CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Sibuk Bekerja? Jadikan Momen Sebelum Anakmu Tidur Sebagai Quality Time Bersama Anak!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6e515548c38d2f9378ef80/sibuk-bekerja-jadikan-momen-sebelum-anakmu-tidur-sebagai-quality-time-bersama-anak

Sibuk Bekerja? Jadikan Momen Sebelum Anakmu Tidur Sebagai Quality Time Bersama Anak!

Sibuk Bekerja? Jadikan Momen Sebelum Anakmu Tidur Sebagai Quality Time Bersama Anak!

Menjadi orangtua yang juga sibuk bekerja bukanlah hal yang mudah. Agan dan Sista sebagai orangtua harus bisa memastikan bahwa anak-anakmu tetap dalam pengawasanmu dengan segala kebutuhannya terpenuhi, mulai dari kebutuhan fisik hingga kebutuhan psikis termasuk juga kebutuhan kasih sayang dari GanSis sebagai orangtuanya harus terpenuhi. Selain itu, tugasmu di kantor juga harus bisa terselesaikan dengan baik dan juga benar.

Tapi sayangnya, tak jarang kesibukan orangtua dalam pekerjaannya malah membuat ia lupa dengan anak-anaknya. Kesibukan orangtua di kantor membuat GanSis pulang larut malam, sehingga ketika sampai rumah anak-anakmu sudah pada terlelap tidur. GanSis yang kelelahan bekerja hingga larut malam membuatmu tidur terlalu nyenyak dan bangun siang sehingga anak-anakmu sudah terlanjur berangkat ke sekolah. Kehidupan yang terus seperti ini membuat GanSis tak memiliki quality time dengan sang anak.

Berbincang-bincang dengan sang anak mungkin terdengar sebagai suatu hal yang sederhana, tapi kalau GanSis tau waktu yang kalian sisihkan untuk berbincang-bincang tersebut akan sangat berarti untuk sang anak, sebagai quality time. Saat ini banyak orangtua yang melupakan pentingnya quality time, terlebih jika GanSis termasuk orangtua yang bekerja, maka GanSis akan menganggap bahwa ada hal lain yang lebih penting (pekerjaan) yang bisa dilakukan.

Tapi sebenarnya tak seperti itu kok! Agan dan Sista harus ingat bahwa quality time sebenarnya tak hanya sekadar rutinitas semata yang membuang-buang waktu. Quality time juga memiliki banyak manfaat lainnya, terutama dalam memperkuat hubungan GanSis sebagai orangtua dengan anak-anakmu.

Jadi usahakan pulang kerja secepat mungking dan lakukan quality time bersama anakmu sebelum ia tidur. Ada banyak kegiatan yang bisa GanSis lakukan untuk memperkuat hubungan orangtua dan anak sebelum anakmu tidur kok, di antaranya :



1. Menceritakan Kisah Hari Itu

Sibuk Bekerja? Jadikan Momen Sebelum Anakmu Tidur Sebagai Quality Time Bersama Anak!

Hal paling sederhana yang bisa GanSis lakukan dengan anakmu adalah lakukan dialog-dialog rinagan dengannya. Agan dan Sista bisa bertanya seputar sekolahnya, dan hal-hal apa saja yang sudah dilakukan anakmu selama seharian ini. Hal ini akan membuat anakmu terbiasa untuk bercerita tentang apa yang ia alami hari itu, sehingga membiasakan anak untuk selalu jujur dan terus terang akan perasaannya tanpa ada yang ditutup-tutupinya. Jika ada ceritanya yang mengandung pengalaman yang kurang baik, Agan dan Sista harus memberinya nasihat dan motivasi tapi ingat jangan sampai kamu memarahinya dengan cara yang berlebihan ya. Memarahinya hanya akan membuatnya tak ingin bercerita lagi kepada GanSis.


2. Membacakannya Cerita

Sibuk Bekerja? Jadikan Momen Sebelum Anakmu Tidur Sebagai Quality Time Bersama Anak!

Hal lain yang bisa GanSis lakukan dengan anakmu sebelum dia tidur adalah membacakannya cerita. Selain sebagai kegiatan yang bisa mendekatkan hubungan kalian, membacakannya cerita sebelum tidur juga sebagai salah satu cara untuk membuat anakmu terlelap. Manfaat lain yang bisa anakmu peroleh ketika dibacakan cerita adalah bisa meningkatkan kemampuan berbicara, meningkatkan kemampuan mendengar, menumbuhkan minat baca, merangsang kreativitas dan imajinasi, menumbuhkan rasa aman dan perhatian , serta mengenalkan nilai-nilai sosial atau moral melalui cerita.


3. Menyanyikannya Lagu

Sibuk Bekerja? Jadikan Momen Sebelum Anakmu Tidur Sebagai Quality Time Bersama Anak!

Selain membacakan cerita, Agan dan Sista juga bisa menyanyikannya lagu-lagu yang menenangkan. Dengan melakukan hal ini, sang anak diharapkan dapat mengenali suara GanSis sebagai orangtuanya, selain itu menyanyikannya lagu juga bisa membuatnya mudah terlelap, meningkatkan hubungan anak dan orang tua, membantu mengurangi kecemasan dan kesedihan anak, dan membantu anak belajar berbicara dan bernyanyi.


4. Berikan Sentuhan

Sibuk Bekerja? Jadikan Momen Sebelum Anakmu Tidur Sebagai Quality Time Bersama Anak!

Memberikan sentuhan lembut kepada sang anak seperti membelai, menimang, memeluk, serta mengusap kepala atau punggung akan membuat anakmu lebih rileks dan juga bisa meningkatkan kualitas tidur sang anak. Selain itu, sentuhan orangtua kepada sang anak juga dapat meminimalisir rasa takut anak karena ddengan begini anak akan merasa bahwa ada GanSis sebagai orangtua yang akan selalu melindunginya.



Itu dia beberapa hal yang bisa Agan dan Sista lakukan bersama anakmu sebelum dia tidur. Kalau kalian lebih suka melakukan yang mana?



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
emoticon-Peluk
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
lah saiya pulang gawe jam sembilan nan malah si kecil baru bangun je
jadi malah kadang nemenin maen ampe subuh
capek bray
kakak ane juga sama anaknya kayak gini nih, begitu sampe rumah langsung nemplok sama anaknya, anaknya juga langsung nemplok sama kakak ane dan biasanya dari maghrib tuh udah demo si anak kangen ibuya, salut sih sama ibu2 yang masih bisa bagi waktu buat anak
tapi malah biasanya sibuk sama pegang hengpong
profile-picture
profile-picture
bewe104 dan initialsaja memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Kalau yang sering ane lakukan adalah poin pertama gan.. alhamdulillah sih ane cuma kerja sampai siang aja jadi masih cukup banyak waktu untuk anak-anak ane. Tiap habis jemput sekolah anak ane, selalu ane tanyain tadi di sekolah ngapain aja dsb, dan diapun bercerita, tiap malam juga ane temanin anak ane belajar, biasanya makanpun juga sama ane.
Ini salah satu cita cita ane kalo udah punya anak nanti gan, ane pengen nyeritain kisah kisah legenda dr Indonesia gan, cerita cerita pewayangan jawa gitu.

Ane pengen bgt ngelatih daya kreativitas anak ane nanti pake cerita cerita sebelum tidur gt gan, selain itu bisa mempererat hubungan anak dan bapak
pengen deh kek gitu sama anak ane nanti, bapaknya cerita sebelum tidur anaknya dengerin bapaknya sambil merem melek. so sweet bgt, soalnya momen begini ngena bgt buat anaknya jd pengingat kalo bapaknya sayang sama anaknya. emoticon-Kissemoticon-Kiss
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
beruntungnya diriku dulu, punya Ibu yang selalu di rumah emoticon-Matabelo
setuju, perhatian orang tua untuk anak bukan cuma sekedar materi aja, tapi anak anak juga butuh perhatian yang cukup biar mereka ga ngerasa sendirian dan ada yang peduli
bagus nih threadnyaa, kadang kan orang tua kekurangan waktu main sama anaknya yaa
Semuanya suka sih, selama bisa punya waktu berkualitas sama anak. Sambil terus mengamati perkembangannya, lalu dikonsulkan ke Halodoc. Capek memang, tapi waktu bersama anak itu penting
Pokoknya nanti kalo aku jadi orang tua harus kaya gini,biarr anakku tidak kekurangan kasih sayang
betuul bangeeet. Sesibuk-sibuknya sebagai orang tua harus nyisihin waktunya buat ane, secape apapun itu. Karna waktu kebersamaan dengan orang tua sangat dinanti anak
jadi inget dlu ane paling seneng sblm tdur ngobrol2 sm orang tua atau nyanyi2 smpe akhirnya ketidurannn qtime banget!
kudu bet diperhatiin jg si nihhh jan sampe kurang qtime ama anakkkk
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Membacakan cerita dan menyanyikan lagu dulu kegiatan rutin tiap hari......menjelang anak anak tidur.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Iyappp. Jadi ortu harus pandai bagi waktu dengan anak, terutama pas mau tidur
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bakal manis kalo bisa liat anak tidur yaaaa
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di