CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Gak Pernah Baca Buku? Ini Dia 7 Tips Buat Kamu Yang Malas Baca Buku
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8dffba9a972e2a553b88ad/gak-pernah-baca-buku-ini-dia-7-tips-buat-kamu-yang-malas-baca-buku

Gak Pernah Baca Buku? Ini Dia 7 Tips Buat Kamu Yang Malas Baca Buku



Gak Pernah Baca Buku? Ini Dia 7 Tips Buat Kamu Yang Malas Baca Buku
Source : Pixabay


Halo agan dan sista semuanya, gimana sehatkan? Ya pasti dong, kan lagi ngaskus. Ane sekarang mau berbagi tips buat agan dan sista di sini, soal masalah Bagaimana Agar Kita Suka Baca Buku. Ane sendiri sekarang lagi suka-suka nya baca buku nih gan, meski buku yang ane punya ga terlalu banyak.


Ane demen banget baca buku seputar Self Improvement, Komputer, dan sisanya novel. Kenapa ane pengen share ini, karena seperti yang kita tahu bahwa literasi membaca masyarakat Indonesia masih rendah dibanding dengan negara-negara lain.


Nah maka dari itu, ane punya tips dari pengalaman yang ane alamin sendiri gimana biar suka baca buku (walaupun buku itu se tebel make up cewe emoticon-Wowcantik.)


1. Beli buku sesuai minat kita


Ini penting banget gan, soalnya kita gak akan bisa fokus atau nerap kalo buku yang kita baca itu bukan minat atau kesukaan kita. Ambil contoh saat kita belajar di sekolah, buku yang kita baca umumnya sangat membosankan, kenapa? Karena buku yang kita baca itu bukan atas dari kesukaan kita.


Banyak orang tidak suka buku, karena pengalaman dia baca buku yang gak dia sukai, jadi dia berasumsi bahwa semua buku yang ada, itu sangat membosankan layaknya buku pelajaran di sekolahan dulu. (hayo ngaku, siapa yang dulu males banget baca buku pelajaran emoticon-Big Grin, sama kok ane juga, hehe).


2. Pilih buku dengan bacaan yang ringan


Maksudnya, agan pilih buku dengan kata-kata yang memang biasa dipakai dalam keseharian agan ngobrol. Buku dengan bacaan yang berat, biasa kita temui di buku-buku pelajaran kita saat masih SMA ya kan? Alhasil kita males baca buku karena yang kita tahu, umumnya buku pake bahasa berat atau baku.


Padahal, kenyataannya banyak juga lho, buku-buku yang punya gaya penulisan yang menggunakan kata-kata ringan untuk dibaca.

Terus, gimana cara kita liat bahwa buku ini ringan atau tidak? Ane sendiri biasa liat dibagian belakang gan atau kalo bukunya ada yang udah dibuka plastiknya, coba deh baca sedikit bab pertamanya.


Indikator menurut ane bahwa buku itu berat untuk dibaca atau tidak, apakah saat kita membacanya kita membutuhkan KBBI (untuk mencari arti kata)? Apakah buku itu membuat kita berfikir lama untuk mencari tahu apa yang dimaksud?


Btw, jika agan sudah terbiasa baca buku yang ringan-ringan, percaya deh pasti agan ketagihan buat beli/baca buku yang agak lumayan menantang dengan membeli buku yang tulisan agak berat.


3. Pilih waktu di pagi hari untuk membaca


Kenapa? Karena saat pagi hari kita masih fokus dan belum banyak kegiatan, misalkan agan sebelum berangkat ke sekolah atau kerja. Untuk kita yang beragama Islam, setelah sholat subuh, bisa tuh kita sempatkan buat baca buku dulu gan.


Waktu pagi hari memang waktu yang sangat tepat menurut ane buat baca buku, kalau malem hari malah kita cape dan akhirnya males buat buka buku.


4. Baca satu halaman per hari!


Lah, kok bacanya sedikit amat sih? Hmm... Agan sudah terbiasa belum dengan membaca? Tips ini biasa ane terapin waktu belum suka banget baca buku, kenapa? Karena biar gak jenuh gan! Ane tau kok se membosankan apa saat kita membaca sebuah buku (kecuali novel, menurut ane emoticon-Wowcantik).


Biasanya saat kita sudah mencapai titik jenuh, kita bakal males lagi buat melakukan sesuatu. Jadi, kalau agan masih belum terbiasa membaca buku, ane saranin buat bertahap.


Contoh, misalkan agan udah beli bukunya nih, atur jadwal:
Minggu ke-1 = min. 1 halaman
Minggu ke-2 = min. 3 halaman
Minggu ke-3 = min. 5 halaman
dan seterusnya sampai tamat baca bukunya...


Patokan itu gak baku buat semua orang, agan bisa atur jadwal atau halaman yang agan mau perhari berapa minimalnya. Tapi kalau ane sendiri, biasanya seperti itu gan.


5. Bawa buku ke mana saja agan pergi


Bawa buku kemanapun agan beraktivitas, tapi ini berlaku untuk buku yang berukuran kecil (kan ribet juga kalo bawa buku gede/tebel). Agan bisa bawa buku ke sekolah atau ke kantor, ane sendiri biasa nyimpen buku (novel) di kolong meja kantor ane.


Ini berguna banget, disaat lagi bosan dan jenuh, agan bisa tuh buka buku agan dan lanjutin imajinasinya dengan sang buku. Daripada kita maen hape terus stalk-in mantan yang kian hari kian cantik emoticon-Wowcantik.


6. Simpan bukumu di rak


Spoiler for gambar:



Nah kalau agan udah selesai baca buku, agan simpen tuh bukunya di rak kamar. Ini menandakan agan sudah berhasil baca satu buku full, bayangin yang dulunya rak kosong, sekarang satu demi satu ada buku.


Ini juga bisa sebagai motivasi kita untuk terus membaca lebih banyak buku untuk memenuhi rak buku kamarmu. Keren kan, nanti waktu ada orang yang bertamu ke kamarmu terus ngeliat di rak banyak buku emoticon-Embarrassment.


7. Donasikan atau Pinjamkan


Jika sudah tidak ada tempat lain di rak, saatnya untuk berdonasi, ini tergantung agan-agannya sih, kalau misal mau dijual lagi ya gak apa-apa. Tapi jika mau didonasikan, malah lebih baik lagi, banyak masyarakat yang masih mungkin belum ada media untuk membaca.


Tapi kalau memang belum tau mau didonasikan kemana, yuk pinjemin buku kita ke sodara dan temen-temen kita. Biasanya nih, kalo agan sudah sering baca buku, nanti keliatan sama temen-temen dan sodara kalau agan suka baca.


Nanti mereka bakal tanya-tanya, buku apa yang bisa mereka baca, nah tugas agan tinggal kasih rekomendasi deh ke temen-temen agan itu tentang buku yang agan miliki dan seru untuk dibaca. Dengan ini, agan sendiri bisa membantu sedikitnya masyarakat Indonesia untuk meningkatkan budaya literasi membacanya.




Nah segitu yang bisa ane sharing, semoga bermanfaat. Ane berharap bisa ngeliat masyarakat Indonesia di angkutan umum, taman, rumah sakit, dll. lagi pegang buku, dibanding ngelamun atau main sosial media.


Sampai jumpa di lain thread, byebye emoticon-Wowcantik.


Spoiler for Sumber:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
toinxx08 dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
coba teknologi bernama audiobook emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
dhon19 dan h4dewa memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nah setuju pilih buku yg kamu suka 😁😁😁
profile-picture
h4dewa memberi reputasi
sebenarnya ane suka baca buku... tapi gatau kenapa belakangan ini tuh buku cuma dibeli aja tapi gak dibaca2 wkwkw
profile-picture
h4dewa memberi reputasi
Quote:

banyak sekarang yang bisa didonlot, emang bahasa asing sih kebanyakan
emoticon-Entahlah
widiwwwwwwwwwwwww
thankyouuuhhh bangettt gann atas informasinyaahhh
sangat bermanfaat buat kita yang mungkin belum tau akan hal ini
dan buat motivasi biar baca buku jugak sii yakk

naiiissss inpohhhhh
maaciiiyyy


profile-picture
h4dewa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Iya gan, ane sering dikasih buku yang bukan kesukaan ane, alhasil mendekam di box deh emoticon-Sorry

Quote:


Kasian tuh bukunya, nanti batuk-batuk emoticon-Hammer2

Quote:


Nanti ane coba deh kali-kali ganemoticon-2 Jempol
dulu waktu kuliah sering bgt baca buku, skrg makin kesini udh jrng bgt. jleb bgt thread nya gan, nmr 1 itu setuju bgt, klo g sesuai minat aku kurang suka bacanya, liat judulnya aja sdh mls 😂
odop ya gan
one day one page
malah lama lama ketagihan
suka novel ya gan? ane malah suka buku non fiksi :v
profile-picture
yudas21 memberi reputasi
yang penting minat... ntar pasti jd sukaaaaa... mantap nih threadnyaaaa... informatif dan rekomended yeee kannn... informasinyaaa bagusss dan bagus buat bacaan buat para agan2 sista2 disini yaaaa kannn... bisa juga jadi nambah wawasan dan informasi bagi banyak orang yaaaa kannn... lanjutkan threadnyaaaa... ditunggu info lainnyaaaa....
Tips bagus, terima kasih.
Saya sering belanja buku tapi dibacanya ngga.
Banyak buku yang masih segelan padahal bukunya sesuai minat belinya. emoticon-Big Kiss
waaaaaaa
ane bukan kutu buku banget banget sih cuman ya seneng aja baca,
novel apalagi yang tentang manusia manusia gitu,
sosiologi atau psikologi,
seru sihhh

sampe rak kecil sekarang udah ga muat lagi

emoticon-Ngakak

Mantab nih tips nya
emoticon-2 Jempol
nah tipsnya bener banget tuuh. Ayook mari mulai tingkatkan budaya literasi. biar pengetahuan semakin meningkat
makasih gan tips tips nya, semoga dengan begini ane jadi kecanduan baca buku wkwkwk... ane tuh suka baca buku cuma kalo lagi baca jadi cepet ngantuk gitu wkwk
iya nih gan ane jarang baca buku setelah lulus pengen mulai baca lg tp mager gt loh
thanks banget gan sarannya ane coba mulai cari bacaan di gramed deh yg sesuai dan ringan buat mulai baca at least gak mager
dannn yang paling penting adalah jauhkan handphone dari jangkauan kita. soalnya tuh kalo ada handphone pasti ga bisa fokus lama baca bukunya, gampang ke-distract buat buka media sosial hiks
Waaaahhhhhh informasi yang menarikkkk sekaliii nihhhh

sangattt bermanfaattt buat kita kita yang penasaran dengan gimana caranya biar ga males baca buku

benar benar menambah pengetahuan ane sih

naisss tritttt
lanzotkeunnn
widiwwwwwwwwwwwww
thankyouuuhhh bangettt gann atas informasinyaahhh
sangat bermanfaat buat kita yang mungkin belum tau akan hal ini
dan buat edukasi jugak sii yakk

naiiissss inpohhhhh
maaciiiyyy
wahh makasih banyak gan info nya menarik sekali nih untuk di bacaa.. di tunggu dah tri-trit menarik lainnya ya.. ane bantuin cendol biar makin keren thread-thread selanjutnya.. emoticon-Toast emoticon-Angkat Beer
bener banget, sekarang minat baca ane jadi kurang karena kebiasaan main handphone. jadi berat lagi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di