CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
6 Resep Makaroni Ide Bisnis Jajan Anak Sekolah Harga 1000
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d90358db84088728023f8a3/6-resep-makaroni-ide-bisnis-jajan-anak-sekolah-harga-1000

6 Resep Makaroni Ide Bisnis Jajan Anak Sekolah Harga 1000

KUMPULAN CATATAN RESEP JAJAN ANAK SEKOLAH SITI ROYANI BERBAHAN DASAR MAKARONI BULAN SEPTEMBER 2019

6 Resep Makaroni Ide Bisnis Jajan Anak Sekolah Harga 1000
    
Agan Sista siapa nih yang pengen punya tambahan duit dari bisnis jajan anak sekolah? Yups, meski terdengar receh, nyatanya usaha ini sangat menggiurkan dan sampai kapanpun tak akan pernah kehilangan penggemar.
 
Nah, ngomong-ngomong mengenai hal tersebut berikut penulis berikan 6 resep berbahan dasar macaroni yang bisa kalian contek. Kue bisa dititipkan ke kantin sekolah dengan dibungkus plastik mika paling kecil ya. Atau bila rumah Agan Sista dekat sekolahan, bisa langsung menggelar lapak sendiri di teras rumah.
 
Resep-resep berikut mantap nih dicoba, buat tambah-tambah uang jajan. Karena harganya memang terbilang sangat ekonomis, ada beberapa bahan premium yang sebaiknya diganti saja ya. Menyesuaikan harga jualnya. Yang pasti ide jajan ini aman, bergizi serta menyehatkan. Layak dikonsumsi anak-anak. Jadi sebagai orang tua tidak perlu merasa cemas akan kesehatan mereka selama jajan di sekolah.
 
Dan inilah catatan resep selengkapnya!
 
1.      MAKARONI GORENG

6 Resep Makaroni Ide Bisnis Jajan Anak Sekolah Harga 1000 6 Resep Makaroni Ide Bisnis Jajan Anak Sekolah Harga 1000
 
Bahan yang diperlukan :
 
-         500 gram macaroni atau sesuai kebutuhan
 
-         3 butir bawang putih parut
 
-         2 sdm tepung terigu
 
-         1,5 liter air
 
-         Minyak goreng secukupnya
 
-         Bubuk kaldu ayam secukupnya
 
-         Bubuk cabai secukupnya
 
-         Lada secukupnya
 
-         Garam secukupnya
 
-         Gula halus secukupnya
 
-         Bawang putih bubuk (khusus ditaburkan bila memakai cara pertama seperti di bawah ini)
 
Cara membuat :
 
Cara 1 :
 
-         Supaya macaroni mengembang saat digoreng, jemurlah beberapa saat lamanya. Diamkan sebentar baru digoreng dengan api sedang dan tenang.
 
-         Setelah itu angkat dan tiriskan.
 
-         Selagi masih hangat, masukkan ke dalam toples. Beri secukupnya garam, gula halus, bubuk lada, bubuk bawang putih dan bubuk kaldu. Tutup rapat toples lalu kocok sampai merata. Bila ingin pedas boleh tambahi bubuk bumbu balado atau bubuk cabai seperlunya ya.
 
-         Kemudian tumpahkan ke nampan, tunggu sampai benar-benar dingin baru dikemas dalam plastic 0,3 ukuran 1 ons. Isi sesuai harga yang dijual, lalu staples rapat dan siap dijual.
 
 
Cara 2 :
 
-         Didihkan air dan tetesi sedikit minyak, lalu masukkan macaroni dan sejumput garam.
 
-         Rebus selama 5 menit, lalu angkat dan tiriskan sebentar. Beri tepung terigu dan bawang putih parut. Campur merata masukkan macaroni dan aduk-aduk.
 
-         Ayak macaroni, selanjutnya goreng hingga garing.
 
-         Langkah selanjutnya seperti cara pertama yakni dimasukkan ke dalam toples selagi masih hangat dan ditaburi bumbu sampai benar-benar merata.
 
2.      MAKARONI GADO-GADO


 

6 Resep Makaroni Ide Bisnis Jajan Anak Sekolah Harga 1000

Bahan yang diperlukan :
 
-         500 gram macaroni
 
-         1,5 liter air
 
-         1 sdt garam
 
-         Minyak goreng secukupnya
 
Bumbu yang dibutuhkan : 
 
-         3 butir bawang putih
 
-         5 butir bawang merah
 
-         10 buah cabai merah keriting
 
-         5 buah cabai rawit merah
 
-         1 sdm gula pasir
 
-         1 sdt garam
 
-         1 sdt bubuk kaldu/micin non MSG (resep silakan intip di thread terdahulu ya)
 
-         Air secukupnya
 
Cara membuat :
 
-         Didihkan air lalu masukkan macaroni berserta garam. Tunggu selama 5 menit lalu angkat dan tiriskan! Beri sedikit minyak goreng aduk perlahan agar tidak menggumpal. Ingat jangan merebus lama-lama ya. Selanjutnya, goreng satu persatu agar tidak menggumpal dalam minyak panas sedang.
 
-         Haluskan semua bumbu selanjutnya tumis hingga harum.
 
-         Masukkan air tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk.
 
-         Tunggu sampai air mengering baru matikan api.
 
-         Dalam wajan, masukkan semua macaroni. Aduk secara merata dan biarkan dingin setelah itu dikemas rapi.
 
3.      MAKARONI TELUR

6 Resep Makaroni Ide Bisnis Jajan Anak Sekolah Harga 1000
 
Bahan yang dibutuhkan :
 
-         100 gram macaroni
 
-         2 butir telur
 
-         2 batang daun bawang
 
-         2 buah wortel
 
-         3 butir bawang putih
 
-         1 sdt lada bubuk
 
-         1 sdt kaldu bubuk
 
-         Minyak goreng secukupnya
 
-         1 liter air
 
 
Bumbu atau bahan pelengkap lain :
 
-         Saus mayones secukupnya
 
-         Saus cabai
 
-         Saus tomat
 
-         Bumbu bubuk jagung manis, balado atau bbq
 
Cara membuat :
 
-         Didihkan air, lalu masukkan macaroni rebus sampai warnanya berubah putih. Angkat, tiriskan.
 
-         Selanjutnya pecahkan dua telur, kocok-kocok dan bagi menjadi 2 bagian. Sebagian dituang ke dalam macaroni dan diaduk rata. Sisihkan sebagiannya lagi.
 
-         Kemudian cuci bersih semua bahan adonan, cincang halus dan taburkan ke dalam adonan macaroni tadi. Aduk merata.
 
-         Siapkan cetakan apem atau pia-pia, olesi dengan sedikit mentega lalu tuang adonan tersebut satu persatu. Tambahkan sisa kocokan telur di atasnya.
 
Penyajian :
 
Cara 1 :
 
-         Diolesi saus mayones, saus cabai atau saus tomat mirip pizza
 
Cara 2 :
 
-         Ditaburi aneka bumbu bubuk atau sesuai selera seperti cara menyantap aci macaroni. Dikocok-kocok baru dihidangkan.
 
4.      MAKARONI ACI

6 Resep Makaroni Ide Bisnis Jajan Anak Sekolah Harga 1000
 
Bahan untuk membuat aci :
 
-         250 gram tepung sagu /tapioka
 
-         50 gram tepung terigu
 
-         ½ sdt lada bubuk
 
-         Air panas secukupnya
 
-         Minyak goreng secukupnya
 
Bahan adonan macaroni :
 
-         100 gram macaroni
 
-         1 liter air
 
-         2 butir telur
 
-         2 batang daun bawang iris tipis
 
-         3 butir bawang putih haluskan
 
-         1 sdt lada bubuk
 
-         1 sdt kaldu bubuk
 
-         1 sdt garam
 
-         Minyak secukupnya
 
 
Bahan topping :
 
-         Aneka saus atau bumbu bubuk sesuai selera saja ya.
 
Cara membuat :
 
Langkah 1 :
 
-         Membuat adonan aci. Campur semua bahan lalu tuangi dengan sedikit air hangat. Remas-remas dan uleni sampai kalis.
 
-         Ambil talenan, beri adonan secukupnya lalu gilas merata.
 
-         Potong-potong memanjang seperti kwetiaw kemudian iris kecil-kecil lagi. Kerjakan sampai habis adonan.
 
-         Didihkan air dengan sedikit minyak, masukkan adonan aci tadi.
 
-         Tunggu sampai matang, baru diangkat.
 
 
Langkah 2 :
 
-         Rebus macaroni dengan air sampai berubah warna atau mengembang. Angkat dan tiriskan!
 
-         Campur dengan aci dan bahan bumbu lain selanjutnya aduk-aduk.
 
-         Pecahkan telur, kocok dan bagi dua bagian. Sebagian disisihkan dan sebagian lagi dituang ke dalam adonan aci dan macaroni.
 
-         Siapkan cetakan apem atau pia-pia, olesi dengan sedikit minyak dan tuang secukupnya adonan. Bagi rata.
 
-         Tutup dengan sisa bahan kocokan telur. Masak sampai matang sambil sesekali di bolak-balik agar matang merata.
 
-         Sajikan bersama bumbu bubuk yang telah dikocok terlebih dahulu dalam toples kecil.
 
-         Sajikan hangat.
 
 
5.      MAKARONI PIZZA

6 Resep Makaroni Ide Bisnis Jajan Anak Sekolah Harga 1000
 
Bahan yang diperlukan :
 
-         200 gram macaroni
 
-         2 sdm tepung terigu
 
-         1 liter air
 
-         2 buah sosis iris tipis
 
-         2 buah telur
 
-         2 butir bawang putih parut
 
-         1 sdt lada bubuk
 
-         Kaldu bubuk secukupnya
 
-         Keju parut secukupnya (boleh dihilangkan sesuai harga jual ya Gansis)
 
-         Saus mayones, sambal atau tomat secukupnya
 
-         Minyak goreng secukupnya
 
Cara membuat :
 
-         Didihkan air lalu rebus macaroni sampai berubah warna. Angkat dan tiriskan.
 
-         Campur dengan tepung terigu berserta bumbu pelengkap lainnya.
 
-         Pecahkan telur di atasnya dan campur rata.
 
-         Siapkan cetakan apem atau pia-pia. Olesi sedikit minyak dan tuang satu persatu adonan.
 
-         Beri sosis secukupnya kemudian masak dan tutup cetakan.
 
-         Setelah setengah matang, buka lalu olesi dengan saus mayones, saus cabai dan saus tomat. Masak kembali hingga matang sempurna.
 
-         Hidangkan selagi masih panas.
 
 
6.      MAKARONI KUKUS/PANGGANG
 
6 Resep Makaroni Ide Bisnis Jajan Anak Sekolah Harga 1000

Bahan yang dibutuhkan :
 
-         250 gram macaroni
 
-         1 liter air
 
-          2 sdm tepung terigu
 
-          3  butir telur
 
-         ½ bawang Bombay cincang halus
 
-         2 butir bawang putih cincang halus
 
-         1 sdt lada bubuk
 
-         2 buah sosis iris tipis
 
-         1 sdt kaldu bubuk
 
-         Garam secukupnya
 
-         Keju parut dan susu secukupnya (boleh diskip menurut harga jual ya Gansis)
 
-         Minyak goreng secukupnya
 
Cara membuat :
 
-         Siapkan cetakan bolu ukuran paling kecil terlebih dahulu. Terserah bentuk bulat atau lonjong. Kemudian olesi dengan sedikit minyak goreng. Persiapkan pula dandang yang telah diisi air bila ingin dikukus atau oven yang sudah siap dipanaskan sewaktu-waktu.
 
-         Selanjutnya didihkan air bersama sejumput garam. Masukkan macaroni dan rebus sampai mengembang dan berubah warna.
 
-         Angkat lalu tiriskan.
 
-         Dalam wadah, campur semua bahan dan jangan lupa pecahkan telur di atasnya aduk merata lagi.
 
-         Panaskan dandang atau oven.
 
-         Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam semua wadah cetakan, kemudian kukus atau panggang selama kurang lebih 20 menit.
 
-         Angkat dan sajikan panas bersama saus tomat, saus sambal atau saus mayones.

Quote:

 
Selamat mencoba!
 
Sumber tulisan : Pengalaman pribadi dengan referensi situs www.cookpad.com dan telah diubah seperlunya oleh penulis berdasar praktik yang dilakukan.
 
Sumber-sumber gambar : www.cookpad.com
 
JEPARA, 29 SEPTEMBER 2019
 
#BBB#


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Indriaandrian dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh royani1975
Halaman 1 dari 5
gurih pak eko
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan royani1975 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Belom pernah coba makaroni pizza dan makaroni aci gan, kok kayaknya enak ya yang makaroni aci? Bisa dicoba nih resepnya, biasanya ane cuma tau yang makaroni telor alias maklor
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan royani1975 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
aku suka stok makaroni
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan royani1975 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post pabloo
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Balasan post orgbekasi67
Iya Sis enak juga kok. Ditaburi bumbu bubuk dimakan panas-panas. Wuih mantul😂😂😂
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Balasan post trifatoyah
Ayo Sis dicoba resepnya😄
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
jadi lpar deh
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan


Quote:


Bumbu bubuknya bon cabe ya gan? Apalagi pas anget anget tuh, mantap betul kayaknya emoticon-Big Grin
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 7 balasan
besok bikin ahhhh ....
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kesukaan anak anak nih
Lihat 1 balasan


Quote:

Bikin yg banyak gan
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bikin laper aja enih trit malem2 gini emoticon-Frown
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Makasih gan resepnya kayanya kalo ane bakal nyoba yg macaroni pizza deh kalo yg makaroni goreng atau yg pedes2 gitu ane lebih mending beli aja di warung wkwk
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Waah nice thread loh gan, lengkap nih infonya. emoticon-Jempol

Ane kirimin cendol yee biar seger dan semangat, apalagi isi thread juga bagus kok emoticon-Smilie nih meluncur
emoticon-Cendol Gan

Btw gak paham sama ide poin kedua, makaroni gado2 atas dasar apa ya kok dinamai gitu emoticon-Big Grin
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Terus dijualin yaaaa
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Wah menarik sekali tips olahan makaroninya ya gan, minimal bisa juga lah buat cemilan anak-anak, bahkan cemilan orang dewasa juga enak, terutama makaroni goreng pedasnya..Kalau ada waktu luang bisa bikin banyak dan dijual, dititip di kantin-kantin sekolahan.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kebiasaan bini ane nih kebarat baratan , sering ngolah makaroni kaya tulisan te es , tapi gapernah enak , ujung ujungnya ane juga yg masak emoticon-Marah

ane masakin aja tempe orek ala perancis emoticon-Ultah
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
demiapasi liat yang beginian aja siang2 bikin laper banget. jadi pengen maklor dkt kampus ane gan emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Ada yg ide bisnis laingan kalau mau cuan banyak tuh ice cream hand made emoticon-Betty

Mampir tempat ane juga gan
Pertanyaan Besar Yang Jadi Misteri Di Grabfood Dan Gofood
https://kask.us/iDhjd
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post orgbekasi67
Iya Sis benar😊
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di