CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ayo! Menjadi Suporter yang Baik untuk Olahraga Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8f84fe349d0f37645beebf/ayo-menjadi-suporter-yang-baik-untuk-olahraga-indonesia

Ayo! Menjadi Suporter yang Baik untuk Olahraga Indonesia

Ayo! Menjadi Suporter yang Baik untuk Olahraga Indonesia


Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia memiliki beberapa cabang olahraga. Diantara cabang olahraga tersebut, pasti telah membawa nama harum bangsa Indonesia di dunia internasional. Tentu hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia.


Demikian juga bagi suporter, juga harus bisa menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Suporter berbeda dengan makna penonton biasa. Penonton berarti orang yang menyaksikan suatu pertunjukan atau tontonan. Sedangkan suporter berarti orang yang memberikan suport atau dukungan.


Ayo! Menjadi Suporter yang Baik untuk Olahraga Indonesia


Menjadi suporter itu harus mentaati aturan yang ada. Fanatik boleh-boleh saja dan tidak dilarang, asal jangan sampai melampaui batas dan merugikan orang lain. Niat menjadi suporter pasti mau menikmati aksi-aksi tim dan pemain idola. Jadi, jangan memprovokasi pertandingan dengan amarah dan keributan. Hal tersebut tidak ada gunanya.


Ayo para suporter, dukung olahraga Indonesia dengan sikap-sikap positif ya! Misalnya :

1. Sportif dan tepuk tangan

Kecewa itu boleh, jika tim idola kalah. Tapi tetap hargai kerja keras para pemain idola ya! Berikan tepuk tangan hangat kepada mereka dan hindari bentrok dengan suporter tim lain. Dengan begitu, tim idola akan merasa didukung penuh oleh suporternya.

2. Hilangkan ego

Ego adalah hal paling besar yang membuat suporter bisa berlaku keji terhadap suporter lain. Ketika suporter mampu mengontrol ego, maka hal tersebut merupakan sebuah pencapaian tertinggi dari seorang suporter berkelas. So, buang selalu ego kalian ya!

3. Menyanyikan lagu kebangsaan

Menyanyikan lagu kebangsaan dengan hikmad adalah lebih baik daripada membuat rusuh di arena pertandingan. Karena menyanyikan lagu kebangsaan juga akan menambah semangat bagi para pemain. Nah, suporter harus serempak menyanyi ya!

4. Tumbuhkan sikap saling menghargai

Rasa saling menghargai harus ditumbuhkan dan disebarkan secara besar-besaran agar mengikis sebuah fanatisme. Jika ada suporter yang khilaf, lebih baik tenangkan dan jangan ikut-ikutan khilaf.

5. Jaga keamanan dan taati peraturan yang ada

Menjadi suporter, tentu mempunyai peraturan. Taatilah semua peraturan yang ada. Misalnya, dilarang membawa senjata tajam, dilarang membawa minuman keras dan beralkohol, dilarang membawa petasan dan sebagainya. Larangan-larangan tersebut mempunyai tujuan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di area pertandingan.


Gan/Sist semua pasti juga mendengar kabar bahwa khir-akhir ini ada konflik antara PB Djarum dan Komunitas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Beredar pula tentang isu eksploitasi anak dalam seleksi atlet bulu tangkis. Semoga hal ini hanya kesalahpahaman saja. Sehingga pemerintah, KPAI dan PB Djarum Foundations bisa berdiskusi bersama untuk membicarakan jalan keluar terbaik.


Sudah saatnya Gan/Sist kita belajar untuk menjadi suporter yang baik dan mendukung tim dengan sehat. Dengan demikian, hal-hal negatif akan terhindar.


Tetap semangat menjadi suporter olahraga Indonesia. emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh alva610
Tambahan lagi gan
tetap mendukung ketika lagi kalah
Jangan suka bully atlet di media sosial
hargai lagu kebangsaan lawan
profile-picture
alva610 memberi reputasi
jelas nomor satu menurut ane sih kudu banget hormatin satu sama lain gan, kalo nga ya udah timbullah tuh kalimat aneh aneh
profile-picture
alva610 memberi reputasi


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di