Memiliki peralatan elektronik tentunya membuat pekerjaan rumah jadi lebih mudah. Salah peralatan elektronik yang sering digunakan adalah microwave. Dengan fitur yang beragam dan lebih canggih, microwave tidak hanya memiliki fungsi menghangatkan, namun juga bisa memasak makanan. Bisa dibilang, satu alat ini saja sudah cukup membuat hidupmu dirumah jadi lebih mudah.


Microwave juga sangat cocok digunakan untuk ibu dan istri yang sehari-hari bekerja. Waktu yang terbatas, membuat mereka sering memasak dalam porsi banyak seharian yang kemudian dibekukan di freezer. Ketika akan makan, makanan dikeluarkan sedikit dan dihangatkan menggunakan microwave. Sayuran dan kerupuk pun bisa dimasak di Microwave. Tentu jadi lebih sehat kalau bebas minyak.

Meskipun begitu, menggunakan Microwave juga harus dilakukan dengan baik dan benar agar tidak gampang rusak. Jika sering rusak dan beli berkali-kali tentu akan menguras budget setiap bulannya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan Microwave yang baik dan benar agar tidak gampang rusak. Apa saja itu?

Berikut ini 5 cara menggunakan microwave yang baik dan benar tidak gampang rusak yang bisa kamu terapkan.

Mengetahui Fitur Microwave 

5 Cara Menggunakan Microwave Yang Baik dan Benar!

Cara yang pertama adalah mengetahui fitur Microwave yang dimiliki di rumah. Hal ini sangat penting karena berhubungan juga dengan harga pembelian microwave. Banyak fitur canggih tapi tidak berguna, tentu sebuah pemborosan karena harganya pasti lebih mahal. Alangkah baiknya kamu menetapkan di awal apa saja yang ingin kamu lakukan dengan microwave ini di rumah, sehingga lebih bermanfaat dan tepat guna.

Menempatkan Makanan di Tempat Selain Logam

5 Cara Menggunakan Microwave Yang Baik dan Benar!

Cara kerja microwave pada prinsipnya mirip dengan oven biasa. Bedanya, jika sumber panas oven adalah api, sedangkan microwave adalah gelombang radio frekuensi tinggi. Gelombang ini akan dipantulkan oleh logam atau metal, sehingga panas tak akan masuk ke dalam wadah. Maka dari itu hindari bahan tatakan berbahan tersebut.

Memperhatikan Cara Memasak yang Benar

5 Cara Menggunakan Microwave Yang Baik dan Benar!

Dengan mengetahui posisi memasak yang tepat, maka makanan akan matang dengan sempurna. Sebagai contoh, untuk makanan seperti roti, telur, steak has dalam ukuran besar, dan makanan yang meleleh seperti keju dan coklat, maka posisi masak sebaiknya disetel pada posisi Low. Namun, sebaliknya makanan yang banyak mengandung air, seperti sup, puding, atau saus, dipanaskan dalam posisi High. Cara menggunakan microwave yang benar akan membuat nilai gizi pada makanan tidak hilang.

Membersihkan Microwave Setelah Digunakan

5 Cara Menggunakan Microwave Yang Baik dan Benar!

Sisa makanan kering yang menempel di area dinding microwave bagian dalam lebih susah dibersihkan setelah digunakan dibandingkan saat terjadi. Saat itu bagian makanan masih panas bisa dilap dengan kain atau tisu. 

Jika di dalamnya terdapat banyak kerak dan kotoran sisa makanan, maka kinerja microwave jadi berkurang dan akhirnya rusak. Salah satu langkah pencegahan adalah dengan selalu menutup makanan ketika ingin dipanaskan atau dimasak menggunakan penutup microwave yang terbuat dari kertas towel, kertas waxed, atau tutup gelas biasa. Tujuannya untuk menahan percikan mengenai dinding microwave.

Simpan Kartu Garansinya dengan Baik

5 Cara Menggunakan Microwave Yang Baik dan Benar!

Mungkin masih banyak yang melupakan satu hal ketika membeli Microwave atau barang lainnya yaitu Kartu Garansi. Meskipun terlihat sepele karena bentuknya berupa kertas yang tidak terlihat berharga, kartu ini sangat penting untuk membantu menangani Microwave yang rusak. Jika tidak ada kartu garansi, pihak pabrik dan toko tidak bisa membantu dengan gratis. Jadi, kamu harus mengeluarkan banyak budget lagi untuk memperbaiki Microwave. Maka dari itu, pastikan ikuti petunjuk pengajuan garansi yang tersedia dan simpan bukti pembeliannya.

Itulah 5 cara menggunakan microwave yang baik dan benar tidak gampang rusak yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat!


profile-picture
profile-picture
asepdeni343 dan trifatoyah memberi reputasi
Cara paling utama adalah colokan kabelnya sebelum dipakai gan emoticon-Cool
Belum punya...hehe
Bagus!!
makasih infonya, nice Thread
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06


Quote:


bikin tutorial dong gan , cara menyolokan kabel microwave
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
tes listrik di rumah, kuat apa nggak buat nyolokin mikrowef


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di