KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Anjay! Lapangan Bola Di Negara Ini Dijadikan Hutan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7ba295018e0d2256188ddd/anjay-lapangan-bola-di-negara-ini-dijadikan-hutan

Anjay! Lapangan Bola Di Negara Ini Dijadikan Hutan

Anjay! Lapangan Bola Di Negara Ini Dijadikan Hutan

Apa yang terpikir dalam benak kita ketika mendengar lapangan bola diubah menjadi hutan? Tentu banyak yang berpikir hal tersebut merupakan wujud dari fasilitas olahraga yang tidak terawat ataupun pembangunan lapangan sepak bola yang mangkrak. Namun ternyata persepsi tersebut salah. Di negara ini lapangan bola di alihfungsikan menjadi hutan bukan karena tidak terawat atau mangkrak tetapi menjadi sarana untuk “menonton rimbunya hutan”.

Nah nyeleneh sekali kan apa yang dilakukan negara ini. Justru pendirian hutan dilapangan sepak bola dijadikan pariwisata baru untuk menikmati rimbunnya hutan lewat bangku-bangku tempat menonton sepak bola. Yups keren sekali! Lapangan bolanya diisi oleh lebatnya pepohonan. Penasaran kan bagaimana indahnya hutan dalam lapangan sepak bola ini, yuk check thread berikut!

Anjay! Lapangan Bola Di Negara Ini Dijadikan Hutan

Seniman dari Austria bernama Klaus Litmann sengaja mengalihfungsikan lapangan bola menjadi hutan untuk mengingatkan kita akan bahayanya dampak pemanasan global akibat penggundulan hutan. Stadion yang dijadikan hutan ini adalah Stadion Wörthersee di Klagenfurt, Austria yang merupakan stadion sepak bola berkapasitas 32.000 penonton. Klub sepakbola SK Austria Klagenfurt yang memiliki stadion ini sementara berpindah ke stadion baru yang lebih luas dan lebih indah sehingga stadion ini diizinkan untuk dirubah menjadi karya seni.

Anjay! Lapangan Bola Di Negara Ini Dijadikan Hutan

Karya seni dari Klaus Litmann yang dinamakan “For Forest: The Unending Attraction of Nature” bertujuan untuk memberi pengunjung peringatan bahwa di masa yang akan datang takkan lagi ada hutan diluar ruangan. Kondisi bumi yang panas dan gersang di masa depan akan membuat tumbuh-tumbuhan dan pepohonan yang tersisa hanya dapat hidup di ruangan indoor.

Anjay! Lapangan Bola Di Negara Ini Dijadikan Hutan

Inspirasi dari karya seni ini didapat Litmann setelah melihat lukisan tahun 1970-an karya Max Peintner yang bermakna “Akan ada zaman dimana hutan hanya bisa dinikmati dalam suatu etalase”. Sungguh makna lukisan tersebut memang semakin terlihat tanda-tandanya seperti makin sempitnya luas hutan diseluruh dunia. Padahal dampak pemanasan global sendiri sudah semakin parah — bahkan hingga menyebabkan terbakarnya hutan secara tiba-tiba.
Spoiler for lukisan karya Max Peinter 1970:


Anjay! Lapangan Bola Di Negara Ini Dijadikan Hutan

Pohon-pohon yang diletakkan didalam lapangan ini rupanya pohon yang digunakan untuk reboisasi di daerah dekat stadion ini. Rencananya dalam waktu dekat akan dipindahkan kembali ke daerah reboisasi tersebut dan diharapkan bisa tumbuh selebat-lebatnya. Sementara pohon tersebut “menumpang” terlebih dahulu di stadion ini hingga bila pembebasan lahan berhasil dinegosiasi (sekitar akhir oktober) barulah pepohonan ini dipindahkan ke lokasi pembebasan lahan yang tak jauh dari stadion ini.

—oOo—

Wah indah dan rimbun juga alihfungsi stadion menjadi hutan ini. Ternyata pembuatan hutan dalam stadion tersebut merupakan realisasi dari lukisan tahun 1970-an karya Max Peintner yang berhasil dibuat oleh Klaus Litmann pada 2019 ini. Disamping itu, rupanya pepohonan tersebut hanya menumpang sementara saja dan akan dipindahkan ke daerah pembebasan lahan yang lokasinya dekat dari stadion ini. Salut deh sama klub sepak bola SK Austria Klagenfurt yang sudah memfasilitasi pepohonan ini untuk menumpang sementara.


Sumber : Disini
Sumber gambar : google.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prima99wesi dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Diubah oleh dompetjadipeci
ibaratnya, tebang satu pohon, tanam dua pohon
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 2 balasan
lapangan bola di Indonesia juga dijadikan taman gan, di stadion lebak bulus itu hehehe
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 2 balasan
mantapppp
stadion bagus gitu padahal.
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
keren banget ya bisa bikin hutan di stadion, idenya mantep banget.. cuma itu kalo cuma numpang, dipindahinnya lagi gimana gan? awam nih ane
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post kudanil.la
Quote:


Gini gan

Quote:
Menarik sekali konsepnya 👍...
Walaupun idenya berasal dari lukisan, sebuah gambaran begitu kontras dan langkanya hutan di antara bangunan2an beton dan begitu berharganya hutan sehingga orang rela membayar untuk merasakan langsung udara, pemandangan dan keasriannya di masa depan nanti, mungkin itu yg ingin di sampaikan sang pelukis dalam lukisannya.... Entah kenapa ane merasa ini sentilan buat kita semua di era saat ini dari sebuah konsep pemikiran sang pelukis Max Peintner yg direalisasikan Klaus Litmann , layaknya kalimat dalam film avatar manusia rela membunuh ibu bumi demi kesejahtran dan kepentingan pribadi mereka dan ketika hutan semakin sekarat keberadaanya baru semua sadar begitu berharganya hutan untuk kelangsungan hidup,
Melihat fakta sekaratnya hutan amazon dari pembakaran dan terancamnya hutan2 indonesia sebagai paru2 dunia
Maka karya seni klaus litmann ini menurut ane pribadi adalah karya terbaik untuk seni lingkungan hidup saat ini 😂

Sory kepanjangan komennya 😂
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kita jg bikin dah di gbk drpd berantem terus suporter nya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post santaikalus
Quote:


Mantap! Jelas sekali eksplanasinya. Ane juga berpikir demikian, karya klaus litmann ini cocok di pamerkan di pameran Indonesia. Untuk membuat presiden dan kelompok-kelompok tertentu sadar, jangan membakar hutan riau lagi sebelum sampai ke masa seperti yang Max Peintner lukiskan
emoticon-Request
profile-picture
santaikalus memberi reputasi
di indonesia juga banyak stadion yg beralih fungsi jadi hutan secara alamiemoticon-Hammer2
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pohon apa sadja gan yg bsa ditanam...

emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bagus

untuk melestarikan hutan :goyang
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
cocok diterapkan di Indonesia drpd sepakbolanya rusuh mulu...emoticon-Wkwkwk
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ih konsepnya keren banget.

emoticon-Big Grin
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Idenya cemerlang bener ini emoticon-Jempol..
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Diubah oleh prasetia13
Lihat 1 balasan
Balasan post zeeblur
Quote:


Pohon alder,
Pohon aspen,
Pohon birch dan
Pohon oak.


profile-picture
zeeblur memberi reputasi
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post oedin007
Quote:


Boleh juga tuh mengingat timnas indo kalah mulu mending stadionnya dijadiin hutan aja
Tinggal kasih kambing n sapi
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Diubah oleh buuya
Lihat 1 balasan
Balasan post prima99wesi
Quote:


Nah mantep tuh. Agan tau aja konsep reboisasi luar negeri ini. Pasti agan sudah pernah ke luar negeri
emoticon-Jempol emoticon-Ngakak
profile-picture
prima99wesi memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di