alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
4 Karakter Anak Generasi Alpha yang Harus Dididik Orangtua dari Sekarang.
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d85f21e09b5ca2cd11ba242/4-karakter-anak-generasi-alpha-yang-harus-dididik-orangtua-dari-sekarang

4 Karakter Anak Generasi Alpha yang Harus Dididik Orangtua dari Sekarang.

4 Karakter Anak Generasi Alpha yang Harus Dididik Orangtua dari Sekarang.

Lahir dan besar di era kemajuan teknologi, membuat generasi Alpha, atau mereka yang lahir di tahun 2010/2011 hingga 2025, akan menghadapi berbagai macam tantangan dan kesempatan di masa depan. 

Menurut Psikolog anak dan keluarga, Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, beberapa tantangannya, antara lain ialah menanggung beban ekonomi yang tidak selesai di masa masa sekarang, bersaing dengan robot, harus memiliki pendidikan yang tinggi hingga akan adanya jutaan lapangan pekerjaan baru yang tercipta. 


"Ada 2,5 juta bayi generasi Alpha yang lahir setiap minggunya. Tapi angka ini akan sedikit jumlahnya, karena saat mereka dewasa, akan ada banyak orangtua tidak produktif daripada yang produktif. Ini tentu menjadi tantangan juga bagi mereka," ujar Rosdiana dalam peluncuran inovasi terbaru S-26 Procal Gold di Jakarta, Kamis (19/9/2019).


Untuk itu, lanjut Rosdiana, generasi Alpha perlu memiliki kemampuan belajar yang progresif, yaitu kemampuan belajar yang terus berkembang, tidak hanya berhenti pada pendidikan formal. Hal ini dapat dimulai dengan membentuk sikap belajar yang dapat diasah, dengan melibatkan anak dan lingkungan.


Selain itu, di sekolah pun kata Rosdiana, anak bisa belajar dengan cara teamwork, berpikir kritis, kreatif dan berpikir secara mandiri. Cara belajar seperti ini akan membentuk empat karakter penting bagi anak, yang bermanfaat bagi mereka untuk bersaing di tengah tantangan yang akan datang.


4 Karakter Anak Generasi Alpha yang Harus Dididik Orangtua dari Sekarang.Ilustrasi orangtua membantu anak mengerjakan PR. [Shutterstock]


Empat karakter tersebut, lanjut dia ialah, eksplorasi, di mana anak mau terus mencari hal baru yang dapat ia kembangkan, baik di dalam diei sendiri, maupun lingkungan.


"Untuk menemukan sesuatu yang baru, dia harus berpikir kritis. Berpikir di luar apa yang sudah ada dan mau banyak bertanya. Ketiga ialah memiliki jiwa kepemimpinan, dia dapat memimpin dirinya sendiri dan orang lain. Jiwa leadership harus dipupuk dari kecil agar dia bisa lebih fleksibel saat ia menjadi penduduk dunia," jelasnya. 
Terakhir ialah rasa empati, yakni memahami kebutuhan orang lain agar menciptakan solusi bagi lingkungannya. Nantinya, hal ini membuat mereka bisa menjadi seoramg spesialis di bidang yang mereka sukai. 


Sumber : Suara.com

Gimana komeng agan2? setuju gak nih?

coba berbagi dong, gimana cara agan didik anak yang usia lagi bengal2nya nih 4-10 thn?
siapa anaknya yang susah bener dikasih tau? heheemoticon-Big Grin

kalo ane masih terapkan tindakan tegas dan sentil kalau anak lagi kelewatan, dan apresiasi kalau dia lakukan hal baik.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Siiip gan..ya keempat karakter tersebut memang harus diajarkan pada anak-anak kita sedari dini.. terutama terkait tentang rasa empati pada orang lain, karena hal ini sangat penting, agar kelal menjadi orang yang bisa lebih memghormati, menghargai dan menolong orang lain.
Lihat 1 balasan
Balasan post cheria021
Benr banget gann.. Karena makin lama dunia semakin kejam, dan harus dari dini mengajarkan hal baik apa lagi ttg toleransi dan menghormati kpd anak anak
Quote:


Betul bgt itu
Lihat 1 balasan
anak saiya yg sembilan jalan ke sepuluh taun susahnya minta ampun buat dikasih tau
apalagi lg kenak sibling rivalry
jadi isinya ngiri terus ama adek kecilnya
Lihat 1 balasan
Setuju gan.. apalagi anak kecil tuh pikirannya kritis loh, rasa ingin tahunya tinggi. Jadi kalau kita orangtua ngajarin harus pake contoh, sodara ane gitu yang masih kecil.. kalau diajarin sesuatu harus dengan contoh dari kita nya sendiri. Jadi si anak gak cuma diajarin teorinya aja gitu menurut ane
Lihat 1 balasan
yang terbaik
alpha bukannya berarti yg awal gan? saya gangerti penamaan2 tiap generasi itu gimana hahaha
Balasan post queenofchicken
betul gan.. pelajaran yg paling penting ya dari pengalaman sendiri entah liat pengalaman org atau kita alami ya ga gan sist
Balasan post masmomon
yg sabar2 aja gan terus didik anaknya nanti lama kelamaan pasti mengerti hihi
profile-picture
masmomon memberi reputasi
setuju gann keempat karakter tersebut ane rasa penting diajarkan untuk anak2 dan empati menurut ane paling penting buat diajarkan karena kalo ada empati pasti orang/anak akan peka sama lingkungannya dan bisa berbuat yg baik
anak bisa belajar dengan cara teamwork, berpikir kritis, kreatif dan berpikir secara mandiri.

setuju sih nih ane, pas banget ama generasi jaman skrg. udh kaga jaman lg disuap2in
Balasan post tong.sampah
Jelas gann.. Biar generasii penerus lebih baik
anak anak pas lagi umur 4-10 tahun emang lagi bandel-bandelnya itu. ane punya sepupu umur segitu kalo lagi main sama duh capek banget, udah tenaga mereka yang ga pernah habis, sama susah banget di kasih taunya. kalo dilarang malah makin dilakuin sama mereka hadu
hmm kalo sekarang umur ane 22 tahun, generasi alpha masih relevan nggak ya sama generasi calon anak ane??
Quote:


Iya bener banget gann, attitude penting banget dalam kehidupan bermasyarakat... Apalagi jaman sekarang anak muda udah mulai luntur ya adabnya sama orang yang lebih tua
Walau masih banyak juga sih yang masih mempertahankan norma norma
Lihat 1 balasan
mmantaaap, harus bangeet nih mahmud mahmud baca thread ini buat panduan ngedidik anaknya. nice info!
4 Karakter Anak Generasi Alpha yang Harus Dididik Orangtua dari Sekarang.
kuncinya mah sabar aja gan. anak masih kecil mah pasti banyak banget tingkahnya dari lucu sampe nyebelin kadang. yaa sering-sering diingetin aja kalo emang salah
pendidikan karakter memang perlu untuk ditanamkan sedari kecil gan karena ya emang jaman sekarang tuh anak2 mulai melupakan rasa2 spt empati, toleran dll yang bisa jd berbahaya di kemudian hari karena ya balik lagi sedari kecil kurang dilatih emotional quotientnya
benerrr, anak-anak harus dibiasakan hidup dalam kelompok dari kecil sih. soalnya sekarang kan udah jarang banget anak-anak untuk berinteraksi satu sama lain, lebih sering sibuk dengan gadgetnya masing-masih
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di