alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Jangan Khawatir Ada Virus di Smartphone Anda, Mudah Ini Tipsnya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d752c8f349d0f08a356fe50/jangan-khawatir-ada-virus-di-smartphone-anda-mudah-ini-tipsnya

Jangan Khawatir Ada Virus di Smartphone Anda, Mudah Ini Tipsnya

Virus di smartphone memang sangat menjengkelkan, apalagi sampai smartphone kita terkena virus yang bisa rusak smartphone kita, nah di artikel technical ini akan memberikan cara agar smartphone menghapus virus. Karena ada beberapa cara untuk menghapus virus di android secara otomatis yang bisa dilakukan. Baik itu virus malware, virus baterai, dan berbagai virus lainya. Tidak yakin bagaimana cara mengetahui apakah ponsel Anda memiliki virus? Malware mobile sedang naik daun, tetapi dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, mudah untuk memindai dan menghapus virus dari ponsel Android dan bahkan iPhone.

                          Jangan Khawatir Ada Virus di Smartphone Anda, Mudah Ini Tipsnya

Cara ini bisa kita terapkan di berbagai smartphone android. Mulai dari samsung, xiaomi, oppo, vivo, dan berbagai merek serta model android lainnya.
Namun sebelum itu, ada baiknya kita mengetahui apa itu virus. Virus merupakan sebuah file yang merusak file lain, menyebabkan hilangnya data-data penting, dan masih banyak kerugian lainnya.


Macam-Macam Virus Android :



1. Virus Engriks

Virus engriks biasanya menginfeksi hp kita, jika kita sering mengunjungi situs p*rn*. Jika android kita terinfeksi virus ini biasanya akan muncul peringatan aneh di handphone kita.



2. Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug



Bisa dibilang ketiga jenis malware ini adalah virus yang paling berbahaya bagi perangkat android kita. Bagaimana tidak, ketiga malware ini akan menyebabkan android kita tidak bisa digunakan lagi. Jadi sekali terkena ketiga jenis malware ini, kita harus membeli smartphone baru. Sungguh sangat merugikan!
Udah pakai OS Android terbaru belum? Jika belum maka tingkatkan dengan cara upgrade os android yang pernah kami ulas.


3. Obad



Jika android kita pernah atau mungkin sering kehilangan pulsa atau sering mengalami hang. Berhati-hatilah, karena mungkin android kita terserang oleh virus yang dikenal dengan nama Backdoor.AndroidOS.Obad ini. Virus Obad menyerang dengan cara menyuruh kita mendownload aplikasi di halaman web tertentu. Setelah menginstalnya maka virus tersebut akan mulai menyerang sistem di android kita.



4. Cyber.Police



Selain engriks, virus ransomware Cyber.Police ini juga menginfeksi lewat situs p*rn*. Yang berakibat android kita tidak bisa digunakan karena terkunci oleh pop up yang terus menerus muncul di layar android kita.

Itulah beberapa virus yang bisa menyerang android kita. Untuk itu sangat diperlukan bagaimana cara menghapus virus di android kita.


Biasanya ada gejala-gejala android anda terkena virus antara lain :


1. Peningkatan penggunaan data


Jika Anda melihat lonjakan tiba-tiba dalam penggunaan data, ini bisa menjadi tanda bahwa virus menjalankan tugas latar belakang pada perangkat Anda atau mencoba menggunakan Internet untuk mengirimkan informasi dari telepon Anda. (Saat Anda berada di sana, cari tahu bagaimana menjaga agar penggunaan data Anda tetap terkendali di ponsel).

2. Aplikasi macet berlebihan


Aplikasi macet dari waktu ke waktu, tetapi jika aplikasi Anda mulai macet secara teratur tanpa alasan, ponsel Anda bisa terkena virus.


3. Munculan Adware


Sebagian besar iklan pop-up hanya mengganggu, tidak berbahaya. Dan kabar baiknya adalah ini dapat dengan mudah diblokir dengan menggunakan ekstensi browser blok iklan, atau aplikasi Opera Browser gratis, yang dilengkapi dengan pemblokir iklan bawaan. Namun, jika Anda melihat iklan pop-up di Android atau iPhone Anda bahkan ketika browser Anda ditutup, ini bisa menjadi pop-up berbahaya yang disebabkan oleh malware yang mencoba mencuri data Anda.


4. Tagihan telepon lebih tinggi dari biasanya


Beberapa strain malware menyerang dengan mengirim pesan SMS tingkat premium dari ponsel Anda, menyebabkan tagihan ponsel Anda terkena. Tahun lalu, Trojan Ztorg ditemukan melakukan ini, selain menghapus pesan yang masuk.


5. Aplikasi asing


Lagi dengan aplikasi palsu, jika Anda melihat aplikasi di ponsel Anda yang Anda tidak ingat mengunduh, menjauhlah! Gejala umum malware di ponsel Android, segera hapus instalan aplikasi yang tidak dikenal.


6. Menguras baterai lebih cepat


Kerusakan malware dapat menghabiskan banyak energi, yang selanjutnya menghabiskan baterai Android atau iPhone Anda. Jika baterai Anda terkuras lebih cepat dari biasanya, Anda tidak harus mengesampingkan virus sebagai penyebabnya.


7. Terlalu panas


Meskipun sebagian besar alasan ponsel Anda terlalu panas dan relatif tidak berbahaya, ada kemungkinan juga penyebabnya adalah infeksi malware. Jika Anda melihat salah satu gejala di atas pada perangkat Anda dan mencurigai Anda mungkin memiliki virus, ada beberapa metode yang dapat Anda coba untuk menghilangkannya.


Cara menghapus virus dari ponsel Android


1. Jalankan pemindaian virus telepon


Google Play penuh dengan aplikasi antivirus yang dapat Anda gunakan untuk memindai dan menghapus virus dari ponsel Anda. Berikut cara mengunduh dan menjalankan pemindaian virus menggunakan aplikasi  AntiVirus untuk Android gratis, yang memindai aplikasi dan file untuk ancaman secara real-time.

Langkah 1: Buka Google Play Store dan unduh serta instal AVG AntiVirus untuk Android.


Langkah 2: Buka aplikasi dan ketuk tombol Pindai.


Langkah 3: Tunggu sementara aplikasi memindai dan memeriksa aplikasi dan file Anda untuk perangkat lunak berbahaya.


Langkah 4: Jika ancaman ditemukan, ketuk Selesaikan.


Langkah 5: Hapus instalan aplikasi jahat
Copot pemasangan aplikasi berbahaya secara manual.


2.Masuk ke Mode Aman


Seperti Windows, masuk ke Safe Mode di Android mematikan akses ke semua aplikasi pihak ketiga untuk menghentikannya dari berjalan. Ini adalah alat yang hebat untuk membantu Anda mengidentifikasi penyebab di balik perilaku ponsel Android Anda yang tidak biasa - jika masalahnya hilang ketika ponsel Anda dalam Safe Mode, maka Anda tahu aplikasi berbahaya yang harus disalahkan. Safe Mode juga memungkinkan Anda untuk menggunakan telepon Anda secara normal, tanpa gangguan apa pun. Sementara banyak ponsel Android akan meminta Anda untuk "Reboot ke Safe Mode" setelah menekan dan menahan tombol "Power off", yang lain mungkin memerlukan langkah-langkah yang sedikit lebih rumit. Jika dilakukan dengan benar, Anda akan melihat kata-kata "Safe Mode" di bagian bawah layar ponsel Anda setelah dihidupkan.


3. Identifikasi aplikasi jahat


Buka Pengaturan Anda dan pilih tab "Kelola aplikasi" (atau variasi serupa). Buka tab "Diunduh" dan cari aplikasi yang tampaknya mencurigakan - misalnya, aplikasi yang Anda tidak ingat mengunduh atau yang seharusnya tidak berjalan di perangkat Anda. Mungkin aplikasi yang Anda unduh sekitar waktu ponsel Anda mulai bertindak funky.


4. Hapus instalan aplikasi jahat


Dalam kebanyakan kasus, Anda hanya dapat memilih aplikasi jahat dan mengetuk tombol "Copot". Tetapi jika malware atau virus merasa ingin melakukan perlawanan, Anda mungkin menemukan tombol "Uninstall" yang diklik, yang berarti telah memperoleh akses administrator ke perangkat Anda.


5. Hapus akses administrator


Kembali ke Pengaturan Anda dan cari "Keamanan". Ketuk "Administrator Perangkat" dan periksa untuk melihat apakah ada aplikasi jahat memiliki akses. Jika demikian, ketuk pada aplikasi dan kemudian "Nonaktifkan" . Anda sekarang dapat menghapus instalasi aplikasi jahat. Penghapusan virus iPhone sedikit lebih mudah, karena virus atau malware tidak dapat benar-benar masuk ke iOS. Inilah sebabnya sebagian besar peretas menggunakan perangkat pengembang perangkat lunak, yang kemudian digunakan untuk membuat aplikasi - dan alasan utama mengapa Anda tidak seharusnya melakukan jailbreak pada iPhone Anda dan mengunduh aplikasi dari luar App Store. Jika Anda menduga aplikasi tertentu dapat dikompromikan (mungkin masalah Anda mulai setelah Anda mengunduhnya, atau itu mengarahkan Anda ke halaman web atau App Store tanpa izin), Anda dapat mencoba menghapus instalannya dan melihat apakah itu dapat menyelesaikan masalah. Jika tidak, Anda memiliki beberapa opsi lain.


6. Hapus riwayat dan data


Ini akan membantu jika Anda mengalami pesan pop-up atau "Kesalahan" di browser Anda. Cukup buka Pengaturan dan gulir ke bawah ke tab pengaturan. Kemudian ketuk Hapus Riwayat dan Data Situs Web.


7. Matikan dan mulai ulang iPh Anda satu


Tidak ada yang rumit tentang ini - cukup tahan tombol daya iPhone Anda, tunggu slider "geser untuk mematikan" muncul, kemudian geser untuk mematikannya. Untuk me-restart telepon Anda, tahan tombol power sekali lagi dan tunggu hingga logo Apple muncul.


Pulihkan dari cadangan sebelumnya
Jika metode di atas tidak memperbaiki masalah, coba pulihkan ponsel Anda dari cadangan sebelumnya (tiba-tiba menghargai pengingat 'cadangan ponsel Anda' yang tak henti-hentinya saat ini, bukan?). Jika cadangan terbaru Anda bukan perangkat lunak bebas-malware, Anda dapat mencoba cadangan sebelumnya hingga Anda menemukannya.


8. Pulihkan sebagai perangkat baru


Ini adalah skenario pilihan terakhir, tetapi jika semuanya gagal, maka Anda dapat menghapus perangkat sepenuhnya dan memulai dari awal. Lakukan ini dengan membuka Pengaturan >> Umum >> Atur Ulang >> Hapus Semua Konten dan Pengaturan.


Ada harus benar-benar menghindari toko aplikasi pihak ketiga. Ya, malware atau virus  memang masuk ke Google Play dari waktu ke waktu, tetapi ini masih akan membantu pengguna Android menghindari sebagian besar ancaman. Sedangkan untuk pengguna iOS, pertimbangkan kembali jailbreaking iPhone Anda. Tidak layak menempatkan perangkat Anda dalam risiko.


Itulah beberapa cara agar menghapus virus di Android anda tutorial lengkap anda bisa kunjungin Technical
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azid12353 dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
nice info, Gan. jangan lupa mampir di thread ane juga. follback, yak
Thanks Broo
Lihat 1 balasan
HT sekarang gak jelas

Thread asal google translate, isi belepotan, dan promosi blog pula emoticon-Cape d...
Lihat 1 balasan
nice info gan.semoga hape ane aman dr virus
Lihat 1 balasan
jadi....kesimpulan yg bisa diambil adalah smartphone-nya g smart ya...berarti smartphone saya masih harus sekolah lg ini....ada yg tau sekolah buat smartphone...hehehehehe...jus kiding ya....
hmmm kadang batre boros neh
Quote:


Asiyap gan emoticon-terimakasih
Quote:


Keseringan goyang ye gan emoticon-Ngakak
Balasan post penahitam19
Sama sama gan,.
Balasan post Chloe.Grace
Saya ga pake translate, saya juga baru untuk tulis artikelnya jadinya kata2nya blepotan,.mungkin dilain waktu saya perbaiki gan kata2nya,.mksh untuk kritikannya emoticon-2 Jempol
Balasan post sucktalova
Siap gan,.untuk lebih jelas kunjungin artikel saya untuk tutorial2 tentang elektronika duniapekerjaan120597.blogspot.com
tidak usah pakai internet
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
nih virus jg brew

Jangan Khawatir Ada Virus di Smartphone Anda, Mudah Ini Tipsnya
Lihat 1 balasan
Balasan post Surobledhek746
asyiap..
mantap betul gan, selama ini suka was" sih apa aplikasi bawaan android yang virus scanner itu bener-bener bisa ngilangin virus di hape.makasih infonya gan
mantap gan, thread yang sangat menarik, bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan. ditunggu gan thread berikutnya😁😁😁
profile-picture
MuhamadKhusairi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post citrachoirunisa
siap gan.,
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di