CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Bakal Sahkan Iuran BPJS Naik Dua Kali Lipat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6d15aaa7276805da7d7eeb/jokowi-bakal-sahkan-iuran-bpjs-naik-dua-kali-lipat

Jokowi Bakal Sahkan Iuran BPJS Naik Dua Kali Lipat

Jokowi Bakal Sahkan Iuran BPJS Naik Dua Kali Lipat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merilis peraturan presiden (perpres) kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Rencananya, kenaikan iuranyang diatur dalam perpres tersebut akan mengacu pada usulan kenaikan yang sebelumnya disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Komisi XI DPR.

Saat itu, Sri Mulyani mengusulkan iuran BJKN kelas Mandiri I naik 100 persen dari Rp80 ribu menjadi Rp160 ribu per peserta per bulan mulai 1 Januari 2020 mendatang. Lalu, iuran kelas Mandiri II naik dari Rp59 ribu menjadi Rp110 ribu per peserta per bulan. 

Kemudian, iuran kelas Mandiri III naik Rp16.500 dari Rp25.500 menjadi Rp42 ribu per peserta per bulan. 

Jokowi Bakal Sahkan Iuran BPJS Naik Dua Kali Lipat

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, usai rapat bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR/MPR pada Rabu (28/8), menerangkan langkah kenaikan iuran BPJS Kesehatan benar-benar harus dilakukan. 

"Itu sudah kami naikkan, segera akan keluar perpres-nya. Hitungan seperti yang disampaikan Ibu Menteri pada saat di DPR kemarin," ujarnya di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (28/8). 

Menurut Mardiasmo, bila iuran BPJS Kesehatan naik, maka persoalan defisit anggaran perusahaan akan terselesaikan. Untuk itu, penerbitan perpres perlu segera dilakukan agar pemberlakuan kenaikan iuran bisa dilaksanakan mulai tahun depan. 

"Insyaallah tidak ada lagi (defisit) dengan optimalisasi semuanya. Jadi, sudah dihitung, kalau sudah semuanya, tidak akan defisit lagi," terang dia. 

Lebih lanjut ia mengatakan peluang defisit tertutup sejatinya juga berasal dari perbaikan tata kelola administrasi dan manajemen BPJS Kesehatan. Lalu, ada pula peran dari optimalisasi kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan Kementerian Kesehatan dalam penyelenggaraan program JKN. 

"Jadi semuanya 'keroyokan', termasuk peran pemerintah daerah. Nah, saldo defisitnya baru ditutup dengan kenaikan iuran," tuturnya. 

Sebelumnya, menurut perhitungan Sri Mulyani, bila kenaikan iuran bisa sesuai usulan, maka defisit keuangan BPJS Kesehatan bisa berbalik menjadi surplus Rp17,2 triliun.


https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...ua-kali-lipat

Berikut daftar iuran BPJS Kesehatan yang berlaku pada 1 Januari 2020:

1. PBI pusat dan daerah Rp 42.000 dari Rp 23.000 per bulan per jiwa
2. Kelas I menjadi Rp 160.000 dari Rp 80.000 per bulan per jiwa
3. Kelas II menjadi Rp 110.000 dari Rp 51.000 per bulan per jiwa
4. Kelas III menjadi Rp 42.000 dari Rp 25.500 per bulan per jiwa

JOKOWI MEMANG PRESIDEN PEMBERANI
TIDAK SULIT MEMUTUSKAN NAIK 2X LIPAT emoticon-Leh Uga
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 2
emoticon-2 Jempol
Solusi gampangan..mantep kokowi..
Saya naik enggak masalah, ttp saya bayar sekalipun saya enggak pake. Karena prinsip awalnya Bpjs itu gotong royong jadi itung2 membantu saudara saya yg lain

Tapi itu tolong pak yg ngakunya orang indonesia tp bayarnya BPJS cuman pas lg sakit aja minimal di tonyo biar jangan tau enaknya aja emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gentayaumal dan 2 lainnya memberi reputasi
tolong pelayannya diperbaiki kalau jadi naik


almarhum temen ane jadi korban karena lama dan bertele2 nya berobat pake bpjs emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh clyope
Quote:
Klo ud 2 periode mah, tabrak aja kan bsk ud g kepilih lagi

Tgl tggu aja kbr burung bnr gak nya klo tu bt bayar utang infra
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
Quote:


Pdip kayanya 2024 pengen ngusung calon lagi tapi liat suasana juga
Kog cuma naik 2 kali? Itu perokok brengsek sebulan bakar duit jutaan...atau sekalian sakit krn doyan ngeroko ga dijamin bpjs..
Lihat 1 balasan
klo ga kuat bayar ikut bpjs pbi aj. gratis
Lihat 1 balasan
Balasan post okeoce
Quote:


ga dijamin bpjs tapi pajaknya jgn di ambil yak
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
tampan dan pemberani emoticon-Big Grin
harusnya perokok ngak berhak ikut BPJS . gue ngak keberatan ngak pernah make BPJS tapi tolong perokok sebagai biangkerok terhadap berbagai masalah kesehatan didiskualifikasi dari bpjs .
Balasan post frimen
Quote:


Ini emang niat gw, gak gw bayar 3 bulan berturut2, otomatis turun kelas 3, gratis emoticon-Big Grin


Quote:


Mereka ini yg bikin defisit

Sakit bikin bpjs, sehat ga bayar iuran
Pas sakit lg, ga dilayanin karna nunggak, koar2 pemerintah zalim
profile-picture
profile-picture
jhonybotak dan soljin7 memberi reputasi


Quote:


Tetap ditanggung tp cukai rokok nail 500% deal?
Quote:


nah itu. mandiri klo tinggal jauh dr domisili ktp
Quote:


Ironisnya ini bangsa yg membanggakan ke gotong royongannya. Begitu dihadapkan dengan sistem gotong royong beneran langsung berubah jadi kapitalis semua emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan jhonybotak memberi reputasi
Beginilah kalau Petruk jadi Ratu.
Memimpin bangsa besar kok disamakan dengan jualan martabak.
Defisit kan akhirnya.

Masyarakat bisa menilai bongg cebong.


Quote:


Khilaf sundel solusinya
waduh memang lumayan memberatkan sih kalau naiknya sampai 100%

Tapi kalau memang benar naik semoga diiringi dengan pelayanannya yg juga ditingkatkan ya hehe
profile-picture
jhonybotak memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di