CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Rentan Kalap, Belanja Online di Malam Hari Terbukti Lebih ‘Bahaya’ buat Dompet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d79b9e788b3cb29e35184a1/rentan-kalap-belanja-online-di-malam-hari-terbukti-lebih-bahaya-buat-dompet

Rentan Kalap, Belanja Online di Malam Hari Terbukti Lebih ‘Bahaya’ buat Dompet

Rentan Kalap, Belanja Online di Malam Hari Terbukti Lebih ‘Bahaya’ buat Dompet

Belanja online kini sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat. Harga produk yang relatif lebih murah, serta promo dan diskonan yang bertebaran di sana sini, membuat orang lebih gencar berbelanja di toko online dibandingkan di toko-toko konvensional. 


Namun, di balik semua kemudahan dan kemurahan yang diberikan, belanja online juga mendatangkan ‘bahaya’, Gan. Yap, belanja online mendatangkan bahaya bagi dompet kita! Terutama jika dilakukan di malam hari.

Ada apa dengan belanja online di malam hari?

Rentan Kalap, Belanja Online di Malam Hari Terbukti Lebih ‘Bahaya’ buat Dompet


Seperti dikutip dari Independent, laporan terbaru menunjukkan kalau berbelanja online di malam hari akan membuat kita lebih boros dan rentan kalap, dibandingkan berbelanja di waktu-waktu lainnya. Terutama bagi kita yang sedang ada dalam keadaan mental yang buruk, seperti stres atau banyak masalah.

Orang dalam keadaan mental buruk akan susah tidur, dan akan berusaha mencari pelarian dari masalah mereka, salah satunya dengan berbelanja atau menghabiskan uang mereka dengan boros.  Makanya, orang  yang berbelanja online pada malam hari dalam keadaan pikiran yang buruk, rentan ‘dieksploitasi’ oleh para toko online.  Menurut kepala badan amal The Money and Mental Health Policy Institute, banyak toko online yang sering mengirimkan email promosi saat larut malam untuk menargetkan orang-orang seperti ini.

"Ketika Anda berjuang dengan kesehatan mental, tidur di malam hari akan lebih sulit dan Anda bisa lebih rentan terhadap pengeluaran impulsif, yang dapat meningkatkan risiko melakukan pembelian yang tidak terjangkau di malam hari," kata kepala badan amal tersebut, Katie Alpin.


Rentan Kalap, Belanja Online di Malam Hari Terbukti Lebih ‘Bahaya’ buat Dompet

Pernyataan ini terbukti dari sebuah survei yang menemukan bahwa 93 persen responden mengatakan kalau mereka menghabiskan lebih banyak uang saat sedang dalam keadaan buruk. 40 persen dari responden tersebut juga mengatakan kalau mereka cenderung melakukan ‘crisis shopping’ di malam hari.

Katie Alpin menyarankan agar toko online memberikan layanan untuk membantu pelanggan membatasi pengeluaran mereka di malam hari. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memungkinkan pelanggan untuk menutup akses online shop di malam hari melalui pengaturan di aplikasi mereka, atau pilihan untuk membatalkan pembelian yang mereka buat di malam hari bila mereka menyesalinya di pagi hari.

Bagaimana mencegah pengeluaran impulsif di malam hari?

Untuk mencegah terjadinya pengeluaran yang nggak terkontrol di malam hari, Agan bisa lakukan hal-hal ini :

1. Uninstall aplikasi online shop di malam hari, kalau lagi merasa rentan.

2. Matikan gadget, atau meletakannya jauh dari jangkauan di malam hari.

3. Cari alternatif lain sebagai pelarian dari masalah yang lagi dihadapi. Misalnya nonton, baca buku, atau main game.

4. Unsubscribe atau berhenti berlangganan dari semua mailing list para online shop, supaya Agan nggak menjadi target eksploitasi mereka di malam hari.

5. Jangan bayar menggunakan kartu kredit, debit, atau pembayaran instan lainnya, supaya Agan masih bisa punya waktu untuk membatalkan pesanan Agan di pagi hari.

Nah, kalau lagi galau malem-malem, sebisa mungkin jauh-jauh deh dari gadget dan aplikasi online shop supaya isi dompet gak bocor.



Spoiler for Sumber:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
siangpenat dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
ane sih biasanya malem2 ga bisa tidur itu langsung konsultasiin ke dokter sih gan. ada kok dokter yg ready 24 jam kapan aja mau konsul bisa lewat Halodoc soalnya. dokternya ramah, dan bisa menolong ane ga belanja2 online.
jangan bikin cc ya gan
sebenernya lebih bahaya kalo ngelihat yang diskonan sih
Belanja sih boleh2 aja, wajar bagi yg punya dana, tapi kalo yg gak punya ya menyesuaikan lah, jangan memaksakan, ketimbang nanti susah sendiri,

emoticon-Malu
Bener banget woi, aku kalo malem suka berkeliarsn di kaskus, shoppe. Nemuin barang” yang ga butuh” banget buat dibeli emoticon-Frown
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
paling bahaya liat kata diskon..
apalagi diskonnya gede..
alamat deh khilaf blanja 😢😭
Quote:


Apalagi kalo ada diskon ya gan...
Butuh g butuh, langsung beli 😭😭
wah bermanfaat banget nih, nice post gan
Paling bahaya ketika saldo ATM kita banyak dan ada notif promo di hp kita😪
syukur ane gapernah kalap bahkan hampir gapernah buka tu aplikasi belanja online. karena ane tipikal orang yang lebih milih liat barangnya dulu baru beli ketimbang beli barangnya dulu bari diliat. ya walopun udah banyak juga ya yg bisa dituker atau cod gitu. tapi tetep aja ada kepuasan tersendiri kalo belanja langsung ke tokonya daripada belanja online hehehe
profile-picture
dndrnasya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
wkwkw ngga salah sih gan
kalo malem hari pas lagi nyantai, iseng" buka online shop
jatuhnya malah jajan banyaak
bahaya emang bikin lapar mata
emoticon-Ngakak
apalagi ditambah dengan adanya mbanking sih, membuat kita semakin mudah berbelanja online bahkan tidak hanya malam hari
Sangat membantu sih aplikasi belanja berbasis internet emang gokil. Tapi emang ane akui, kadang pernah berlebihan pas nyari kebutuhan, meskipun gak penting2 amat

emoticon-Ngakak
Betul banget. Yg online lebih menguras isi dompet
Quote:


Iyaaa gan, yang online menguras isi dompet banget. Masuk keranjang cekout cekout tanpa perhitungan deh wkwk
dengan adanya e money membuat orang melakukan impulse buying sih dengan lihat barang barang di online shop, semua serba dimudahkan jadi susah untuk menahan dalam membeli barang online
Quote:


Bener banget gue rasain bulan kemaren, lihat celana, sepatu, baju, kalap deh kebeli semua tau tau tabungan menipis
Tapi ya lagi perlu juga sih jadi gamasalah
haha iya juga tapi seblum buka aplikasi olshop baca inalilahi dulu gan biar ga laper mata wkwk
Apalagi kalo di ol shop udah ditambahin fitur mid night sale, beuh yakin bre uang pergi mengalir dengan lancar emoticon-Cape d...emoticon-Toast
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di