thenonono19Avatar border
TS
thenonono19
Pemindahan Ibu Kota Menurut Ane

Pemindahan ibu kota menjadi wacana yang mengejutkan banyak pihak termasuk ane, awalnya ane mengira bahwa pemindahan ibu kota hanya semata untuk kepentingan politik. Namun, pemikiran ane nampaknya kurang tepat, menurut sumber yang ane baca menjelaskan bahwa jakarta sudah menanggung beban yang terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, pusat perdagangan, dll. Pemindahan ibu kota menjadi salah satu jalan keluar yang dipilih oleh pemerintah untuk mengurangi beban Jakarta  yang terlalu berat.


Pemindahan ibu kota juga nampaknya masih harus diperhitungkan secara lebih matang dan lebih mendalam, hal-hal seperti infrastruktur hingga rancangan peraturan masih terus dikerjakan guna mendapatkan hasil yang maksimal saat pemindahan Ibu kota yang terjadi, dana yang harus disediakan untuk pemindahan ibu kota pun tidak sedikit. Pihak pemerintah mengatakan bahwa dana yang harus dikeluarkan untuk membangun ibu kota baru adalah Rp 466 triliun dengan rincian persentasenya adalah 19,2 % dari APBN, 54,6% dari KPBU(Kerjasama pemerintah dan Badan Usaha), 26,2% dari pihak swasta. dana dari APBN nantinya akan dipergunakan untuk menunjang infrastruktur pelayanan dasar, rumah dinas ASN, dsb. Dana dari KPBU akan dipergunakan untuk pembangunan gedung eksekutif, yudikatif dan legislatif (sumber)

Menurut pandangan ane sendiri, pemindahan ibu kota merupakan langkah yang tepat apabila diperhitungkan dengan seksama dan semua perangkat pemerintahan bekerja sama untuk tercapainya kemajuan negara Indonesia, mengingat bahwa Jakarta sudah terlalu padat dan juga sudah terlalu berat untuk menopang pemerintahan dan juga bisnis secara bersamaan. Pemindahan ibu kota ini juga akan sedikit mengangkat pemerataan pembangunan ke daerah-daerah yang selama ini belum terjamah pemerintah. Kedepannya ane juga berharap apabila ibu kota pemerintah sudah pindah ke kalimantan, maka pemerintah mulai memperhatikan daerah daerah di wilayah timur Indonesia yang masih jauh dari kata sejahtera. Pemerintah bisa mulai menerapkan pemerataan dan juga tetap membenah jakarta sebagai pusat bisnis kelas dunia.

Sekian yang bisa ane bagikan untuk kali ini.

Sumber : 
Artikel
Gambar 
0
173
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan