alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Dilema Kesetaraan Gender Dalam Olahraga, Ketika Atlet Transgender Ikut Bertanding
4.83 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7357cc018e0d01724620ed/dilema-kesetaraan-gender-dalam-olahraga-ketika-atlet-transgender-ikut-bertanding

Dilema Kesetaraan Gender Dalam Olahraga, Ketika Atlet Transgender Ikut Bertanding

Dilema Kesetaraan Gender Dalam Olahraga, Ketika Atlet Transgender Ikut Bertanding
Gbr diambil dr : bloodyelbow.com

Secara pribadi saya sering merasa kasihan pada transgender yang mengalami bullying di tengah masyarakat yang sulit untuk menerima keberadaan mereka.

Di sisi lain, perjuangan mereka yang menuntut kesetaraan bagi transgender, juga bukannya tidak menimbulkan permasalahan.

Setidaknya ketika tuntutan itu muncul di bidang, di mana perbedaan gender antara pria dan wanita, mau tidak mau, harus menghadapi kenyataan, bahwa ada perbedaan antara pria dan wanita.

Sehingga kesetaraan gender, dan/atau penerimaan keberadaan transgender, justru akan menimbulkan ketidak adilan.

Dilema Kesetaraan Gender Dalam Olahraga, Ketika Atlet Transgender Ikut Bertanding
Seorang sprinter transgender, gbr diambil dr monastery.org

Olahraga adalah satu bidang yang menjunjung fair-play dan keadilan.

Peraturan kompetisi, dirancang sedemikian rupa, sehingga tiap peserta bisa menampilkan kemampuan mereka, dan memang mereka yang memiliki skill terbaik yang menang.

Tidak bisa dipungkiri juga, bahwa secara fisik pria dan wanita tidak bisa disamakan.

Seorang atlet bela diri wanita yang terlatih, mungkin bisa mengalahkan pria yang tidak atau kurang terlatih.

Tetapi ketika atlet pro bela diri ranking 10 besar MMA wanita harus melawan atlet pro bela diri ranking 10 besar MMA pria, maka kita tidak bisa menghindar dari kenyataan, bahwa secara alami, pria memiliki fisik yang lebih kuat dibandingkan wanita.

Fallon Fox adalah seorang atlet MMA "wanita". Sebelum dia menjadi wanita, dia dilahirkan dan tumbuh besar sebagai seorang pria.

Sekarang bayangkan, jika seorang atlet MMA wanita, harus bertarung dengan-nya. Seseorang yang lahir dan besar sebagai pria, sebelum memutuskan bahwa dirinya adalah seorang wanita. Apakah pertarungan itu masih bisa dikatakan sebuah kompetisi yang fair?

Dilema Kesetaraan Gender Dalam Olahraga, Ketika Atlet Transgender Ikut Bertanding
Gbr diambil dr : bjj-world.com


Fallon Fox bukan satu-satunya atlet transgender yang lahir sebagai pria, kemudian memutuskan untuk menjadi wanita.

Di bidang olahraga lain pun, sudah terjadi beberapa kasus di mana atlet transgender bertanding melawan atlet wanita "tulen".

Ketika atlet transgender diijinkan untuk bertanding sesuai dengan gender pilihannya, terutama kasus di mana atlet lahir dan besar sebagai pria, kemudian memilih untuk beralih gender menjadi wanita, maka mereka memiliki keunggulan dari segi fisik dibandingkan lawan mereka. Hal ini akan semakin terlihat pada jenis olahraga yang lebih dominan pada fisik dibandingkan dengan skill.

Menurut saya pribadi, fakta biologis tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

Sehingga kesetaraan gender, tidak bisa diartikan secara dangkal, tanpa melihat kenyataan biologis bahwa ada perbedaan antara pria dan wanita.

Gerakan-gerakan yang menuntut kesetaraan gender, dan bahkan kesetaraan bagi transgender, sekarang dihadapkan pada satu dilema.

Entah apakah para "pejuang sosial" ini, akan memiliki keberanian untuk mengakui kesalahan mereka.

Add:: Supaya lebih berimbang, di pertarungan ke empat Fallon Fox kalah TKO, lawannya cewek tulen. Ane jg baru baca, pas lagi nyari2 gif-nya fallon fox waktu ngehajar lawannya.

Sumber referensi :
1. https://bjj-world.com/transgender-mm...male-opponent/
2. https://www.theguardian.com/sport/20...-fox-joe-rogan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lonelylontong
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Balasan post omanhomsa
LL.... LL.... LL ????

Lonely Lontong? Ane normal gan emoticon-Mewek
Quote:


Ada jg cowok yg demen ama shemale emoticon-Ngakak
transgender di olahraga ga ada lawan gan menruut ane. lawan cewe tulen kekuatannya jauh beda. lawan cowo juga males ngadepinnya emoticon-Ngakak
kesetaraan gender lagi ramee ye skrg, aplagi gara gara si LL
Lihat 1 balasan
Anyinkkkk geli geli sendiri ngeliatnya emoticon-Big Grin
wah emang agak bingung nih ya masalah kesetaraan gender dengan ikutnya atlet transgender ini


Quote:


ya memang tidak adil gan secara biologis. tapi secara moral tidak bisa di beda2kan sih gan. mungkin harus ada cabor khusus transgender yakk haha
pasti ttp ada dilemanyaa yaaa.. karna stigma masyarakat ga lsg bisa ngikut...nice info nihhh gan... berfaedah banget buat agan2 dan sista2 disini kan yaaa... bisa ngasih ilmu positif yang mantul dan ngasih rekomendasi2 gitu dehhh... biar pd punya bahan bacaan yang positif dan informatif buat semuanya jugaaaa... ditunggu thread2 lainnyaaa gaaannn... terus ngethread yesss...
Balasan post lonelylontong
@amatir30 ini semua karna kesetaraan, kalau dibeda"in berarti lewat dari kesetaraan dong?

yang masalahnya di "kesetaraan"nya kalau mereka dipisah berarti udah dibeda"in itu mereka bukan lagi dianggap sebagai wanita ataupun pria melainkan transgender.

kalau manusia udah minta yang namanya kesetaraan udah ribet urusannya ahaha

misalnya keluar lagi atlet yang punya 2 kelamin atau genderless gimana itu?
Balasan post lonelylontong
begitu sih gan

negara "pahlawan" tau sendiri kan
segala macam permasalahan di sana ada, kesetaraan gender tapi pada satu sisi ada yang minta perlakuan khusus, yang 1 kelar, keluar lagi masalah lain begitu" aja, nanti ada khasus genderless di cabang olah raga emoticon-Wkwkwk

ini tentang trasngeder emoticon-Wkwkwk yasudahlah biar mereka yang ngurus beserta para penyembah"nya.
harusnya ada ktegori atlit transgender
Dilema Kesetaraan Gender Dalam Olahraga, Ketika Atlet Transgender Ikut Bertanding

Dilema Kesetaraan Gender Dalam Olahraga, Ketika Atlet Transgender Ikut Bertanding

seriusan thread agan update bangetttttt... di tunggu update thread selanjutnya gan
Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Managernya shemale brazil emoticon-Entahlah
Orang bule bego.
Nanti transgender dari pria menjadi wanita akan memenangkan semua lomba cabang wanita.
Pelecehan seksual bakal lebih gila lagi dari pria yg pura2 jadi wanita utk masuk ke toilet atau ruang ganti baju wanita.

Ini bukan cara "menerima" LGBT yg benar. Bikin kacau kadut.
Ane barusan dpt ide, biar timnas sepakbola Indonesia bisa ngerasain Piala Dunia, gmn kalau disuruh operasi jadi cewek semua aja tuh?

Drpd keok mulu lawan yg sama2 cowok.
keren juga tuh cewek tulen yang bisa ngalahin fallon fox. padahal badannya fallon fox dan energinya pasti jauh lebih wow
kasih yg gini ilang gendernya

Dilema Kesetaraan Gender Dalam Olahraga, Ketika Atlet Transgender Ikut Bertanding
Quote:


Dilema Kesetaraan Gender Dalam Olahraga, Ketika Atlet Transgender Ikut Bertanding
Dilema Kesetaraan Gender Dalam Olahraga, Ketika Atlet Transgender Ikut Bertanding
Dilema Kesetaraan Gender Dalam Olahraga, Ketika Atlet Transgender Ikut Bertanding
Dilema Kesetaraan Gender Dalam Olahraga, Ketika Atlet Transgender Ikut Bertanding
Dilema Kesetaraan Gender Dalam Olahraga, Ketika Atlet Transgender Ikut Bertanding
profile-picture
unibebi memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di