CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d86a8a30577a92ba92b94bf/bawang-merah-modal-kecil-hasil-melimpah-berikut-caranya

Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya

Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya
doc.pribadi

Bismillahirrahmanirrahim

Hai, jumpa lagi dengan thread saya, Abella Citra.

#Bawang Merah Pembawa Berkah
#Sukses Tani Muda
#Cara Menanam Bawang Merah

Bawang merah yang bernama latin Allium cepa L. var. aggregatum banyak mengandung vitamin C, Kalium, serat, dan asam folat Kalsium dan zat besi juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin.

Setiap masakan selalu mempergunakan bahan jenis ini. Umbi yang berwarna merah dan pedas di mata bila dikupas ini selalu menciptakan rasa dan aroma yang khas.

Bawang merah merupakan jenis bumbu dapur, dengan kandungan minyak atsiri yang sangat membantu untuk kesehatan.

Kegunaan lain sebagai antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliin diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikroba yang bersifat bakterisida

klik di sini

Tahukah cara menanam bawang merah dengan modal sedikit mendapatkan hasil yang melimpah?
Kiat sukses petani muda bawang merah

Berikut ini trik dari Mas Chim dari dusun Pojok, desa Mojo, kecamatan Bringin, kab Ngawi.

1. Memilih Bibit yang Sempurna

Bibit yang baik, pasti akan membuahkan hasil yang sempurna itu teori alam yang harus kita perhatikan. Jadi, gunakan bibit yang unggul untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Merah, bulat sempurna, satu umbi yang diperkirakan banyak menghasilkan bakal umbi baru.

Potong bagian pucuk yang nantinya bakal jadi tunas dan umbi baru.

2. Mempersiapkan Lahan

Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya

Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya
doc.pribadi

Lahan yang hendak ditanami dibuat bedengan sedemikian rupa. Dengan tujuan untuk mengatur tingkat keasaman tanah PH tanah. Cukup di 6,7 bawang merah akan tumbuh dengan sempurna. Tanah dibuat gembur untuk mempermudah tumbuh umbi baru bawang merah.

Ukuran lebar 1,2 meter dan panjang disesuaikan dengan kebutuhan dan lahannya, kedalaman 40 centimeter dari parit.

Lahan diberi pupuk dasar yaitu TSP Triple Super Phosphate untuk lahan seluas 5 are hanya hanya diperlukan sekitar 10 kilogram. Hanya untuk menambah berat bawang merah saja.

ZA 5 kilogram, Kcl 2 kilogram dan Ponzka sehingga mendapatkan 25 kg untuk mendapatkan warna merah yang merona pada sang bawang merah ini. Dicampurkan pada tanah yang hendak ditanami.

klik di sini jenis-jenis pupuk

3. Penanaman Bibit

Setelah lahan sudah siap, baru kita menanam bibit umbi bawang merah yang sudah disediakan tadi, yang sebelumnya sudah dipotong tunasnya sepertiga dari umbi.

Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya
doc.pribadi

Tujuannya untuk anakan umbi biar banyak. Kemudian dibenamkan setengah dari umbi tersebut dengan jarak 20 centimeter ke dalam lahan.

Selama tidak ada hujan, bibit yang belum tumbuh tunasnya itu disirami pagi atau sore hari dengan tujuan mengurangi panas biar gak mati.

4. Pemupukan dan Penyemprotan

Pemupukan dilakukan kembali saat bawang merah berumur 10 hari dan 25 hari dengan takaran yang sama saat pengolahan lahan pertama. Hanya disebarkan begitu saja sudah cukup.

Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya
doc.pribadi

Penyemprotan dilakukan seminggu 2 kali, untuk merangsang pertumbuhan dan mencegah hama ulat. Saat siang ulat terbenam dalam tanah. Jadi, lebih efektif jika penyemprotan pada malam hari. Hanya menggunakan poc pupuk organik cair, sesuai takaran yang ada pada labelnya.

5. Pengairan

Perhatikan selalu bedengan jangan sampai kering, karena ini sangat berpengaruh terhadap bawang merah yang tidak suka pada cuaca yang sangat panas.

Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya
doc.pribadi

6. Penyiangan

Hama gulma selalu saja menjadi pendamping bawang merah, biar asupan nutrisi maksimal terserap, gulma atau rumput perlu disiangi.

Daun bawang dan bunga dari bawang merah ini juga laku dijual lho, untuk bahan campuran masakan. Bunga bawang merah yang namanya putut (orang Jawa) panjang bulat bunga warna putih.

Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya
doc.pribadi

7. Masa Panen

Bawang merah bisa dipanen saat berumur 60 hari dari tanam. Kalau penangan maksimal dan tidak ada kendala dalam 55 hari sudah bisa panen.

Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya

Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya
doc.pribadi

Dengan cara dicabut sampai akarnya, diusahakan jangan sampai ada yang tertinggal umbinya.

Dari 1 kilogram bawang merah bibit bisa mendapatkan 15 kilogram bawang merah hasil. Bisa dikalikan sendiri, jika 5 are diperlukan bibit 75 kilogram.

Hasil jual perkilogram bawang merah Rp, 16.000,- bisa dibayangkan, 18 juta kotor hanya modal awal 3,7 juta untuk membeli bibit dan pupuknya. Kurun waktu hanya 60 hari. Pas harga melangit kemarin 1 kilogram Rp, 40.000,- panen raya petani bawang merah.

Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya
doc.pribadi

8. Pasca Panen

Untuk hasil yang melimpah ada trik khusus juga, biasanya saat panen harga anjlok dua Minggu kemudian harga meroket kembali. Mas Chim tak kehilangan akal, dengan berat tertentu bawang merah ini diikat ujungnya dengan menyatukan daun keringnya. Kemudian digantung, ditata sedemikian rupa di para-para. Jika harga sudah meroket baru dikeluarkan dari gudangnya.

Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya

Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya

Bawang Merah Modal Kecil Hasil Melimpah. Berikut Caranya
doc.pribadi

Semoga bisa membantu dan bermanfaat.
Petani muda Mojo yang sukses bisa menularkan suksesnya untuk Anda juga.

Yang ingin belajar, bisa hubungi di akun FBnya @MazChim AE Yach
profile-picture
profile-picture
profile-picture
haz0204 dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh abellacitra
Halaman 1 dari 16
Ingin menanam bawang merah, tidak tahu caranya?
simak gansist
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
Bayangin modal 3,7 juta bisa menghasilkan 18 juta dalam 2 bulan. Luar biasakan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
Silakan yang ingin mencoba, yang muda yang bertalenta siap berkarya
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan ajang.dee memberi reputasi
16 ribu perkilo? wow ... nyampe jakarta 30-40 ribu kayaknya ... keren nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
Ini daerah mana sih? Sumpah gua lupa ama tetangga sendiri emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan abellacitra memberi reputasi
Mantap jiwa
Gw pikir selama ini bawang itu tumbuhnya ditempat kering
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan abellacitra memberi reputasi
aku suka banget makan kembang bawang itu. asli sedep banget,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
dulu sebelom ada cipali pasti sen kiri di daerah brebes, nganter nyokap beli hasil bumi ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
Keren modal 3jutaan bisa menghasilkan banyakemoticon-Matabelo
Ane lagi tanam jeruk, lama banget tumbuhnyaemoticon-Frown

Tanaman lain malah ga tumbuh yg calendula dan mawar, cuma velvet dan chain of love yg ane tanam subur bangetemoticon-I Love Indonesia

Untuk merangsang pertumbuhan pake apa ya?

Saya siram jeruk pagi dan sore, ada tanam anggur, jeruk dan sunkist

Baru muncul dikit yg angguremoticon-Malu
Ane baru mulai nanem, baru pertama kali

Semoga ga dimakan ulat yaemoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
luar biasa Gan//info berhargaemoticon-2 Jempol emoticon-I Love Kaskus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
nanamnya nggak pake yang biji saja gan,lebih murah loh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
terus nasib yang tinggal di kota dengan lahan yang tidak mendukung ini bagaimana?

beli ajah😩
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Busyet dah. Mahal amat emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan ajang.dee memberi reputasi
Quote:


Kebanyakan depan laptop. Aku sudah ke sana. Dihh tau alamat akak. Aku mampir dach
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan ajang.dee memberi reputasi
Quote:


Daerah kering terlalu panas kakak gak maksimal tumbuhnya
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan ajang.dee memberi reputasi
Quote:


Dibuat botok, atau disayur kk. mantap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wah. Langsung ke petaninya murahkan?
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan ajang.dee memberi reputasi
Quote:


Pakek gandasil kakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Semoga bermanfaat kk
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan ajang.dee memberi reputasi
Quote:


Tapi lama proses penyemaiannya gak?
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
Halaman 1 dari 16


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di