- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing
1 Cara Mudah Menangi Persaingan Bisnis
![aak88](https://s.kaskus.id/user/avatar/2016/11/14/avatar9345371_1.gif)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
TS
aak88
1 Cara Mudah Menangi Persaingan Bisnis
Judul diatas sepertinya terlalu bombastis, muluk-muluk, berlebihan, sehingga orang yg membacanya kemungkinan besar akan berkata " Ah gak mungkin lah, gimana caranya coba ??". Saya bisa mengerti penilaian tersebut, karena persaingan bisnis dari dulu memang selalu ketat, apalagi sekarang ini yang semuanya serba digital. Tentunya diperlukan seabrek strategi untuk memenangi persaingan, lha kok ini Cuma 1 cara, udah cuma 1 gampang lagi ??
Begini agan-agan sekalian. Ane akui judul diatas memang bombastis,muluk, dan berlebihan. Tapi apabila dipraktekkan dan berhasil tentunya sangat bombastis bukan !
Coba kita analisa dengan cermat. Kenapa air minum mineral merk Aqua bisa menjual produknya dengan harga lebih mahal daripada pesaing-pesaingnya ? Kalo gak percaya, bisa cek sendiri di toko – toko makanan dan minuman. Mengapa itu terjadi ? Padahal sama-sama air bukan ? Apa bedanya coba ?
![1 Cara Mudah Menangi Persaingan Bisnis](https://s.kaskus.id/images/2019/09/25/9345371_20190925105808.jpg)
Tentu saja ada perbedaan yang sangat siginifikan antara Aqua dan pesaing-pesaingnya. Perbedaannya ada pada ‘brand/merk’. Branding Aqua dalam bisnis air minum kemasan memang luar biasa kuat. Sampai-sampai, orang selalu bilang “Pak/bu, beli Aquanya satu ya” padahal yang dibeli merk Viand. Aqua bisa mempengaruhi pikiran orang, karena dia adalah seorang sang pelopor.
Aqua memulai dari sesuatu yang tidak mungkin, tapi dibutuhkan pada saat itu. Sebelum air kemasan menjadi bisnis, orang tidak pernah terpikir dan terbayang bahwa air yang bisa ditemukan dimanapun, bisa diperjual belikan. Namun Aqua menangkap sebuah peluang bahwa semua orang yang bepergian membutuhkan air minum yang mudah dibawa dan praktis. Pada awalnya tidak mudah memang mempengaruhi pikiran publik. Tapi Aqua akhirnya bisa.
Kisah yang sama terjadi pada sepeda motor Honda, pompa air Sanyo, celana Jeans, dll. Orang akan bilang, “ Ayo naek Honda saya saja” padahal sepeda motornya Yamaha. “ Tolong hidupkan sanyonya ya” padahal dia pakai pompa air merk Shimizu.
Jadi bagaimana ? Ingin memenangi persaingan bisnis ? Saran ane lakukan aktifitas sang pelopor seperti cerita tadi. Atau punya strategi yang lain ? Rasanya kurang afdol kalau belum baca strategi marketing dari Ahlinya. Klik DISINIuntuk mendapatkan ebook pdf marketing Hermawan Kertajaya, GRATIS !!
Diubah oleh aak88 25-09-2019 15:58
0
560
1
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan