alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Teori Evolusi Tidak Pernah Mengatakan Manusia Adalah Keturunan Kera
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d71f0b782d4953bc14aa6e0/teori-evolusi-tidak-pernah-mengatakan-manusia-adalah-keturunan-kera

Teori Evolusi Tidak Pernah Mengatakan Manusia Adalah Keturunan Kera

Teori Evolusi Tidak Pernah Mengatakan Manusia Adalah Keturunan Kera
Gbr diambil dr : BBC.co.uk

Ada beberapa hal tentang teori evolusi yang bikin orang kebanyakan gagal fokus pada prinsip-prinsip dan pemahaman konseptual dari teori evolusi.

Kemudian tanpa pemahaman yang benar, ribut berdebat tentang pernyataan-pernyataan yang memang masih berhubungan dengan teori evolusu, tetapi bukan pokok utama dari teori itu sendiri, atau bahkan merupakan kesimpulan yang salah dari mereka yang gagal memahami teori evolusi.

Misalnya kemudian sanggahan teori evolusi yang dilontarkan dan memancing perdebatan adalah, "Terserah kalau kamu merasa kamu itu keturunan kera."

Jadi dalam tulisan ini saya berusaha menjelaskan pokok pikiran dan konsep dasar dari teori evolusi.

Tiga pilar/prinsip/dasar dari teori evolusi :
1. Di dalam proses reproduksi, sifat-sifat dari orangtua diturunkan ke anak.
2. Di dalam proses reproduksi, terjadi variasi pada keturunan yang dihasilkan.
3. Terjadi seleksi alam, di mana varian-varian yang tidak mampu bertahan akan punah. Sementara varian-varian yang mampu bertahan akan berkembang biak.

Tiga prinsip ini semuanya bisa diamati, dibuktikan dan sudah dibuktikan secara ilmiah.

Atas dasar tiga prinsip ini, maka teori evolusi adalah sebuah penjelasan logis dan ilmiah, tentang apa dan bagaimana terjadinya, sehingga variasi berbagai macam spesies yang berbeda, bisa berasal dari satu spesies yang sama.

Ketiga prinsip itu, juga "menuntut" terjadinya evolusi.

Karena jika pada setiap proses reproduksi, ada proses menurunkan varian orang tua ke anak, dan di saat yang sama dari keturunan yang ada memiliki varian-varian yang berbeda.

Kemudian diikuti proses seleksi alam, yang menghilangkan varian tertentu dan di saat yang sama membuat varian tertentu memiliki kemampuan 'lebih" untuk bertahan hidup dan berkembang biak.

Jika proses tersebut terjadi demikian secara terus-menerus, berulang-ulang selama jutaan kali.

Maka tidak bisa dihindari, pada satu titik akan terjadi timbul spesies yang berbeda dari spesies asalnya.

Menurut pendapat saya pribadi, sampai pada titik ini, sebenarnya tidak ada konflik antara ilmu pengetahuan dan agama.

Perdebatan muncul, ketika metode ilmiah, yang tidak bisa menerima keberadaan "Tuhan" sebagai bagian dari jawaban/penjelasan, mengikuti jalan logika itu terus sampai ke awal mulanya.

Di mana tidak ada kehidupan, dan lewat satu proses kimia, cikal bakal kehidupan "dilahirkan".

Jadi teori evolusi tidak menyatakan bahwa manusia berasal dari kera. Teori evolusi bahkan tidak menyatakan, dari spesies apakah manusia berasal.

Teori evolusi hanya menyimpulkan bahwa spesies-spesies yang ada saat ini, berasal dari hasil evolusi, satu atau beberapa, spesies awal.

Sumber referensi : yg teringat dr pelajaran Biologi waktu SMA.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nuyins dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lonelylontong
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 24
Quote:

Akan selalu timbul konflik.

Sains dari POV agama:
Kalo sains sesuai pandangan agama, diklaim kalo agama sudah menemukan nya jauh sebelum sains.
Sementara kalo bertentangan, sains akan dianggap ajaran sesat.

Kebenaran menurut sains adalah sesuatu yang siapa saja bisa mempertanyakan, menguji, dan membuktikan nya.
Apabila ditemukan bukti baru yang dapat diuji kebenarannya, maka akan ditetapkan sebagai standar kebenaran yang baru.

Sedangkan menurut agama, kebenaran adalah sesuatu yang mutlak.
Harus dipercayai tanpa boleh mempertanyakan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lyndonbaines dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh junaedi1982new
Lihat 3 balasan
Quote:


thread bagus
coba dilanjutkan dilengkapi karena isi thread belum menjelaskan tentang judul thread emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adi.prima dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Baik mbah.. akan saya lengkapiemoticon-Big Grin
emoticon-Traveller
Quote:


Hehehe, iya sih.

Tinggal kesimpulan saja kali ya?

Inti-nya teori evolusi spt itu, jadi teori evolusi sendiri tdk mengatakan, bahwa manusia itu berasal dr kera.
Lihat 2 balasan
Balasan post lonelylontong
Quote:


dari judul thread akan timbul oertanyaan terus teori evolusi mengatakan manusia berasal dari apa emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Reival dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Teori evolusi mengatakan bahwa spesies2 yang ada sekarang ini, berasal dari proses evolusi satu atau bbrp spesies awal.

Teori evolusi tdk mengatakan spesies A berasal dr B, dst.

Apalagi mengatakan bahwa manusia berasal dari kera.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lonelylontong
Lihat 2 balasan
Balasan post lonelylontong
Quote:


loh " Pohon filogenetika atau pohon evolusi" kan menunjukkan ada mahluk hidup baru terbentuk akibat evolusi

Teori Evolusi Tidak Pernah Mengatakan Manusia Adalah Keturunan Kera



profile-picture
profile-picture
adi.prima dan mbakendut memberi reputasi
Quote:


Nah Bener Nih Pasti Akan Timbul Konflik Mau Bagaimana Pun Juga

Summon Orang Yang Ahli Soal Hal Ini emoticon-Betty
@shinhikarugenji
profile-picture
profile-picture
anakjahanam721 dan kmalhakim memberi reputasi
Quote:


Jiah
Kemana saja lama gak ketemu emoticon-Big Grin
Quote:

hibernasi mbah.. mencari pentjerahan dan wangsit emoticon-Big Grin
Sekarang udah kembali ke dunia persilatanemoticon-Big Grin
Apa kabar e mbah?
Emang enggak
Yang ngomong Manusia keturunan kera blm baca the origin of the species emoticon-Wakaka
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
ngga masuk akal awal nya kera,kera sekarang kapan jadi manusia.



manusia keturunan kimpoi sedarah anak2 nabi adam dan siti hawa mau Cari besan belum lahir
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
Diubah oleh cahmlg123456
Lihat 1 balasan
trus manusia purba itu ??
emoticon-Bingung



tapi ane juga setuju, kalo manusia bukan berasal dari kera.

manusia > manusia sdh kek gini.



edit - lupa emotemoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh yunda.me
secara logika sih
kalo manusia berasal dari kera, berarti kera sudah punah karena seleksi alam.
kesimpulannya
Ada manusia, gk ada kera
ada kera gk, ada manusia.
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
kalau keturunan kera kenapa kera masih hidup yg bisa komen di bawah ane
Lihat 1 balasan
nah itu tontonan dari BBC walking with cave man kalo gak salah malah secara gamblang nyeritain evolusi manusia dari kera jadi manusia gua.
Lihat 1 balasan
yg bilang manusia turunan kera pasti blm nonton Tarzan X
Quote:


Tergantung sudut pandang agama yang mana., karena di dunia ini banyak agama yang juga mempunyai sifat yang berbeda.
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan kaiharis memberi reputasi
Seinget ane. Guru SMA ane bilang: "Darwin tidak pernah mengatakan bahwa manusia keturunan kera. Darwin hanya mengatakan bahwa, secara fisik & genetik manusia dan kera memiliki kedekatan sehingga diduga berasal dari 1 objek yang sama atau memiliki kekerabatan yang sangat dekat"

Seinget ane gitu. Pokoknya, kata guru ane, sebetulnya ada yang nggak suka sama Darwin, makanya ada beberapa orang yang "melintir" kata-katanya dan menggunakan dalil agama untuk menjatuhkannya.

CMIIW. Hanya Tuhan yang tahu kejadian yang sesungguhnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh steguh39
Lihat 1 balasan
Quote:




1 famili berbeda spesies kali ya gan sapiens sama kera...sama2 hominid.. Kalo 1 famili 1 keturunan dong gan...

emoticon-Bingungbingungemoticon-Bingung
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Diubah oleh irvan84
Halaman 1 dari 24


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di