

TS
spenas
Info,,, Ada 7 Lathifah Simpul Bathin Pada Diri Manusia
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, bro dan sis
Bismillahirrahmanirrahim
.
7 LATHIFAH SIMPUL BATIN
"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
7 titik batin yang kita sebut dengan lathifah, yaitu:
1. LATIFATUL QOLBY
Di sini letaknya sifat-sifat syetan, iblis, kekufuran, kemusyrikan, ketahayulan dan lain-lain, letaknya dua jari dibawah susu sebelah kiri, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya, Insya Allah pada tingkat ini diganti dengan Iman, Islam, Ihsan, Tauhid dan Ma’rifat.
-----------------------------------------------------------------------------------------
2. LATIFATUL ROH
Di sini letaknya sifat bahimiyah (binatang jinak) menuruti hawa nafsu, , letaknya dua jari dibawah susu sebelah kanan, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah di isi dengan khusyu’ dan tawadhu’.
-----------------------------------------------------------------------------------------
3. LATIFATUS SIRRI
Di sini letaknya sifat-sifat syabiyah (binatang buas) yaitu sifat zalim atau aniaya, pemarah dan pendendam, , letaknya dua jari diatas susu sebelah kiri, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat kasih sayang dan ramah tamah.
-----------------------------------------------------------------------------------------
4. LATIFATUL KHAFI
Di sini letaknya sifat-sifat pendengki, khianat dan sifat-sifat syaitoniyah, , letaknya dua jari diatas susu sebelah kanan, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat syukur dansabar.
-----------------------------------------------------------------------------------------
5. LATIFATUL AKHFA
Di sini letaknya sifat-sifat robbaniyah yaitu riya’, takabbur, ujub, suma’ dan lain-lain, , letaknya ditengah-tengah dada, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah di ganti dengan sifat-sifat ikhlas, khusyu’,tadarru dan tafakur.
-----------------------------------------------------------------------------------------
6. LATIFATUN NAFSUN NATIQO
Di sini letaknya sifat-sifat nafsu amarrah banyak khayalan dan panjang angan-angan, , letaknya tepat diantara dua kening, Kita buat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat tenteramdan pikiran tenang.
-----------------------------------------------------------------------------------------
7. LATIFAH KULLU JASAD
Di sini letaknya sifat-sifat jahil “ghaflah” kebendaan dan kelalaian, , letaknya diseluruh tubuh mengendarai semua aliran darah kita yang letak titik pusatnya di tepat ditengah-tengah ubun-ubun kepala kita, Kitabuat dzikir sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat ilmu dan amal
-----------------------------------------------------------------------------------------
MENGENAL LATHIFAH - LATHIFAH BATIN dalam THARIQAT SUFI
Acuan dalam pengamalan tarekat bertumpu kepada tradisi dan akhlak nubuwah (kenabian), dan mencakup secara esensial tentang jalan sufi dalam melewati maqomat dan ahwal tertentu. Setelah ia tersucikan jasmaniahnya, kemudian melangkah kepada aktivitas aktivitas, yang meliputi:
PERTAMA, tazkiyah an nafs atau pensucian jiwa, artinya mensucikan diri dari berbagai kecenderungan buruk, tercela, dan hewani serta menghiasinya dengan sifat sifat terpuji dan malakuti.
-----------------------------------------------------------------------------------------
KEDUA, tashfiyah al qalb, pensucian kalbu. Ini berarti menghapus dari hati kecintaan akan kenikmatan duniawi yang sifatnya sementara dan kekhawatirannya atas kesedihan, serta memantapkan dalam tempatnya kecintaan kepada Allah semata.
-----------------------------------------------------------------------------------------
KETIGA, takhalliyah as Sirr atau pengosongan jiwa dari segenap pikiran yang bakal mengalihkan perhatian dari dzikir atau ingat kepada Allah.
-----------------------------------------------------------------------------------------
KEEMPAT, tajalliyah ar Ruh atau pencerahan ruh, berarti mengisi ruh dengan cahaya Allah dan gelora cintanya.
-----------------------------------------------------------------------------------------
QASRUN = Merupakan unsur jasmaniah, berarti istana yang menunjukan betapa keunikan struktur tubuh manusia.
SADRUN = (Latifah al-nafs) sebagai unsur jiwa
QALBUN = (Latifah al-qalb) sebagai unsur rohaniah
FUADUN = (Latifah al-ruh) Unsur rohaniah
SYAGAFUN = (Latifah al-sirr) unsur rohaniah
LUBBUN = (Latifah al-khafi) unsur rohaniah
SIRRUN = (Latifah al-akhfa) unsur rohaniah
__
Hal ini relevan dengan firman Allah SWT dalam hadist qudsi:
"AKU jadikan pada tubuh anak ADAM (manusia) itu QASRUN (istana), di situ ada SADRUN (dada), di dalam dada itu ada QALBU (tempat bolak balik ingatan), di dalamnya ada lagi FU'AD (jujur ingatannya), di dalamnya pula ada SYAGAF (kerinduan), didalamnya lagi ada LUBBUN (merasa terialu rindu), dan di dalam LUBBUN ada SIRRUN (mesra), sedangkan di dalam SIRRUN ada "AKU".
-----------------------------------------------------------------------------------------
AHMAD AL-SHIRHINDI dalam KHARISUDIN memaknai hadist qudsi di atas melalui sistem interiorisasi dalam diri manusia yang strukturnya yang dapat diperhatikan dalam gambar di atas.
__
Pada dasarnya lathifah-lathifah tersebut berasal dari ALAM AMRI i (perintah) ALLAH : "KUN FAYAKUN", yang artinya, "jadimaka jadilah" (QS : 36: 82) merupakan AL-RUH yang bersifat immaterial. Semua yang berasal dari ALAM AL-KHALQI (alam ciptaan) bersifat material. Karena qudrat dan iradat ALLAH ketika ALLAH telah menjadikan badan jasmaniah manusia, selanjutnya ALLAH menitipkan kelima lathifah tersebut ke dalam badan jasmani manusia dengan keterikatan yang sangat kuat,
-----------------------------------------------------------------------------------------
Lathifah-lathifah itulah yang mengendalikan kehidupan batiniah seseorang, maka tempatnya ada di dalam badan manusia. Lathifah ini pada tahapan selanjutnya merupakan istilah praktis yang berkonotasi tempat.
___
Umpamanya lathifah AL-NAFSI sebagai tempatnya AL-NAFSI AL-AMARAH. LATHIFAH AL-QALBI sebagai tempatnya NAFSU AL-LAWAMAH . LATHIFAH AL-RUHI sebagai tempatnya AL-NAFSI AL-MULHIMMAH , dan seterusnya. Dengan kata lain bertempatnya lathifah yang bersifat immaterial ke dalam badan jasmani manusia adalah sepenuhnya karena kuasa ALLAH .
-----------------------------------------------------------------------------------------
Lathifah sebagai kendaraan media bagi ruh bereksistensi dalam diri manusia yang bersifat BARZAKHIYAH (keadaan antara kehidupan jasmaniah dan rohaniah).
__
Pada hakekatnya penciptaan ruh manusia (lima lathifah), tidak melalui sistem evolusi. Ruh ditiupkan oleh Allah kedalam jasad manusia melalui proses. Ketika jasad NABI ADAM A.S telah tercipta dengan sempurna, maka ALLAH memerintahkan ruh NYA untuk memasuki jasad NABI ADAM a.s. Maka dengan enggan ia menerima perintah tersebut. Ruh memasuki jasad dengan berat hati karena harus masuk ke tempat yang gelap. Akhirnya ruh mendapat sabda ALLAH : "Jika seandainya kamu maumasuk dengan senang, maka kamu nanti juga akan keluar dengan mudah dan senang, tetapi bila kamu masuk dengan paksa, maka kamupun akan keluar dengan terpaksa". Ruh memasuki melalui ubun-ubun, kemudian turun sampai ke batas mata, selanjutnya sampai ke hidung, mulut, dan seterusnya sampai ke ujung jari kaki. Setiap anggota tubuh Adam yang dilalui ruhmenjadi hidup, bergerak, berucap, bersin dan memuji ALLAH . Dari proses inilah muncul sejarah mistis tentang karakter manusia,sejarah salat (takbir, ruku dan sujud), dan tentang struktur ruhaniah manusia (ruh, jiwa dan raga).
Bahkan dalam al Qur'an tergambarkan ketika ruh sampai ke lutut, maka Adam sudah tergesa gesa ingin berdiri. Sebagaimana firman Allah : "Manusia tercipta dalam ketergesa-gesaan" (Q.S.21:37).
----------------------------------------------------------
Semoga ada yg sampai pelajaran nya..






nona212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
6.1K
9


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan