CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Fashionista /
Kebaya itu bukan sekedar kain
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6a889909b5ca3dfc2c8be0/kebaya-itu-bukan-sekedar-kain

Kebaya itu bukan sekedar kain



Kebaya itu bukan sekedar kain
Manusia membutuhkan pakaian. Fungsi utama dari pakaian adalah untuk menutupi tubuh tapi pakaian juga bisa menjadi sarana untuk mengekspresikan diri kita tanpa menggunakan kata.

Salah satu pakaian yang sangat melekat pada sejarah dan budaya indonesia adalah kebaya. Kebaya berasal dari bahasa arab ‘abaya’ yang berarti pakaian namun ada juga yang menyebut kebaya berasal dari ‘kebyak’ atau ‘mbayak’dari masyarakat jawa.

Memang di jaman modern ini kebaya mulai tergeserkan oleh tren fashion negara barat maupun busana muslim namun kebaya tetap di kenal kental dengan budaya jawa. Kebaya biasa dipakai dalam adat pernikahan maupun acara adat lainnya. Sekarang ini kebaya bahkan mulai digunakan di perkantoran dalam upaya melestarikannya.

Sebuah kain yang tipis itu mengandung arti yang sangat besar bagi indonesia. Kebaya memiliki sejarahnya sendiri. Kebaya sudah diperkenalkan saat masih jaman penjajahan dimana saat itu hanya dikenakan oleh golongan kerajaan saja.

Sudah sering kita lihat dalam foto foto sejarah dimana perempuan indonesia nampak menggunakan kebaya. Kebaya sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat indonesia. Biasanya kebaya dipadukan dengan batik namun juga terkadang dipadukan dengan ulos.

Wanita wanita indonesia akan sangat cantik saat memakainya karna kebaya dibuat mengikuti lekuk tubuh pemakainya dan sudah disempurnakan selama berabad abad. Terkadang ibu ibu akan merasa tidak lengkap jika tidak menggunakan kebaya saat menghadiri acara resmi.

Kebaya itu bukan sekedar kain

Meski hanya kain namun itu bukan sebatas kain. Diatas kain kain itu terukir semangat bangsa yang sudah mengarungi berbagai masa sejak perjuangan kemerdekaan melawan bangsa asing hingga perjuangan melawan bangsa sendiri.

Motif motif yang terdapat pada kebaya tidak hanya asal dibuat untuk sekedar tampil cantik namun juga menunjukkan ciri dari Indonesia yang berbudaya, elegan dan indah.

Bila kebaya dipadukan dengan batik maka akan semakin terlihat ciri budayanya. Kedua kain ini memang sangat melengkapi satu sama lain karna memiliki asal sejarah yang sama yakni tanah jawa. Bila disandingkan dengan ulos maka akan mencerminkan perbedaan budaya yang mampu saling berdampingan.

Kebaya itu bukan sekedar kain

Kebaya memang hanya sebuah pakaian namun maknanya jauh lebih dalam daripada pakaian yang hanya sebatas gaya. Kebaya adalah budaya dan mari lestarikan budaya kita demi indonesia tercinta.

Spoiler for sumber gambar:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Halaman 1 dari 2
Betul, lestarikan budaya Indonesia. jangan biarkan terganti oleh budaya budaya negara lain.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


emoticon-Cendol Gan
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Keren deh


Quote:


Asiyap gan emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
tiap hari lihat emak emak pake kebaya
anak muda zaman now jarang yang tertarik sepertinya
profile-picture
chakim memberi reputasi
Quote:


Tunggu jadi ibu ibu baru tertarik
beneer bgt, kebaya bukan sebatas kain biasa. tapi kain yg penuh makna dan estetika dimana didalamnya terkandung unsur kekhasan setiap daerahnya hehe
kebaya sudah menjadi pakaian tradisional ciri khas indonesia emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
chakim memberi reputasi
Quote:


Masih lah, tapi cuma pas acara khusus saja misal perayaan hari kartini di sekolah, wisuda dan paa kondangan.


Quote:


Kebaya2 sekarang udh kebanyakan dimodifikasi sama anak muda zaman now sih sis kayanya jadi mulai banyak lagi minat anak muda untuk kebayaan semoga kedepannya makin banyak anak muda yg tertarik sama kebaya 🙏🏻
Quote:


Aamiin
kebaya bukan cuman jadi sekedar pakaian, pun udah jadi bagian dari budaya dan identitas bangsa.yuk lestarikan budaya
Quote:


Kalau kata pepatah sih You Are What You Wear. Pakaian emang cermin identitas gan
Quote:


waah mantul sekali agan ni, setuju setuju
ebaya memang sudah menjadi tradisi budaya bangsa Indonesia
Post ini telah dihapus
kebaya itu cerminan budaya
kebaya Indonesia kalo ga salah dari era majapahit gan, bahkan kalau sampai sekarang sudah beragam bentuk dan jenisnya,
kalo pas jaman kolonial lebih populer kebaya "nyonya" itu kebaya encim yang lahir dari peranakan tionghoa yang warnanya putih biasanya, biar ke eropaan gitu (di china warna putih perlambang duka)
CMIIW emoticon-2 Jempol
emoticon-Sundul Up
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di