KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Kenapa Sih Kita Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8b08e28012ae68565651f8/kenapa-sih-kita-sering-ngantuk-setelah-makan-siang

Kenapa Sih Kita Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?

Keadaan perut yang kosong dan keroncongan memang bikin kita kehilangan konsentrasi saat beraktivitas. Cara mengatasinya? Ya...makan. Tapi, bukannya merasa segar, setelah makan siang kita justru cenderung merasa lelah dan nguantuuk pol. Mata rasanya berat banget, dan susah buat nahan godaan untuk rebahan dan males-malesan. Pasti semua pernah ngerasain hal ini kan? Entah itu di tempat kerja, di kampus atau di sekolah. Anehnya, rasa kantuk yang sama nggak dirasakan setelah makan pagi atau makan malam. 

Kenapa Sih Kita Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?



Sebenernya apa sih yang menyebabkan ngantuk setelah makan siang?

Menurut jurnal IBS Treatment Center yang diterbitkan tahun 2006, ada beberapa faktor penyebab kantuk setelah makan siang:

1. Efek samping proses pencernaan

Tubuh tentu butuh energi untuk beraktivitas, dan energi ini didapatkan dari makanan. Untuk mengolah makanan menjadi energi, maka harus melalui proses pencernaan. 

Kenapa Sih Kita Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?

Saat makanan masuk ke tubuh, sistem pecernaan akan menghancurkan dan memecah makanan kita menjadi gula. Tubuh juga akan memecah makronutrien dan zat gizi untuk menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Proses pencernaan inilah yang akan mengundang rasa kantuk.

Selain itu, setelah makan, tubuh kita akan melepaskan beberapa hormon, salah satunya hormon serotonin dan melatonin. Hormon serotonin, yang juga disebut hormon ‘senang’, akan merangsang otak agar tubuh semakin rileks dan mengantuk. Sementara itu, melatonin adalah hormon pada otak yang berfungsi untuk menimbulkan rasa kantuk.
 
2. Jenis makanan yang dimakan

Meski tubuh mencerna semua jenis makanan dengan cara yang sama, beberapa jenis makanan akan membuat kita lebih ngantuk dibanding yang lain. Makanan yang kaya protein, seperti daging, unggas, telur, ikan, tahu, keju, dan kedelai misalnya, mengandung asam amino yang bisa memicu produksi serotonin. Seperti yang udah dibilang di atas, serotonin akan membuat kita mudah ngantuk.

Kenapa Sih Kita Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?

Selain itu, makanan yang punya karbohidrat tinggi, seperti nasi, roti, mi, atau pasta juga bisa memicu hormon serotonin ini. Maka dari itu, makanan yang mengandung karbohidrat dan protein, seperti susu dan sereal,  disarankan untuk dikonsumsi saat malam hari untuk membantu tidur.
 
3. Porsi makanan

Kenapa Sih Kita Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?

Porsi makanan saat makan siang juga berpengaruh pada rasa kantuk. Tubuh akan mengalirkan lebih banyak darah ke sistem pencernaan untuk mencerna makanan dalam porsi yang banyak. Ini menyebabkan aliran darah yang menuju ke otak jadi berkurang, sehingga kita jadi mudah ngantuk.
 
4. Kebiasaan tidur

Kenapa Sih Kita Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?

Kebiasaan tidur yang buruk juga bisa menyebabkan kantuk setelah makan siang. Tubuh yang kenyang setelah makan akan terasa lebih rileks, dan merasa ingin istirahat, terutama kalau nggak mendapat tidur yang cukup malam sebelumnya.

 
GImana cara merasa segar setelah makan siang?

Supaya nggak ngantuk abis makan siang, disarankan untuk makan makanan yang seimbang, yang mengandung sayuran, gandum, dan lemak baik. Lemak tetap dibutuhkan nih supaya kita nggak lemes. Selain itu, penting juga untuk minum air yang banyak dan batasi asupan gula. Makan dengan porsi sedikit tapi lebih sering juga membantu mempertahankan energi, sehingga kita nggak ngantuk setelah makan. Oh ya, satu lagi, jangan kebanyakan ambil nasi!

Kebiasaan tidur juga bisa diperbaiki supaya nggak ngantuk abis makan siang. Olahraga yang teratur agar bisa tidur nyenyak di malam hari, dan usahakan hindari tidur siang kalau memang kesulitan tidur di malam hari.



sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
katanya engga bole makan kangkung ya gan, bikin ngantuk? mungkin kangkung yg dimakan sama temen2nya sih. nasi.. beraninya main keroyokan emoticon-Smilie). duh agan klo kena penyakit ngantuk berkelanjutan, saatnya tanya ke dokter di Halodoc aja. bisa pas nanti klo uda bangun lagi atau sekarangaja. dokternya ada 24 jam kok.
profile-picture
ryukaiser memberi reputasi
Nahh ini yaa penjelasan kenapa kita sering ngantuk habis jam makan siang wkwk. Apalagi yang kerjanya di depan komputer wkwk tambah ngantukk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scoria07 dan 2 lainnya memberi reputasi
Takdir

Sekarang aku lagi ngantuk, gan... Padahal masih banyak kerjaan. Jadi ini penyebabnya ya... emoticon-Ngakak
karena malas
pantesan,,bawaan nya pengen tdr mulu klo bis maksi,,hmmm ternyata
apalagi kalo abis makan nasi padang,beuhh juara ngantuknya emoticon-Big Grin
Diubah oleh online.addict
Quote:


kalo sudah makan suka kenyang itu gejala apa ya?
Seperti nya lebih ke porsinya, sebab kalau pagi pun makan terlalu kenyang berakibat pada ngantuk juga gan
profile-picture
diandraps memberi reputasi
emang gabisa nahan abis makan pasti ngantuk, sering terjadi ketika sibuk. kalo ga sibuk ga ngantuk sedikitpun, terbalik emoticon-Ngakak
info bermanfaat Ganemoticon-Rate 5 Star
Makan kenyang, ngantuk, tidur, gitu terus. Lama-lama perut membuncit emoticon-Ngakak
Apalagi kalo makan siangnya pake nasi padang gan hahaha
daun singkongnya itu bikin ngefly wkqkqkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryozak dan 2 lainnya memberi reputasi


Quote:


hahaha yup bner banget gan, di depan komputer emang bikin gampang ngantuk terlebih dengan kondisi perut kenyang. bawaannya pengen tidur mulu wkwk emoticon-Cape d...
Quote:

Antaaap wkwkkw sambal, daun singkong, ikan bakar, es teh manis/es jeruk. Beuh udh kelar semua molor ahahha
emoticon-Cendol Ganemoticon-Ngakak


Quote:


wkwkw iya gan, terlebih porsi nasi padang umumnya juga sangat banyak emoticon-Wakaka


Quote:


iya gan ane setuju, ane rasa juga begitu. klo tiap makan dengan porsi lebih pasti bawaannya habis makan ngantuk emoticon-Cape d...
profile-picture
habibulah memberi reputasi
Coba klo bukan nya makan siang tapi wik wik wik siang siang di jamin gak ngantuk breemoticon-Leh Uga
Diubah oleh sins77
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di