CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
5 Ide Menu Masak Sederhana Modal Rp 10 Ribu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d883ec45cf6c401424339ae/5-ide-menu-masak-sederhana-modal-rp-10-ribu

5 Ide Menu Masak Sederhana Modal Rp 10 Ribu

Catatan Kumpulan Ide Masak Modal Rp 10 Ribu Tahun 2019

5 Ide Menu Masak Sederhana Modal Rp 10 Ribu

Sumber gambar www.liputan6.com


Memasak menu makanan bermodal 10 ribu rupiah saja? Bisakah? Tentu saja bisa. Seperti yang tadi diungkapkan, lengkapi dulu bahan-bahan pendukung di dapurmu lalu silakan praktikkan 5 menu berikut. Rekomendasi penulis buat anak kos atau siapa saja, boleh praktik hehehe.
 
Nah, supaya Gansis yang dimaksud mengenai bahan pendukung di sini adalah seperti : Gas, minyak goreng, tepung terigu dan aneka bumbu dapur selain bawang merah+putih, cabai, kemiri dan kawan-kawannya. Kecap dan aneka saus juga wajib ada di dapurmu sebelum mengeksekusi nukilan resep menu yang diberikan penulis ini.
 
Nah, Gansis sudah siap? Oh, ya yang anak kos wajib merapat nih. Sebab apa yang akan ditulis nanti bagus kalian tiru ketika uang gajian belum juga turun.
 
Maka, tanpa banyak kata langsung simak yuk!
 
1.      Tumis kangkung dengan balado telur dan tahu

5 Ide Menu Masak Sederhana Modal Rp 10 Ribu 5 Ide Menu Masak Sederhana Modal Rp 10 Ribu
 
Di kampung penulis, kangkung seikat masih boleh dibeli seharga Rp 2 ribu, ini harga paling mahal loh. Entah di tempatmu. Nah, sisa uang tadi bisa buat beli telur sebanyak ¼ kg sisanya buat beli tahu. Masih mendapat sekitar 5 buah. Tapi bila di tempatmu tidak bisa ya, baladonya tak usah memakai tahu ya. Resep bisa kamu cari di Google dan Youtube.
 
2.      Balado terung dan goreng ikan mujaer

5 Ide Menu Masak Sederhana Modal Rp 10 Ribu 5 Ide Menu Masak Sederhana Modal Rp 10 Ribu
 
Terong ungu di kampung penulis ¼ kg masih bisa dibeli seharga Rp 2.500,-. Sedangkan untuk ¼ kg ikan mujaer berisi 3 ekor seharga Rp 7.500,-. Gimana tempat Gansis? Sama tidak? Nah, dengan uang Rp 10 ribu kita sudah bisa makan sayur yang ditemani ikan.
 
3.      Orek tempe dan sayur bening

5 Ide Menu Masak Sederhana Modal Rp 10 Ribu 5 Ide Menu Masak Sederhana Modal Rp 10 Ribu
 
Ini mungkin lebih masuk akal ya, masalah harganya? Hehehe. Satu papan tempe yang paling besar mungkin seharga Rp 3 ribu. Kalian bisa mendapat 2 potong. Sisa uang bisa untuk membeli sayur bayam. Jangan lupa, saat masak tempe mantapkan bumbunya agar sedap buat makan nasi. Misalnya tambahi lagi irisan cabainya. Supaya lebih mantap di lidah. Oh, ya kalau kalian kurang suka dibuat orek, tempe penyet yang dimakan sama lalap daun kemangi atau buah mentimun juga sedap kok.
 
4.      Urap sayur dan tempe goreng

5 Ide Menu Masak Sederhana Modal Rp 10 Ribu 5 Ide Menu Masak Sederhana Modal Rp 10 Ribu
 
Namanya urap pasti memakai kelapa. Entah itu direbus dulu atau bumbu mentah secara langsung yang ditaburkan ke sayuran rebus. Dengan uang Rp 10 ribu, Gansis sudah dapat aneka sayur, kelapa plus 1 papan tempe ukuran sedang seharga Rp 2.500,-. Gimana tertarik mencobanya?
 
5.      Orak arik telur lalap mentimun

5 Ide Menu Masak Sederhana Modal Rp 10 Ribu
 
Mentimun di tempat penulis, hanya Rp 2 ribu sudah dapat 3 biji. Telur ¼ kg seharga Rp 6 ribu. Sisanya buat beli buncis, masih bisa loh! Jadi deh, kita bikin orak-arik telur dan lalap mentimun. Jangan lupa, agar lebih mantap tambahi irisan cabai pada orak-arik telurmu ya.
 
Sekali lagi, resep-resep yang telah dibagikan penulis hanya bisa dilakukan bila bahan perlengkapan lain sudah tersedia lengkap ya. Bila tidak, tentu rekomendasi ini tidak bisa diterapkan. Dan satu lagi, sebab penulis tinggal di kampung di mana lapangan kerja juga terbilang sulit didapat, maka sangat wajar jika bahan makanan tidak seperti harga bahan pokok lain yang di kota. Entah jika ini di tempatmu. Mungkin resep di atas bisa berubah menjadi modal Rp 15 ribu dan bukan Rp 10 ribu lagi hehehe.
 
Yuk, ah! Tetap semangat ya Gansis untuk hidup hemat. Tapi tetap tidak melupakan kecukupan gizi tubuhmu. Oke?
 
Sumber tulisan : Opini Pribadi
 
Sumber-sumber gambar : www.cookpad.com 



#BBB#


profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh royani1975
Halaman 1 dari 7
waaa jadi lapeeer, bisa dipraktekin ni buat nanti dikosan. otw beli bahaan emoticon-Leh Ugaemoticon-Baby Boy 1
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan bedypop memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Balasan post blackvelvet23
Ayo GAN...emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan bedypop memberi reputasi
untuk bali telor 10rb kuraannnggg hihihii
Lihat 1 balasan
Balasan post alizazet
Dapet 7 butir mungkin hehehhe
Tambahin gan:

1. Sayur sop/lodeh = 3500
2. Tempe/tahu = 4000
3. Sisanya beliin bumbu deh

Biar lebih sedep bisa ditambah sosis, baso, ato ceker ayam kalo ada kelebihan dana 10rebu emoticon-Leh Uga
Lihat 2 balasan
bali telor Mahal gan,Rp 10.000 Plus tiket pp jawa - bali
Lihat 1 balasan
sambel dll ga itung :/
tomat, cabai, garam, minyak, bawnag merah, bawang putih :/

yang paling murah itu sayur bening sama telot ceplok atau kasih tahu tempe.
Lihat 1 balasan
Mau lbih hemat, beli kerupuk 😂
Lihat 1 balasan
Balasan post alanpas
Boleh mbak😂 terima kasih😂
Balasan post hvzalf
Terbang dong😂😂😂
Menu andalan gw terungkap 😂
Lihat 1 balasan
kangkung 1 iket 2000 gw beli 2 iket jadi 4000
ikan asil ½ ons 3000
cabe campur+bawang merah 2000 emoticon-Malu (S)
Lihat 2 balasan
1 papan tempe di tempat ane goceng tapi udah dapet yang gede sih, makasih banget tipsnya gan berguna buat anak kosan kayak ane wwkk
lumayan sich tapi kek nya beli ja d warteg udah dapet nasi wkwkwk...
Lihat 1 balasan
lumayan nih buat anak kosan haha
profile-picture
royani1975 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane indomie goreng pagi, indomie rebus malemnye.. tiap hari ampe mau tipes... 🤣🤣🤣
Lihat 1 balasan
boljug nih di praktekin buat di kosan, patungan sama temen temen biar tambah irit wkwk
Lihat 1 balasan
tempe goreng sambel, murah meriah hore tapi udah paling mantep. agak fancy dikit tambah telur goreng, yuuuummm!
Lihat 1 balasan
tumis kangkung murah meriah, semua suka, dan pastinya gampang dibuat. ane juga kalo lagi bokek biasa masak tumis kangkung gan, dimakan pake tempe dan sambeeel duh sedeep banget walaupun murah.
profile-picture
royani1975 memberi reputasi
mantap gan, nice thread. pas banget nih lagi akhir bulan kantong anak kos lagi pada kosong. nanti ane coba ah, lumayan biar hemat tapi tetep makan enak dan sehat
profile-picture
royani1975 memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di